Kini Saatnya Konvensional Mulai ke Usaha digital

0
44
pedagang online

Ekonomi digital di Indonesia, sekarang ini tengah booming. Diantaranya didorong dengan semakin banyaknya startup dan e-commerce yang berkembang cepat dalam negeri.

Usaha konvensional juga mulai banyak yang berubah ke usaha digital. Tetapi menurut Yasa Singgih, pendiri Men’s Republic, ada banyak perihal yang perlu dilihat bila ingin beralih ke usaha digital.

“Jadi e-commerce memang tough business. Jadi menurut aku lihat dahulu pesaingnya siapapun,” kata Yasa waktu isi Thinkubator Startup Competition di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, di muat laman detik Kamis (28/3/2019).

pedagang online

“Kita dapat tidak compete sama ia usaha modelnya? Jika dapat ya stay saja sama business mode yang ada,” sambungnya.

Yasa juga ambil contoh dari pengalaman sendiri waktu membangun perusahaannya. Saat akan memutuskan ingin berjualan sepatu dengan online pada tahun 2014, dia lihat dahulu bagaimana pasar sepatu lokal yang berjualan online.

Waktu itu dia bingung apa meneruskan bisnisnya dengan cuma jual brand-nya sendiri atau buka marketplace serta jual merek lainnya. Tetapi Yasa sadar bila buka marketplace jadi dia akan berkompetisi dengan e-commerce besar seperti Zalora. Sedang merek sepatu lokal yang telah online waktu itu masih tetap sedikit.

“Saat itu aku lihat ialah pemain lokal merek sepatu di Indonesia itu sedikit. Serta aku perasaan ini satu kesempatan,” kata Yasa.

“Jika aku jual merek lainnya masuk ke merek aku pula, pada akhirnya aku akan compete sama Zalora. Serta aku gak mungkin menang compete sama Zalora,” ujarnya.