Solusi Akurat untuk Mencegah Spam Email

Diposting pada

Sebelumnya, Anda belajar mengelola email spam dengan SpamExperts. Nah, ternyata ada tool lain yang tak kalah mumpuni untuk mengusir spam, yaitu SpamAssassin. Apa itu SpamAssassin?

Pada artikel ini, kami mengajak Anda untuk memahami cara kerja SpamAssassin dan cara menggunakan SpamAssassin dengan mudah.

Penasaran? Yuk baca artikel ini selengkapnya!

Apa itu SpamAssassin?

SpamAssassin adalah alat untuk mengelola email masuk agar Anda terhindar dari email spam. Jadi, fungsi SpamAssassin adalah menyaring email spam sebelum masuk ke inbox Anda.

Nah, cara kerja SpamAssassin adalah dengan mengecek elemen-elemen yang ada di email, mulai dari subject dan isi email, DNS address, dan lain sebagainya. Bila diindikasikan sebagai spam, alat ini akan mendorong email ke kotak masuk Anda.

Nantinya, Anda juga bisa membuat email yang tidak lolos filter spam agar masuk ke folder khusus. Dengan SpamAssassin, lebih mudah bagi Anda untuk menghindari upaya spam yang dikirim oleh orang lain.

Fungsi SpamAssassin bukan hanya untuk menyaring email yang masuk lho. Alat ini juga memiliki beberapa fitur yang dapat diandalkan. Misalnya, hapus otomatis email spam, daftar putih untuk memilih domain email yang diizinkan, daftar hitam domain email tertentu, dan sebagainya.

Nah, Anda sudah tahu apa itu SpamAssassin dan bagaimana cara kerjanya, bukan? Sekarang, mari kita pelajari langkah-langkah memanfaatkan SpamAssassin.

Cara Menggunakan SpamAssassin

Umumnya, SpamAssassin adalah alat yang merupakan bagian dari layanan hosting web cPanel. Untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke Panel Kontrol Hosting

Untuk mengakses panel kontrol, Anda dapat melakukannya melalui URL, dengan format Nama Domain/cpanel Anda. Misalnya: kuydomain.com/cpanel

Nah, jika Anda menggunakan layanan Niagahoster, ada cara yang lebih mudah melalui Member Area Niagahoster.

Baca Lainya:   Jenis-Jenis Hosting untuk Situs Web Pemerintah Yang Harus Anda Ketahui

Setelah masuk, masuk ke bagian Layanan Andadan pilih tab Hosting. Kemudian, klik tombol Kelola Hosting pada layanan hosting aktif Anda.

Contoh Gambar Masuk Ke Panel Kontrol Hosting

Di lapangan Pengaturan Hostingpilih tab cPanel dan untuk masuk ke panel kontrol hosting. Lanjutkan dengan mengklik menu Semua Fitur.

2. Aktifkan SpamAssassin di cPanel

Setelah Anda masuk ke menu Semua fiturAnda dapat menemukan kategori Surel. Kemudian, klik opsi Filter Spam.

Gambar Aktifkan SpamAssassin di cPanel

Nah, di halaman Filter SpamAnda dapat mengklik tombol sakelar “Proses Email Baru dan Tandai sebagai Spam”Untuk mulai mengaktifkan SpamAssassin.

Setelah diaktifkan, Anda dapat mengonfigurasi skor spam dalam pilihan Skor Ambang Spam.

Nah, skor spam ini merupakan indikator peringkat email spam, dari 1 sampai 10. Semakin tinggi nilai (1), semakin ketat filter emailnya. Jadi, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda sudah menentukan skor spam Anda, jangan lupa klik tombol Perbarui Opsi Penilaian sehingga pengaturan disimpan. Dengan begitu, perlindungan email dengan SpamAssassin diaktifkan.

3. Arahkan ke Folder Terpisah

Anda juga dapat mengalihkan email spam yang terdeteksi ke folder terpisah (Kotak Spam). Tujuannya agar Anda memeriksa email spam ini lebih lanjut.

Untuk mengaktifkannya, silakan klik tombol sakelar pada pilihan Pindahkan Spam Baru ke Folder Terpisah (Spam Box).

Dengan begitu, setiap email yang dianggap spam akan diarahkan ke folder tersebut.

4. Aktifkan Hapus Otomatis

Bagi Anda yang ingin menghapus email spam secara otomatis. Anda dapat mengaktifkan fitur hapus otomatis di opsi Hapus Spam Baru Secara Otomatis (Hapus Otomatis).

Gambar Aktifkan Hapus Otomatis

Meskipun ini adalah langkah praktis, Anda mungkin kehilangan kesempatan untuk memeriksa email yang mungkin penting.

5. Konfigurasi Email Whitelist dan Blacklist

Whitelist adalah konfigurasi yang dibuat dengan tujuan agar email yang dianggap penting tidak dianggap spam oleh sistem. Sedangkan Blacklist adalah konfigurasi yang dilakukan untuk menjaga inbox email Anda bebas dari email yang tidak diinginkan.

Jika Anda ingin mengonfigurasi email daftar putih dan daftar hitam, Anda dapat menggulir ke bawah, dan klik Tampilkan Konfigurasi Tambahan.

Baca Lainya:   Daftar Kode Domain Nasional Dan Internasional Lengkap!

Konfigurasi Daftar Putih:

Untuk konfigurasi Daftar putih SpamAssassin, Anda dapat mengklik opsi “edit pengaturan daftar putih spam”. Kemudian, tambahkan alamat email yang ingin Anda daftar putih, seperti di bawah ini:

Jangan lupa klik “perbarui daftar putih (daftar putih _dari)”Agar konfigurasinya tersimpan.

Konfigurasi Daftar Hitam:

Untuk konfigurasi daftar hitamAnda dapat menambahkan alamat email yang ingin dimasukkan dalam daftar hitam, seperti di bawah ini:

Klik “update blacklist (blacklist_from)” untuk menyimpan konfigurasi.

Jika kamu melihat pemberitahuan pop-up sebagai berikut, berarti konfigurasi Blacklist email telah berhasil dilakukan.

Itulah cara menggunakan SpamAssassin dan fitur-fitur di dalamnya yang bisa Anda coba. Cukup mudah, bukan?

Gunakan SpamAssassin Untuk Mengatasi Email Spam!

Sekarang Anda tahu apa itu SpamAssassin, fungsinya, cara kerjanya. SpamAssassin merupakan tool yang cukup efektif untuk mengelola email yang masuk agar pengguna tidak menerima email spam.

Anda juga telah mempelajari cara menggunakan SpamAssassin. Dari mengaktifkannya, hingga membuat pengaturan khusus seperti memfilter daftar pengirim email sesuai dengan fitur Whitelist dan Blacklist.

Tentunya kemudahan dalam menangani email spam tersebut harus sudah didukung oleh layanan hosting yang Anda gunakan, ya. Nah, Niagahoster adalah layanan hosting yang sudah memberikan Anda perlindungan keamanan yang baik, terutama dari email spam.

Semoga informasi SpamAssassin yang kami berikan bermanfaat ya.

Jika Anda ingin lebih baik dalam menjaga keamanan situs web Anda, kami memiliki Panduan Pengamanan Situs Web dalam bentuk ebook yang dapat diunduh gratis.

Gambar Panduan Pengamanan Situs Web

Sumber: Niagahoster