Cara Transfer file dari Android ke Macbook

Diposting pada

Cara Mentransfer File Android ke Macbook Pro 13 – Ponsel Android Anda tidak terbaca saat terhubung ke macbook melalui USB? Jika Ya, maka perlu Anda ketahui bahwa laptop atau iMac berbasis macOS berbeda dengan Windows.

Perangkat Apple tidak bisa sembarangan menerima perangkat input atau output, jadi kita harus menggunakan beberapa cara untuk menghubungkan android ke macbook untuk mentransfer file, mencadangkan, atau mentransfer data penting seperti foto, video, atau file.

Untuk menghubungkan android dengan macbook, diperlukan beberapa hardware dan software pendukung, seperti Aplikasi atau Driver, USB Original dan Enable USB Debugging Mode pada perangkat Android. Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan, simak artikel berikut:

Cara Mentransfer File Android ke Macbook

Agar Anda dapat menyalin file tempel dari android ke macbook dan sebaliknya, Anda harus menghubungkan android ke macbook. Ada beberapa cara yaitu nirkabel, kabel atau melalui flash drive.

Cara Transfer file dari Android ke Macbook
Cara Transfer file dari Android ke Macbook

1. Instal Transfer File Android

Cara Mentransfer File atau Data dari Android ke Mac. Agar perangkat Android dapat terbaca di macbook dan laptop imac, Anda perlu menginstal aplikasi resmi besutan google yaitu Android File Transfer.

Aplikasi ini berfungsi sebagai jembatan yang mendukung debugging driver usb android serta aplikasi pengelola file bawaan untuk membaca data di perangkat android.

  1. Pertama, Unduh Transfer File Android.
  2. Kemudian klik dua kali AndroidFileTransfer.dmg
  3. Seret Logo Transfer File Android ke folder Aplikasi
  4. Kemudian aplikasi akan terinstal dan muncul di laci aplikasi macbook atau iMac

Selanjutnya aktifkan USB Debugging, caranya

Aktifkan ponsel Android Anda
Buka Pengaturan> Tentang Ponsel> Informasi Perangkat Lunak
Kemudian cari info “Build Number”

Kemudian tekan beberapa kali hingga muncul keterangan “Developer mode has been enabled”.

Kemudian temukan menu Pengaturan> Opsi Pengembang
Kemudian centang USB Debungging dan klik OK
Cara Mentransfer File atau Data dari Android ke Mac 1
Setelah Android File Transfer Terinstal dan USB Debugging Diaktifkan, Anda tinggal membuka aplikasi AFT dan kemudian data Anda akan terbaca secara otomatis. Untuk menyalin dan menempel, cukup seret folder / file ke macbook atau desktop iMac Anda.

Baca Lainya:   UPDATE:10 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi gratis dan berbayar yang dapat menghubungkan android dengan perangkat mac, antara lain: airdroid, Airmore, shareid

Pertama, unduh salah satu aplikasi di atas. Pilih yang sesuai dengan selera Anda.
Kemudian instal aplikasi di macbook

Ada beberapa aplikasi yang harus kita install yaitu aplikasi client di android kita
Kemudian sambungkan melalui wifi atau usb dengan mengikuti panduan yang muncul
Setelah terhubung, kita dapat mentransfer data antara android dan macbook yang kita miliki

3. Transfer File dari Android ke Macbook dengan OTG Flash

Cara termudah dan tercepat adalah dengan menggunakan flashdisk. Kita cukup menghubungkan Flashdisk ke Android menggunakan OTG converter. Kemudian salin file yang ingin Anda pindahkan. Setelah itu colok ke macbook dan paste file yang diinginkan.

Cara ini sangat sederhana, kita tidak perlu menginstal software atau aplikasi. Tapi kita butuh modal untuk membeli flashdisk. Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat…

Syarat Copy Paste file dari Android ke Macbook menggunakan Flashdisk
Ponsel Android Anda harus mendukung fitur OTG (USB On The Go), jika tidak, flash drive tidak akan terbaca.

Format flash drive harus FAT32 atau Exfat. Macbook tidak akan dapat membaca format NTFS. Jika menggunakan NTFS, kita tidak bisa copy paste kecuali menggunakan software NTFS Reader.

Flashdisk yang digunakan harus asli agar tidak merusak perangkat.

Baca Juga: Cara Convert Video MP4

Kesimpulan : Cara Mentransfer File Android ke Macbook

Itulah cara menghubungkan android ke perangkat apple yang menggunakan sistem operasi OS X atau MacOS. Jika Anda menggunakan perangkat iPhone, Anda dapat dengan mudah menghubungkan dan melakukan proses pencadangan. Cukup gunakan fitur Airdrop atau iTunes.

Sekian tutorial kali ini, semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan bisa tinggalkan komentar Gratis Kok.