Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting Yang Harus Anda Ketahui!

Diposting pada

Bagi Anda yang sedang memilih layanan hosting, shared hosting mungkin bisa menjadi pilihan. Namun, tahukah Anda apa saja kelebihan dan kekurangan shared hosting?

Nah, artikel ini akan menjelaskan secara singkat semua kelebihan shared hosting dan kekurangannya. Jadi, Anda akan tahu apakah shared hosting cocok untuk kebutuhan Anda.

Yuk simak dengan penjelasan lengkapnya!

Apa Itu Hosting Bersama?

Shared hosting adalah layanan web hosting tempat Anda berbagi server dengan pengguna lain. Oleh karena itu, sumber daya hosting, termasuk penyimpanan, memori, dan bandwidth, Anda bagikan dengan pengguna lain.

Meskipun berbagi sumber daya, shared hosting tetap menawarkan kinerja yang optimal, mengapa. Pasalnya, konfigurasi server diatur oleh penyedia hosting sesuai dengan kebutuhan website secara umum.

Karena servernya sudah diatur, maka pengoperasian shared hosting menjadi mudah sehingga Anda bisa langsung menggunakannya. Karena itulah layanan hosting ini cocok untuk pengguna yang masih awam dengan website dan pengelolaannya.

Nah, kelebihan shared hosting bukan hanya itu lho. Yuk, simak di bagian selanjutnya!

Apa Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting?

Untuk memahami shared hosting lebih dalam, berikut kelebihan dan kekurangan shared hosting:

Keuntungan dari Hosting Bersama

Berikut adalah keuntungan dari shared hosting:

1. Harga terjangkau

Hosting bersama adalah layanan hosting paling terjangkau. Anda bahkan bisa mendapatkannya mulai dari Rp10.000 per bulan saja. Maka tidak heran jika pengguna yang baru pertama kali ingin membuat website umumnya memilih shared hosting.

2. Mudah Digunakan

Keuntungan shared hosting selanjutnya adalah kemudahan penggunaan. Sebab, Anda tidak perlu melakukan setting server saat pertama kali membeli layanan hosting ini. Jenis hosting lain, seperti VPS, mengharuskan Anda melakukan beberapa pengaturan awal.

Baca Lainya:   Cara Install Mikrotik di VPS Murah Terbaik Indonesia

Selain itu, shared hosting juga mudah digunakan karena kinerja dan keamanan server dikelola oleh penyedia hosting. Jadi, Anda tidak perlu belajar manajemen server untuk bisa menggunakan shared hosting.

3. Memiliki Sumber Daya dan Fitur yang Baik

Meski harganya terjangkau, shared hosting memiliki resource yang cukup untuk membuat website yang pengunjungnya tidak begitu banyak. Misalnya blog, website pribadi, dan website bisnis sederhana.

Fitur yang Anda dapatkan dari shared hosting juga lengkap. Misalnya, ada panel kontrol yang membantu Anda mengelola file dan database situs web.

Beberapa penyedia hosting bahkan menawarkan domain dan SSL gratis. Dengan begitu, Anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk memiliki website dengan keamanan yang baik.

Menghosting

Kurangnya Hosting Bersama

Berikut beberapa kelemahan shared hosting yang perlu Anda ketahui:

1. Anda Harus Berbagi Server

Kebutuhan untuk berbagi server dengan pengguna lain bisa disebut kurangnya shared hosting. Karena, Anda menjadi terbatas pada penggunaan sumber daya server yang wajar.

Jika ada penggunaan sumber daya yang berlebihan, akun hosting Anda dapat ditangguhkan. Umumnya, penyedia hosting melakukan ini untuk menjaga kinerja server shared hosting secara keseluruhan.

2. Kurang Berkualitas untuk Mengatur Traffic Tinggi

Meskipun menawarkan sumber daya yang cukup, kurangnya shared hosting belum mampu menampung banyak pengunjung atau lalu lintas sekaligus.

Misalnya website toko online yang diserbu pengunjung saat mengadakan flash sale. Ketika sebuah website dengan shared hosting diserbu oleh jutaan konsumen pada saat yang bersamaan, website tersebut bisa menjadi lambat atau bahkan tidak dapat diakses.

Jadi, jika website Anda mulai mendapatkan banyak pengunjung, Anda perlu mengupgrade ke layanan hosting dengan resource yang lebih mumpuni.

3. Pengaturan Hosting Terbatas

Penyedia hosting Anda membatasi akses Anda untuk mengubah pengaturan pada hosting bersama. Terutama, pada pengaturan kunci yang berdampak pada stabilitas server.

Hal ini menjadi kelemahan shared hosting karena menghalangi Anda untuk melakukan konfigurasi untuk mengoptimalkan kecepatan atau keamanan hosting. Meski sebenarnya sudah cukup optimal untuk penggunaan standar.

Baca Lainya:   Arti, Jenis, dan Cara Membuatnya

Jika kurangnya shared hosting ini mencegah Anda mengembangkan situs web, Anda harus memilih jenis hosting lain yang menawarkan akses ke pengaturan hosting.

Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan Shared Hosting, bukan?

Demikian penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan shared hosting. Apakah Anda lebih mapan untuk menggunakan layanan hosting jenis ini?

Singkatnya, keuntungan dari shared hosting meliputi:

  • Memiliki harga yang terjangkau
  • Operasinya mudah
  • Sumber daya dan fiturnya cukup untuk membuat situs web

Sedangkan kekurangan shared hosting yaitu:

  • Anda harus berbagi server dengan pengguna lain
  • Sumber daya tidak cukup untuk menampung banyak pengunjung
  • Anda tidak dapat mengubah pengaturan

Terlepas dari kelemahannya, keunggulan shared hosting lebih banyak. Apalagi jika website Anda belum memiliki banyak pengunjung dan tidak memerlukan pengaturan khusus.

Nah, Niagahoster adalah penyedia layanan hosting yang bisa menjadi pilihan untuk membeli shared hosting.

Shared hosting Niagahoster memiliki fitur yang lengkap untuk membantu Anda membangun website, antara lain:

  • Server dengan kecepatan optimal seperti LiteSpeed ​​agar website selalu lancar
  • Jaminan uptime yang tinggi, memungkinkan website untuk selalu online
  • Sistem keamanan yang baik untuk mencegah serangan malware
  • SSL gratis untuk mengamankan transfer data antara situs web dan pengunjung
  • Dukungan pelanggan 24 jam yang dapat Anda hubungi melalui berbagai media
  • Pencadangan situs web otomatis untuk mencegah hilangnya data situs web

Semua fitur di atas dapat membantu Anda memulai Rp 10.000/bulan. Jadi, segera pilih paket shared hosting sesuai kebutuhan Anda!

Sumber: Niagahoster