9 CMS Toko Online Terbaik, Cukup 1 Click Selesai Toko On-linenya

0
14
cms toko online

CMS Toko Online Terbaik : Sebelum mulai membangun toko online Anda, ada baiknya mengetahui apa yang perlu ditentukan. Salah satunya adalah CMS. CMS adalah sistem yang mengatur cara kerja situs web, jadi Anda tidak perlu menulis kode pemrograman.

Meskipun kedengarannya lebih mudah, Anda perlu tahu CMS mana yang terbaik untuk dipilih toko online. Mengingat ada begitu banyak CMS, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih CMS terbaik yang sesuai dengan kebutuhan toko online Anda serta dana yang Anda miliki.

Berikut adalah beberapa tips untuk menentukan CMS terbaik dan rekomendasi untuk 9 CMS terbaik untuk toko online.

cms toko online

Bagaimana Anda Menentukan CMS Terbaik untuk Toko Online Anda?

Ada tiga hal utama yang digunakan untuk menentukan apakah CMS termasuk dalam urutan CMS terbaik untuk toko online atau tidak.

Tiga hal ini meliputi; manajemen persediaan, fitur kenyamanan untuk pembayaran dan proses pembuatan laporan penjualan. Ketiga hal ini adalah kebutuhan dasar sebuah toko online.

Jika salah satu dari mereka tidak berfungsi dengan baik, konsumen dapat beralih ke toko online lainnya.

Terlepas dari tiga hal ini, ada sejumlah hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih CMS untuk toko online. Diantara yang lain;

  • Kategorisasi produk: Fitur ini menjadi penting untuk memudahkan konsumen menemukan barang yang ingin mereka beli.
  • Opsi penyesuaian halaman produk: Fitur ini bertujuan untuk mempercantik halaman sehingga halaman toko online Anda mudah ditemukan dan orang-orang mudah dimengerti. Fitur ini sangat berguna karena beberapa CMS tidak menyediakan fitur kustomisasi sehingga banyak halaman toko online tampak sederhana.
  • Fitur penjualan dan diskon: Tentu saja, pembeli yang mendapat diskon atau diskon akan sangat menguntungkan. Bahkan perhitungan belanja hemat akan terwujud. Penting bagi CMS untuk dapat menyediakan fitur ini sehingga penjual dapat menciptakan sistem penjualan yang menarik.
  • Menawarkan berbagai metode pembayaran: Saat ini transaksi pembayaran non tunai telah meningkat. Selain itu, ada banyak opsi untuk mengajukan kredit. Sehingga berbagai opsi pembayaran merupakan salah satu minat khusus toko online. Tentu saja, ini cocok untuk Anda yang ingin bersaing dengan toko online terkenal lainnya.
  • Berikan informasi analitik: Fitur ini ada untuk menguntungkan penjual. Untuk meningkatkan layanan toko online yang dibangun, penjual penting untuk memiliki analitik data untuk melihat respons penjual. Karena itu, melihat salah satu fitur ini juga penting untuk dapat menentukan CMS terbaik untuk toko online Anda.

9 CMS Terbaik untuk Toko Online

9. Open Real Estat

Sesuai namanya, Open Real Estate ini tersedia khusus untuk toko real estat online. Open Real Estate memiliki fitur yang sengaja disediakan untuk memfasilitasi penjualan Real Estate atau properti seperti memilih kebutuhan pelanggan sehingga tidak semua konten muncul. Selain itu, fungsionalitas pencarian yang kuat, pelanggan akan dengan mudah menemukan properti yang mereka butuhkan.

Keuntungan:

  1. Memiliki banyak pilihan mata uang untuk properti yang ingin Anda jual atau sewa. Jadi Anda bisa mengendalikan pasar apa yang ingin Anda targetkan sebagai penjual
  2. Buat halaman untuk setiap produk
  3. Termasuk fitur pencarian yang optimal
  4. Berikan tema yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Kekurangan:

  1. Sebagian besar modul dibayar
  2. Khusus untuk transaksi jual beli properti.

Ulasan beberapa CMS terbaik untuk toko online didasarkan pada pilihan kami. Kami menyesuaikan ulasan ini dengan kebutuhan pengguna awal toko online CMS.

Semoga ulasan ini dapat membantu Anda menentukan pilihan sebelum membangun toko online. Untuk mendapatkan informasi secara teratur tentang hosting dan pengembangan situs web Anda, Anda dapat berlangganan blog ini.

 

8. Cubecart

Tidak jauh berbeda dari CMS lain seperti fitur yang mudah digunakan untuk berbagai pilihan tema dan plugin. Cubecart adalah CMS yang bersifat open source sehingga Anda dapat mengaksesnya dengan mudah dan gratis. CMS ini cocok untuk pemula yang merintis karir toko online.

Plus, Cubecart juga memiliki fitur gambar dan berbagai opsi pembayaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembeli. Sayangnya, sistem perlindungan CMS ini tidak sepenuhnya optimal.

Dalam operasinya, Cubecart masih memiliki beberapa bug dalam versi tertentu. Jadi, ini juga merupakan ide bagus bagi Anda yang ingin memulai toko online untuk mengetahui seberapa jauh bahaya bug terjadi.

Keuntungan:

  1. Sumber terbuka
  2. Mudah digunakan karena fitur-fiturnya tidak rumit.
  3. Menjaga keamanan toko online
  4. Edit gambar dan panel admin
  5. Memungkinkan Anda mengirim nawala ke pelanggan yang ada
  6. Memberikan ekstensi yang dapat digunakan.

Kekurangan:

  1. Koleksi ekstensi yang tidak lengkap dan terbatas

 

7. osCommercetoko online cms oscommerce

Jika Anda membahas apa kelebihan osCommerce, itu mungkin sudah disebut sebagai dimiliki oleh toko online lainnya. osCommerce juga memiliki fitur lengkap dan fungsionalitas tingkat lanjut dan standar – seperti AbanteCart.

Sayangnya, jika Anda mengharapkan toko online tiruan Anda tampaknya mengikuti tren saat ini, osCommerce tidak cocok. Ini terjadi karena osCommerce tidak memiliki pilihan tema dan plugin terkini.

Terlepas dari penampilan osCommerce yang terbaru, osCommerce memiliki banyak penggemar sehingga Anda akan dengan mudah menemukan komunitas pengguna osCommerce.

Keuntungan:

  1. Fitur dan dasbor yang mudah digunakan dan dipahami
  2. Ini memiliki ribuan add-on dan tema gratis
  3. Banyak komunitas pengguna ada di Indonesia

Kekurangan:

  1. Dasbor yang terlihat usang
  2. Tidak cocok untuk bisnis skala besar. Cocok untuk skala standar dan menengah

6. AbanteCartcms abantecart toko online

Platform ini dapat dengan mudah digunakan untuk pemula. AbanteCart juga menyediakan tooltips bagi Anda yang membutuhkan bantuan untuk beroperasi. AbanteCart tersedia gratis dan dapat diakses oleh siapa saja.

Kenyamanan lain yang ditawarkan oleh platform ini adalah kemudahan ketika Anda ingin menambahkan produk baru. Terlepas dari kenyamanan yang disediakan, AbanteCart juga memiliki plugins dan ekstensi tambahan jika Anda membutuhkannya.

Keuntungan:

  1. Sumber Terbuka
  2. Mudah dimengerti
  3. Memiliki Tooltips yang dapat membantu menyelesaikan kesulitan dalam proses pengembangan situs web.
  4. Menawarkan beragam plugin dan tema,

Kekurangan:

  1. Komunitas pengguna AbanteCart terbatas karena CMS ini tidak terlalu populer.
  2. Pilihan tema dan plugin yang terbatas

 

5. OpenCartbuka toko online cms

Selain itu, CMS OpenCart ini juga memiliki fitur kustomisasi yang optimal. Sehingga penjual mampu mendesain toko online-nya dengan baik. Tapi tentu saja, admin harus menguasai dengan sangat baik tentang cara kerja situs web. Dengan begitu, semua fitur optimisasi penjualan akan bekerja dengan baik.

Keuntungan:

  1. Ini memiliki fitur kustomisasi yang mudah dipahami sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan lebih banyak biaya tenaga ahli untuk dapat membangun situs web toko online Anda sendiri.
  2. Kemampuan multi-pengguna dan multi-toko
  3. Selain mudah digunakan, OpenCart juga gratis.
  4. Sangat cocok untuk skala kecil dan skala pembelian dan penjualan online pemula.

Kekurangan:

  1. Pilihan tema yang belum mengikuti tren dan selera pasar

 

4. Magentotoko online cms magento

Magento memiliki keunggulan dibandingkan CMS lain, yang memiliki potensi fleksibilitas tertinggi di antara CMS lainnya. Misalnya, ketika berencana membangun toko online, Anda akan bingung dengan berapa banyak toko online ini akan dibangun.

Nah, Magento memberikan fleksibilitas bagi Anda untuk menentukan bisnis besar atau kecil Anda. Bahkan untuk menentukan fitur apa yang ingin Anda masukkan. Namun, untuk mengoperasikan ini, Anda harus memahami tentang pengembangan situs web terlebih dahulu.

Keuntungan:

  1. Anda bisa mendapatkan CMS ini secara gratis
  2. Anda tidak perlu biaya tambahan untuk menambahkan fitur kerja karena sudah menyediakan fitur default gratis lengkap
  3. Ini memiliki checkout tiga tahap yang aman dan terperinci
  4. Multi-bahasa dan multi-mata uang untuk ide bisnis yang mencakup skala internasional
  5. Fitur kustomisasi yang optimal sehingga Anda dapat membuat situs web seperti yang diinginkan.

Kekurangan:

  1. Platform ini sulit dipahami jika dibandingkan dengan platform lain
  2. Tidak mudah untuk mengoperasikan toko online ini untuk pemula.
  3. Meskipun CMS ini disediakan secara gratis untuk menyediakan hosting, domain dan tema menarik tidak memerlukan sedikit biaya tambahan. Mempertimbangkan, CMS ini ditujukan untuk toko online canggih, optimisasi juga perlu disesuaikan.

3. Prestashoptoko online cms prestashop

Prestashop adalah CMS khusus yang memiliki fitur yang sangat dinamis sehingga dapat merusak penjual dan pembeli. Tidak perlu bingung dengan fitur yang rumit, penjual dapat mengatur barang dagangan dengan baik.

Bahkan, mereka memiliki beberapa fitur pembayaran yang bervariasi, dari paypal hingga transfer transaksi melalui ATM. Selain itu, penjual mendapat manfaat dari fitur analitik tanpa harus menginstal plugin khusus.

Keuntungan:

  1. Memiliki tampilan yang mudah dimengerti oleh pengguna
  2. Fitur ini memeriksa bahan makanan yang dapat disesuaikan
  3. Memiliki sistem analitik dan perhitungan pajak barang tanpa harus menginstal plugin.
  4. Prestashop adalah salah satu CMS gratis yang menyediakan fitur terintegrasi ke dalam perangkat lunak dan 100% gratis. Jadi Anda bisa menghemat pengeluaran Anda.
  5. Prestashop memiliki fitur yang dapat memfasilitasi bisnis untuk menjadi lebih besar, misalnya; inventaris manajerial, ekspor online melalui eBay, pilihan jumlah halaman untuk setiap produk, fitur unduhan produk, pilihan rentang produk, kategori, dan atribut produk tanpa batas.
  6. Memiliki fitur multi bahasa dan multi mata uang untuk pembelian

Kekurangan:

  1. Penjual harus mempelajari sistem operasi yang tidak mudah untuk mengoptimalkan kinerja situs web. Jika Anda ingin mempelajari modul pembelajaran, Anda perlu biaya tambahan
  2. Pilihan tema di Prestashop terbatas. Anda harus menemukannya sendiri dari plugin ekstensi dan dikenai biaya tambahan.

2. Shopifycms shopify toko online

Shopify adalah toko CMS online dari Kanada. CMS ini cocok untuk penjualan internasional, terutama pasar di Amerika Serikat, Eropa dan Kanada.

Karena skala pasar yang besar dan kendala teknis pengiriman barang Indonesia-Amerika atau Eropa dan Kanada, platform ini tidak terlalu dikenal atau digunakan oleh pemilik toko online di Indonesia.

Tapi tenang saja, selalu ada solusi untuk kesulitan di dunia digital. Jika kendala untuk menggunakan Shopify adalah masalah biaya pengiriman yang tidak masuk akal, dunia pasar online menyediakan pilihan pengiriman dari Cina ke Amerika atau Eropa atau Kanada.

Tentu saja, ini lebih murah daripada mengirim dari Indonesia. Sebagai pertimbangan, ada beberapa daftar kelebihan dan kekurangan.

Keuntungan:

  1. Cakupan pasar yang luas dibandingkan dengan toko CMS online lainnya
  2. Penggunaannya sangat mudah sehingga terjangkau bagi pengguna dan pembeli awal.
  3. Memiliki tampilan yang mengikuti tren dan selera pasar untuk generasi millennial.
  4. Fitur transaksi dan media sosial juga bervariasi, sehingga memudahkan pembeli untuk melakukan transaksi online

Kekurangan:

  1. Perlu memiliki strategi penjualan produk secara khusus. Karena Shopify adalah platform toko online CMS online dan sulit menjangkau pasar lokal (Indonesia) saja.
  2. Tidak populer di Indonesia sehingga menemukan jaringan pengguna Shopify agak sulit
  3. Shopify adalah CMS yang cocok untuk skala penjualan lanjutan. Jadi jika Anda ingin semua fitur aktif, Anda perlu biaya tambahan yang tidak kecil, sekitar $ 500- $ 600 dibandingkan dengan WooCommerce.

1. WooCommerceinstal woocommerce

WooCommerce adalah plugin yang diaktifkan dari WordPress. Kemudahan fitur dan tampilan juga mengikuti WordPress. Oleh karena itu, WooCommerce adalah toko CMS online yang memiliki fitur ramah SEO dan ramah terhadap pengguna situs web baru.

Ini bisa dilihat dari fitur dan tampilan yang sangat intuitif dan tidak membingungkan bagi pengguna lama dan baru. Jadi, dapat dikatakan bahwa CMS ini masih menempati CMS favorit kami.

Keuntungan:

  1. WooCommerce cocok untuk pengguna awal karena fitur-fiturnya yang mudah dimengerti
  2. Memiliki komunitas luas pengguna WordPress sehingga Anda dapat dengan mudah menjelajahi dan bekerja di CMS WordPress
  3. Memiliki beragam tema sehingga Anda dapat mengatur toko online seperti yang diinginkan
  4. WooCommerce memiliki fitur optimisasi media sosial yang berguna untuk meningkatkan nilai situs web serta penjualan. Ini akan berdampak pada pemasaran toko online.
  5. Plugin tersedia gratis sehingga Anda dapat menghemat uang

Kekurangan:

  1. Membutuhkan banyak ekstensi untuk mengoptimalkan fitur dan fungsi situs web
  2. Ada beberapa fitur berbayar, misalnya; tema, ekstensi tambahan, domain, dan hosting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.