Apa Itu Social Media Management Bisnis Digital?

- Advertisement -

Social Media Management – Pengelolaan media sosial sangat erat kaitannya dengan digital marketing yang saat ini banyak diperbincangkan. Penggunaan akun media sosial yang selalu update dan tertata rapi mampu memberikan keuntungan tersendiri.

Namun sayangnya banyak pengusaha yang belum menyadari pentingnya mengelola akun media sosial. Mengelola akun media sosial berbeda dengan pemasaran pada umumnya sehingga harus benar-benar dipahami.

- Advertisement -

Dari mengelola akun media sosial yang benar dan tepat akan memberikan penghasilan. Karenanya, tidak ada salahnya mengetahui cara mengelola akun media sosial.

Apa Itu Social Media Management ?

Apa Itu Social Media Management Bisnis Digital?
Apa Itu Social Media Management Bisnis Digital, foto via smm mata digital

Manajemen Media Sosial

Pernah dengar manajemen di akun media sosial, terutama akun korporat? Jika Anda belum pernah mendengar, tidak ada salahnya mempelajari pengelolaan media sosial lebih jauh. Apalagi dimulai dari dasar-dasar dulu tentang pengelolaan akun media sosial.

Intinya membuat akun media sosial dengan membuat konten dan mampu menghadirkan toko atau perusahaan. Konten yang ada dibuat semenarik mungkin dan disesuaikan dengan toko atau perusahaan pemilik akun. Sehingga berbagai informasi bisa didapatkan dengan mudah dan cepat hanya dari akun media sosial.

Pentingnya Manajemen Media Sosial

Banyak yang tidak tahu bahwa mengelola akun media sosial memiliki pengaruh yang sangat penting. Adanya manajemen media sosial bertujuan untuk menghadirkan bisnis digital melalui akun media sosial. Ternyata banyak sekali manfaat yang menguntungkan bagi perkembangan bisnis, di antaranya akan diuraikan di bawah ini.

Mampu meningkatkan brand awareness

- Advertisement -

Gunakan pengelolaan media sosial yang baik dan benar dengan mengupload konten berkualitas dan frekuensi secara teratur. Ternyata secara perlahan bisa meningkatkan kesadaran akan merek Anda di media sosial. Sehingga mampu membuat brand awareness menjadi tinggi dan hal ini akan membuat bisnis online Anda semakin mudah berkembang.

Media praktis untuk informasi, berita dan promosi

Orang-orang sekarang mengerti bahwa setiap perusahaan atau toko memiliki kehadirannya sendiri di akun media sosial. Jadi jika ingin mempromosikan suatu produk tinggal upload saja untuk mendapatkan target pasar yang lebih luas. Apalagi promosi menggunakan media sosial jauh lebih murah, praktis dan hemat energi.

Mampu meningkatkan penjualan

Tahukah Anda bahwa mempelajari manajemen media sosial juga ada pengetahuan tentang pemasaran media sosial. Sehingga konten yang diunggah di akun media sosial dapat menarik minat dan daya beli masyarakat. Sehingga hal ini secara langsung mampu meningkatkan penjualan dan berbagai keuntungan lainnya pasti mengikutinya.

Perkenalkan perusahaan secara luas

Pengguna media sosial di Indonesia sudah sangat banyak sehingga menjadi target pasar yang sangat luas. Ketika sebuah perusahaan membuat akun media sosial, itu secara langsung memperkenalkan perusahaan tersebut secara luas. Apalagi jika akun tersebut dikelola dengan baik maka akan menambah kepercayaan masyarakat hanya dari media sosial.

Tunjukkan kualitas dan identitas

Menjual produk atau jasa di era sekarang ini tidak lagi sekedar menunjukkan apa yang sebenarnya sedang dijual. Namun publik menjadi lebih tertarik dengan kualitas dan identitas perusahaan yang menjualnya. Kualitas dan identitas inilah yang sering disebut sebagai kepribadian merek yang memiliki pengaruh yang sangat penting.

Tool Manajemen Media Sosial

Memiliki akun media sosial tidak hanya memperkenalkan perusahaan pada hubungan baru tetapi juga keuntungan lainnya. Biasanya perusahaan akan memiliki lebih dari akun media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, LinkedIn, dan banyak lagi.

Untuk memudahkan Anda mengelola semua akun media sosial Anda, gunakan alat manajemen media sosial berikut.

1. HootSuite

HootSuite tool social media management
HootSuite tool social media management

HootSuite adalah alat paling terkenal untuk memfasilitasi manajemen media sosial. Dengan HootSuite Anda dapat membuat jadwal untuk setiap posting dan pesan serta mengetahui lalu lintas di media sosial. Jadi peran HootSuite sangat penting sebagai alat yang membantu mengelola semua akun media sosial Anda.

2. Buffer

Buffer social media management

Buffer adalah alat manajemen yang sangat mudah digunakan untuk menjadwalkan konten di akun media sosial. Bahkan penjadwalan bisa dilakukan hingga seminggu sebelumnya tanpa harus mengkhawatirkan konten. Alat-alat ini sangat cocok untuk Anda yang tidak punya waktu untuk terus-menerus mengupdate konten di media sosial.

3. SocialOomph

- Advertisement -

socialoomph manajemen sosmed

SocialOomph adalah alat manajemen media sosial yang dapat meningkatkan produktivitas media sosial Anda. Banyak layanan yang disediakan oleh SocialOomph seperti pelacakan kata kunci, ikuti otomatis dan berbagai layanan lainnya. Ada dua pilihan, Anda dapat menggunakan alat SocialOomph gratis dan berbayar.

4. smm mata digital

mata digital media sosial manajemen

smm matadigital merupakan tool social management yang di kembangkan oleh mata digital Indonesia. Memiliki fungsi dan kegunaan sama dengan ketiga tool diatas. yang membedakan adalah smm matadigital dilengkapi dengan tool auto replay pesan.

Sebagai tool SMM (social Media management) buatan anak negeri tentu lebih user frendly bagi pengguna indonesia.

Faktanya, ada banyak alat yang dapat membantu Anda mengelola akun media sosial Anda dengan mudah. Seperti Tweetdeck, Tweepi, SocialFlow, SocialBro, Crowdbooster dan banyak alat lainnya.

Untuk meningkatkan “kepercayaan” pengguna media sosial, Anda juga perlu memiliki situs web untuk keperluan bisnis.

- Advertisement -
Jangan Lupa Baca Bismillah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.