Apa Itu Influencer Marketing?

0
22
influencer marketing

Influencer Marketing: Influencer adalah orang yang punya followers dengan audience yang cukup banyak di social media, dan punya pengaruh yang kuat terhadap followers mereka, seperti artis, selebgram, blogger, youtuber, dan lain sebagainya.

Influencer marketing merupakan cara promosi yang efektif untuk saat ini karena konsumen jaman now tidak suka terhadap iklan. Perhatiannya sekarang berada di social media dan suka melihat konten-konten menarik dari orang atau influencer yang di follow.

Keberadaan media sosial saat ini memunculkan tokoh-tokh baru di medsos karera follower mereka berjibun. sebut saja Atta Halilintar, Ria Ricis, Bowo yang sempat heboh karena Tik-Tok.

Memiliki jumlah follower dan subscriber yang berjibun, perusahaan mulai melirik mereka untuk mempromsikan produk-produknya. Contoh: laptop merk Asus seringkali membayar para youtuber, gamers, vlogger untuk mereviw produk terbarunya. 

Untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan. Inilah yang dikenal sebagai influencer marketing. Influencer atau tokoh berpengaruh di media sosial ini memberikan peringkat yang mendukungnya.

Influencer dengan latar belakang artis, tentu saja layanan mereka lebih mahal daripada yang bukan tokoh publik. Tapi bukan hanya orang-orang yang sudah terkenal saja bisa menjadi influencer. Bahkan orang awam pun juga bisa dengan kreatifitasnya.

Mereka biasanya memiliki karakteristik tertentu di setiap posting di media sosial mereka, seperti gaya hidup, seni, dan hal-hal menarik lainnya. Mereka juga dapat menyajikan konten kreatif, sehingga orang tertarik mengunjungi media sosial dan akhirnya menjadi pengikut. Populer di media sosial atau dunia maya juga bisa mamicu untuk berkarier didunia nyata tergantung pada kita menangkap peluang itu, masih ingatkah tokoh fenomenal Briptu Norman Kamaru, Shinta dan Jojo, Bowo dan masih banyak lagi.

 

Franzeska Edelyn ASUS ROG
Franzeska Edelyn Gamer, jadi brand ambasador ASUS ROG

Cara Menjadi Influencer Marketing

1. Pilih Media yang Ingin Anda Gunakan

Berbagai media sosial dapat menjadi area bisnis, baik itu Facebook, Twitter, Youtube, Instagram, dan lainnya. Yang lebih populer sekarang adalah Instagram karena itu paling sering digunakan oleh orang Indonesia. Memasarkan produk melalui platform Medsos lebih mudah karena dapat membuat katalog mini untuk memamerkan produknya. Promosi produk di Instagram sangat praktis, ringkas, cepat, dan langsung ke sasaran.

 

2. Tentukan Gambar Anda di Media Sosial

Untuk menjadi influencer yang sukses, Anda perlu menentukan gambar apa yang akan Anda bangun di media sosial. Ini penting yang akan menjadi konsep Anda di setiap postingan Anda di media sosial. Jika Anda baru sebagai influencer, Anda tidak boleh menyimpang dari konsep saat memposting konten di media sosial. Jika Anda sudah memiliki cukup pengikut, maka kadang-kadang Anda dapat mengunggah sesuatu yang berada di luar konsep dasar Anda.

Gambar yang Anda buat di media sosial akan membantu produser atau pengiklan untuk memilih Anda. Mereka akan mencari orang atau influencer yang memiliki gambar yang cocok dengan produk mereka. Sebagai contoh, perusahaan produk kecantikan akan memilih influencer yang memiliki gambar kecantikan atau aktivis make-up. Produsen produk headset dan laptop, misalnya, akan memilih influencer yang memiliki citra gamer.

Gambar juga akan memfilter pengikut Anda. Pada dasarnya, hal yang paling penting adalah keunikan gambar Anda dan seberapa dalam Anda menyelam ke dalam gambar. Beberapa influencer terkenal saat ini juga membangun gambar yang cukup unik. Misalnya Awkarin, yang mengedepankan citra seorang wanita muda yang mencintai kebebasan. Dengan gambar ini, produsen produk, seperti street fashion, tertarik untuk menggunakan layanan mereka.

3. Buat Konten yang Menarik

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa posting Anda di media sosial dapat menarik perhatian. Beberapa elemen yang harus Anda perhatikan di Instagram, termasuk resolusi foto atau video yang Anda unggah, mencerminkan gambar Anda dalam postingan, gunakan tagar (tanda #) dengan benar, dan bagaimana Anda mempromosikan diri sendiri.

Untuk kriteria resolusi, Anda tidak perlu menggunakan kamera DSLR atau kamera mahal lainnya. Foto atau video yang Anda unggah dapat merupakan hasil bidikan kamera ponsel selama tidak buram, jelas apa yang ingin Anda katakan dalam postingan. Pencahayaan foto atau video Anda juga perlu dipertimbangkan agar artistik.

Unggah konten yang sesuai dengan konsep Anda. Jika gambar yang Anda buat terkait dengan kuliner, Anda harus memasukkan informasi tentang kuliner menarik yang telah Anda coba, pendapat tentang makanan, lokasi, dan berbagai informasi lainnya. Jangan lupa untuk didukung dengan foto atau video, sehingga lebih keren dan menarik.

Agar hasil postingan kita menjadi viral dan disaksikan oleh banyak orang, hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah penggunaan tagar di pos Anda. Salah satu cara untuk mengetahui tagar apa yang populer menggunakan situs Webstagram. Kemudian gunakan di pos Anda. Tapi jangan gunakan tagar yang sama sekali tidak berhubungan dengan posting Anda.

Jika Anda menggunakan tagar yang tepat, pos Anda akan muncul di saran untuk mengunggah dengan tagar yang sama. Selain itu, jika seseorang mencari tagar, pstingan kita juga akan muncul.

 

4. Perluas Interaksi dengan Pengguna Lain

Untuk meningkatkan jumlah pengikut dan pemirsa yang akan menonton postingan kita, perlu berinteraksi dengan pengguna lain sehingga mereka tertarik untuk melihat dan menjadi pengikut Anda. Selain itu, menjadi influencer yang memiliki jumlah pengikut yang cukup tinggi juga akan meningkatkan harga tawar Anda kepada pengiklan.

Tetapi untuk melakukannya kepada ribuan pengguna, itu pasti akan sedikit menyulitkan Anda. Untuk membantu ini, ada sejumlah perangkat yang dapat membantu Anda. Contoh aplikasi ini adalah Instagress dan Selebgram. Pada dasarnya konsep kedua perangkat ini sama, bertujuan untuk membantu Anda mengikuti dan menyukai secara otomatis topik-topik tertentu yang Anda pilih. Satu-satunya perbedaan adalah Selebgram berdasarkan Bahasa Indonesia, sehingga mungkin membuatnya lebih mudah bagi Anda.

Secara berkala, komunitas media sosial biasanya akan mengadakan berbagai acara. Datanglah ke acara ini untuk bertemu pengguna lain atau influencer. Selain menambah teman, itu juga memperluas koneksi Anda. Anda juga dapat bertukar ide atau meminta saran dari influencer lain.

Dengan menghadiri acara-acara seperti ini, influencer lain yang sudah memiliki lebih banyak pengikut daripada Anda dapat membantu mempromosikan diri Anda. Alat pemasaran praktis bukan?

5. Jangan Membeli Follower

Banyak pihak menawarkan pengikut berbayar. Selain itu, tujuannya adalah jika Anda tidak mendapatkan jumlah pengikut instan. Meskipun terlihat menggoda, Anda tidak harus melakukan ini karena nanti akan ada perbedaan mencolok antara jumlah pengikut dan jumlah keterlibatan yang Anda terima. Ini tidak akan disukai oleh pengiklan karena tujuan utama mereka adalah keterlibatan yang Anda miliki.

6. Istiqomah (konsisten) dan Kreatif

Yup, konsisten atau istiqomah adalah kunci untuk menjadi influencer marketing, selalu memproduksi konten-konten kreatif. Menggunggah postingan dengan rutin ke sosial media guna membuat follower kita dapat sesuatu yan update dan menginpirasi. Tentukan juga kapan waktu kita untuk posting di medsos karena setiap platform berbeda jam dan waktu yang tepat untuk posting contoh: youtube memiliki waktu yang tersendiri dimana jika mengunggah pada jam itu akan banyak yang menonton video kita, waktu yang tepat upload video youtube.

 

Kesimpulan: Untuk menjadi Influencer Marketing dibutuhkan konten kreatif yang bermanfaat serta update, butuh kerja keras dan konsisten merawat akun medsos jangan sampai mengecewakan follower atau subscriber.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.