Pengertian Landing Page dan Fungsinya

8

Pengertian Landing Page dan Fungsinya, Toko online Anda belum memiliki halaman arahan? halaman arahan atau yang lebih dikenal dengan istilah Landing Page dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak konsumen dari situs web toko online Anda.

Artikel kali ini, Anda akan menemukan penjelasan dari Landing Page A sampai Z soal. Mulanya kita akan pahami dulu laman landas serta fungsinya. Setelah itu, Anda akan memperoleh informasi yang lebih dalam.

Penjelasan soal beda antara landing page dan homepage juga akan dibahas. Begitu pula dengan jenis-jenis halaman arahan yang kerap digunakan.

Anda juga akan menemukan cara membuat halaman arahan. Plus, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam membuat halaman arahan yang menghasilkan uang.

apa itu landing page

Apa Itu Landing Page?

Landing Page adalah halaman arahan dalam situs web yang dirancang khusus dengan pola pikir pemasaran. Halaman inilah yang membahas kompilasi pengunjung mengakses situs web dari hasil pencarian berbayar (pencarian berbayar).

Perbedaan Landing Page dan Homepage

Bicara gamblang soal landing page dan homepage itu soal gampang. Namun, membuat perbedaan langsung membuat Anda paham konsep di baliknya.

Maka dari itu, kami akan mencari halaman depan dan halaman tujuan. Supaya lebih mudah, kita akan bahas dari halaman hasil pencarian atau halaman hasil mesin pencari.

Tampilan hasil pencarian Google rata-rata terlihat seperti di atas. Terkait ada empat elemen yang ada di halaman tersebut, yaitu:

1. Hasil pencarian berbayar (Google Ads – Search Campaign)

2. Hasil pencarian berbayar (Google Ads – Shopping Campaign)

3. Cuplikan unggulan

4. Hasil pencarian organik

Hasil pencarian organik dan cuplikan fitur (nomor 3 dan 4) sedikit sulit untuk intervensi Anda. Hanya situs web yang berkualitas dan teroptimasi SEO secara otomatis di situs dan di luar halaman web yang dapat ditempatkan di bagian kedua itu.

Lain halnya dengan hasil pencarian berbayar di nomor 1 dan 2. Anda dapat menyiapkan halaman khusus agar pengguna tertarik membeli setelah mengklik iklan bisnis Anda.

Itu masalah jika Anda masih belum memiliki halaman arahan, ada kemungkinan besar toko online Anda ditinggal oleh calon pelanggan.

Fungsi landing page inilah yang membedakannya dari homepage. Pada halaman arahan punya dua tugas khusus, homepage fungsi punya tugas yang lebih umum.

Jika diibaratkan rumah, beranda adalah beranda depan kediaman Anda. Ia adalah wajah dari “rumah”. Yang menarik pengunjung untuk datang dan berkunjung.

Karenanya, beranda rumah itu memiliki begitu banyak dekorasi. Jika dalam web, dekorasi ini dapat berbentuk tombol navigasi, tampilan visual, dan tulisan.

Berbeda tanggapan dengan halaman arahan yang spesifik. Halaman arahan bisa diibaratkan ruang-ruang khusus dalam rumah. Entah itu ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar tidur, atau kamar mandi. Intinya, halaman arahan hanya memiliki satu fungsi yang spesifik.

Cukup dengan perumpamaan. Jadi, beginilah perbedaan antara landing page dengan homepage:

Karakteristik Beranda:

  • Website khusus;
  • Dapatkan situs pertama yang dikunjungi kompilasi dibuka sebuah situs web;
  • Menampilkan tombol navigasi dan URL menuju halaman penting di situs web;
  • Merupakan etalase bagi pelanggan untuk semua produk dan layanan yang ditawarkan.
Baca Lainya:   Jasa Pembuatan Portal Berita dan Verifikasi Google News

Halaman Pendaratan Karakteristik:

  • Halaman arahan adalah halaman yang memiliki fungsi khusus dalam situs web;
  • Mendorong pengguna untuk fokus pada satu produk dan melakukan transaksi di situs web. Misalnya, https://www.niagahoster.co.id/hosting-indonesia di mana kami menyediakan informasi lengkap tentang web hosting dan tombol pembelian;
  • Mengajak pengguna untuk melakukan tindakan tertentu. Misalnya, membeli produk, membeli Formulir, atau memberikan informasi yang diberikan.

Kini, Anda sudah perbedaan antara homepage dan halaman arahan. Supaya Pemahaman Anda lebih dalam lagi, di bagian selanjutnya kita akan bahas jenis-jenis halaman pendaratan.

Fungsi Landing Page

Berdasarkan jenisnya, ada dua halaman utama fungsi landing. Pertama, halaman arahan bisa dipakai untuk mengumpulkan data pengunjung potensial atau prospek. Memimpin inilah yang dijaga oleh bisnis. Kemudian calon pelanggan ini diharapkan melakukan pembelian di masa mendatang.
Kedua, halaman arahan juga dapat digunakan untuk mempercepat transaksi. Halaman ini minim distraksi dari menu dan tombol navigasi lainnya. Dengan kata lain, halaman arahan memberikan jalan khusus bagi pengunjung untuk mengakses produk atau layanan yang ingin dibeli.

Jenis-Jenis Landing Page

Secara umum, halaman pendaratan ada dua jenis. Pertama adalah halaman arahan lead generation (kadang-kadang disebut juga memimpin gen atau halaman menangkap memimpin). Lalu yang kedua adalah halaman arahan klik-tayang. Berikut ini penjelasan singkatnya:

Halaman arahan memimpin generasi Bekerja untuk mengumpulkan data calon pelanggan. Utamanya, data dalam bentuk nama dan alamat email. Data kedua ini nanti akan disimpan dan dibeli bisnis untuk disimpan hubungan dengan calon pelanggan.

Lewat alamat email yang diminta pemilik bisnis biasanya dikirimkan berbagai info promo dan diskon, berita, artikel blog, dan konten lainnya (ebook, checklist, dan materi yang bisa diunduh lainnya). Praktik semacam ini umum dipakai dalam model pemasaran B2B. Hal serupa juga sering dipakai dalam bisnis dengan produk atau layanan berbiaya tinggi.

Halaman arahan klik-tayang Biasanya dipakai dalam e-commerce atau model pemasaran B2C. Halaman yang sederhana biasanya hanya membuat satu tombol sederhana. “Pilih Sekarang”, “Beli Sekarang”, “Beli Sekarang” dan sebagainya.

Halaman macam ini menggiring pengunjung untuk segera melakukan pembelian di situs web. Tombol navigasi yang terbatas membatasi pengunjung untuk “melompat” ke halaman lainnya.

Contoh-Contoh Landing Page

Kita sudah membicarakan soal apa itu landing page, fungsinya, perbedaan homepage dengan landing page, serta jenis-jenisnya. Tapi rasanya, pembahasan takkan lengkap tanpa contoh-contoh halaman pendaratan yang apik.

Karena kami baik hati (hehe), berikut kami sertakan beberapa contoh halaman arahan yang inspiratif. Tak cuma tangkapan layar dan sedikit deskripsi saja. Kami juga akan mengulas Desain arahan halaman yang dijadikan inspirasi.

Airbnbhalaman arahan adalah contoh airbnb

contoh landing page
contoh landing page Airbnb

Airbnb merupakan platform persewaan properti. Mulai ini bekerja semacam makelar antara pemilik properti dengan siapa saja yang tertarik menggunakan properti tersebut.

Baru-baru ini Airbnb juga melebarkan sayap ke Arah lainnya. Tak cuma properti saja, kini semua pengalaman wisata bisa diatur dengan Airbnb. Mulai dari tur kuliner, kelas memasak, konser, tur, hingga pengalaman wisata yang meningkat sosial.

Semuanya bisa diatur lewat Airbnb.

Nah, sekarang saatnya pembicaraan soal landing page. Gambar di atas merupakan halaman arahan untuk mitra Airbnb. Di bagian kanan Anda bisa mengecek perkiraan uang yang diperoleh dengan menyewakan properti lewat Airbnb.

Tips membuat halaman arahan ala Airbnb:

  • Tampilkan foto dari interaksi manusia Anda mengundang mengundang bergabung ke program Anda.
  • Objek yang diletakkan di sebelah kiri akan jadi fokus pengguna. Maka, tentukan poin apa yang ingin disorot dari bisnis Anda.
  • Buat formulir dengan kolom isian yang singkat. Format ini meningkatkan keinginan pengguna untuk mengisinya.
Baca Lainya:   Panduan Membuat Akun FansPage Halaman Facebook untuk Bisnis

Uniqloapa itu landing page contoh uniqlo

contoh landing page
contoh landing page

Merupakan Uniqlo merek pakaian internasional yang cukup digemari kalangan muda. Ia terkenal dengan model pakain yang simpel, serba guna, bersih, sekaligus cocok untuk perempuan dan laki-laki.

Kepuasan merek pakaian dari Negeri Sakura ini pun merambah ke banyak negara. Mulai dari Kanada, Bangladesh, Cina, Jerman, India, Indonesia, dan 17 negara lainnya. Di Indonesia sendiri, sudah ada 15 toko yang terbesar di seluruh wilayahnya.

Untuk landing page-nya sendiri, Uniqlo berhasil mengusung nuansa yang simpel. Dengan latar putih, Uniqlo menempatkan logonya di paling atas. Kemudian, terdapat kalimat ajakan untuk mengisi kolom email.

Seperti biasanya, dari situlah Uniqlo mendapatkan data untuk mengirimi Anda berita dan promosi terbaru dari produk-produknya. Tak lupa, Uniqlo juga memberikan opsi promo dan produk apa yang diinginkan.

Tips membuat halaman arahan ala Uniqlo:

  • Sesuaikan tampilan landing page dengan branding usaha Anda.
  • Tampilkan logo jika desain halaman arahan sudah sangat sederhana. Penting, logo akan membuat tampilan lebih mudah diingat.
  • Berikan opsi promosi untuk calon pelanggan. Dengan begitu, calon pelanggan hanya akan mendapatkan info yang paling relevan dan pantas.
  • Opsi “laki-laki” dan “perempuan” yang dipakai Uniqlo juga bisa diadaptasi

MailChimp

halaman arahan adalah contoh mailchimpcontoh landing page

Mailchimp merupakan platform pemasaran digital. Melalui Mailchimp, Anda dapat membuat berbagai elemen pemasaran online. Misalnya, konten sosial media sosial, halaman arahan, email, kartu pos, dan sebagainya.

Namun, Mailchimp mengambil platform untuk membuat konten pemasaran digital. Di sini, Anda dapat melihat apakah konten yang dibuat direspons dengan baik dengan analytics. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan strategi pemasaran secara efektif dan optimal.

Mailchimp merupakan platform “desain”. Dan kesan yang tidak bisa dilepaskan dari halaman arahan-nya.

Halaman arahan Mailchimp terdiri dari latar belakang warna kuning yang khas, judul dengan font besar, sedikit judul, serta visual yang apik dan mudah dipahami. Estetis sekali, bukan?

Tips membuat halaman arahan ala Mailchimp:

  • Gunakan kombinasi warna yang masih sesuai dengan nuansa logo. Hal ini dapat menampilkan kesan simpel dan khas tanpa harus menambahkan logo.
  • Headline dengan font ukuran besar dapat membebaskan perhatian pengguna dengan cepat. Selain jika tajuk utama yang ditawarkan dalam bentuk kalimat tanya.
  • Beri kalimat keterangan tambahan di sub-judul. Ini diperlukan agar calon pelanggan teryakinkan atau tahu benar apa yang ditawarkan bisnis Anda.
  • Visual yang unik membantu pengunjung untuk mendapatkan halaman dari halaman arahan.

Cara Membuat Landing Page

Bagaimana cara membuatnya, bagi pengguna wordpress akan sangat mudah untuk membuat landing page, karena dibantu plugin khusus membuat landing page.

Plugin-plugin landing page yang populer seperti plugin elementor, bizi, Beaver Builder dan masih banyak lagi yang bisa anda temukan di galery wordpress.

Plugin-plugin pembuat landing page ada yang gratis juga ada versi berbayara, elementor kita bisa install langsung dari wordpress untuk versi free, dan untuk elementor pro bisa anda miliki dengan cara membelinya.(buya sorta/niagahoster)

Jual Elementor Pro linsesi untuk 5 Web hub WA: 081330199100

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.