10 + Editor HTML Populer, Bisa Buat Coding Pemula Dan Profesional

0
22
cewek jago coding
cewek jago coding

Jika kamu menguasai coding  HTML, membangun situs web tidak terlalu sulit. Namun, kemampuannya coding tidak cukup. Anda harus menggunakan alat yang tepat untuk mempermudah pekerjaan Anda. Alat Itu adalah editor HTML.

Saat ini, ada banyak pilihan editor HTML dengan fitur superior mereka sendiri. Lalu, editor HTML mana yang terbaik untuk Anda? Pada artikel ini, kami telah merangkum 19 editor HTML terbaik yang harus Anda coba.

editor html populer
editor html populer

Apa itu Editor HTML?

Editor HTML adalah program komputer (alat) yang digunakan untuk membuat dan mengedit kode HTML. HTML itu sendiri adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language.

HTML digunakan untuk membuat halaman web beserta semua informasi di dalamnya. Pengetahuan HTML diperlukan untuk dapat mengkompilasi halaman web dengan benar termasuk judul, paragraf, tautan, dan lainnya.

Peran editor HTML adalah untuk membuat pekerjaan programmer lebih mudah dan lebih cepat.

Alasannya, editor HTML memiliki berbagai fitur otomatis seperti tag pembuka dan penutup. Selain itu, ada fitur Sorotan sintaksis yang menunjukkan kode apa yang sedang ditulis. Dalam perkembangannya, fitur yang disajikan oleh editor HTML bisa sangat berlimpah.

Inilah yang membedakan editor HTML dari editor teks biasa seperti Notes. Seperti yang Anda ketahui, Anda dapat mengetik kode HTML di Notepad. Tetapi fungsi yang ditawarkan oleh editor HTML jauh lebih lengkap.

Jenis Editor HTML

Secara umum, ada dua jenis editor HTML, itu adalah tekstual, dan WYSIWYG (Apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan).

Seperti namanya, editor teks berbasis teks HTML. Jenis editor ini cocok untuk programmer yang sudah mahir. Keuntungan editor teks adalah kemudahan yang dimiliki programmer untuk memiliki kontrol penuh atas kode HTML yang sedang dikerjakannya.

Namun, editor ini tentu saja tidak memiliki fitur untuk ditampilkan pratinjau (tampilan sebenarnya) dari situs web yang sedang dikerjakan.

Sebaliknya, editor WYSIWYG memungkinkan programmer untuk “mengintip” hasil pengkodean pratinjau langsung.

Editor jenis ini sudah memiliki antarmuka yang tentunya memudahkannya pengembang web seorang pemula. Tak kalah penting, kehadiran fitur seret dan lepas di beberapa editor, ini memungkinkan pekerjaan dilakukan lebih cepat.

Di sisi lain, editor HTML juga dibagi menjadi on line dan offline. Tidak ada perbedaan fungsi.

Hanya saja, editor online memungkinkan Anda melakukan pengodean melalui peramban secara langsung seperti saat menggunakan Editor HTML Froala Online dan sejenisnya. Sedangkan editor offline mengharuskan Anda melakukan instalasi terlebih dahulu.

Lalu, mana editor HTML terbaik?

19 dari Editor HTML Terbaik yang Layak Anda Coba

Berikut ini beberapa editor HTML yang telah kami rangkum. Sebagian besar multiplatform atau dapat digunakan pada berbagai sistem operasi.

Kami meringkasnya berdasarkan pengguna, fitur dan penampilan superior (antarmuka pengguna).

1 Notepad ++

Notepad ++ dibuat untuk sistem operasi Windows. Dapat dikatakan kehadiran Notepad ++ ini untuk melengkapi kekurangan dari editor teks Windows default, Notes.

Anda dapat mengunduh dan menggunakan editor ini secara gratis.

Notepad ++ memiliki tampilan yang sederhana dan cukup ringan. Namun, Notepad ++ masih memiliki fitur utama yang diperlukan untuk mengedit HTML Sorotan sintaksis dan juga autocomplete.

Jika Anda ingin mengedit banyak dokumen di beberapa tab berbeda, Anda dapat memanfaatkan fitur ini multi-dokumen Notepad ++.

OS: Windows
Harga: Gratis.

2 Atom

Itu tidak lengkap jika Anda tidak memasukkan Atom sebagai editor HTML terbaik. Padahal, Atom bukan hanya alam open source dan gratis, tetapi juga mendukung semua sistem operasi (multiplatform). Semakin banyak pengguna Atom.

Apa yang membuat Atom istimewa? Teletip salah satu diantara mereka. Fitur ini memungkinkan beberapa pengembang web untuk berkontribusi pada kode tertentu secara bersamaan. Selain itu, Atom dikembangkan oleh orang-orang di belakang GitHub. Jadi, kompatibilitasnya dengan GitHub tidak diragukan.

Atom dibuat untuk melengkapi fungsi-fungsi yang tidak dimiliki editor HTML sebelumnya. Artinya, semua fitur sudah lengkap dan Anda tinggal memutuskan yang mana paket yang ingin Anda instal.

OS: Windows, Linux, dan MacOS.
Harga: Gratis.

3 Brackets

Kurung adalah editor HTML yang kuat, tetapi masih ringan. Sistem operasi apa pun yang Anda gunakan, kurung dapat menjadi editor HTML andalan Anda. Plus, Kurung tidak mengharuskan Anda membayar sepeser pun.

Kurung mungkin terlihat sangat sederhana. Namun, berbagai fitur yang dimilikinya menjadikannya favorit pengembang web. Tidak semua fitur diinstal secara default. Anda dapat menambahkan fitur tambahan (perpanjangan) jika kamu memerlukannya.

Salah satu fitur unggulan editor ini adalah editor sebaris. Dengan fitur ini Anda dapat langsung mengedit CSS dari tag HTML yang Anda klik dengan pintasan Control + E. Selain itu, tanda kurung memiliki pratinjau langsung yang dapat Anda gunakan untuk melihat setiap perubahan kode yang Anda buat.

OS: Windows, Linux, dan MacOS.
Harga: Gratis.

4 Sublimetext

Anda mungkin tidak percaya bahwa Teks Sublime adalah editor HTML yang ringan. Padahal fitur-fiturnya sangat lengkap.

Tersedia untuk semua sistem operasi, Anda dapat mengunduh editor ini secara gratis. Tapi, Anda harus membeli lisensi untuk terus menggunakannya. Untuk pribadi, harga yang ditawarkan adalah $ 80.

Terlalu mahal? Tidak juga jika Anda tahu fitur yang ditawarkan. Apa pun? Yang paling terkenal adalah pilihan ganda. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat banyak perubahan dalam satu pengeditan.

Selain itu, Sublime Text juga memiliki berbagai fitur otomatis seperti penyimpanan otomatis dan pelengkapan otomatis. Kemudian, Anda juga dapat menggunakan fitur ini palet perintah, pengeditan terpisah, dan lengkapi opsi penyesuaian.

OS: Windows, Linux, dan MacOS.
Harga: $ 80 untuk pengguna pribadi.

5 Lighttable

Light Table adalah editor HTML yang dibuat untuk semua sistem operasi. Seperti namanya, Light Table adalah editor ringan dengan penampilan rapi.

Anda dapat mengunduh dan menggunakan Light Table secara gratis dan mendapatkan berbagai fitur luar biasa. salah satunya adalah jam tangan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengamati setiap perubahan dari nilai Kode HTML yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda akan menemukan fitur Perintah Pallete yang memudahkan Anda untuk mengeksekusi perintah dan pencari fuzzy yang memungkinkan Anda untuk mencari dengan cepat.

Tidak hanya itu, Light Table juga tidak akan mengganggu Anda dengan memperbarui program secara manual. Sebab, program ini dilengkapi dengan fitur memutakhirkan secara otomatis.

OS: Windows, Linux, dan MacOS.
Harga: Gratis.

6 Bluefish

Satu lagi editor HTML multiplatform dengan fitur lengkap, yaitu Bluefish.

Sebenarnya, Bluefish ditujukan untuk programmer atau pengembang web yang sudah mahir. Namun, pemula juga dapat mencoba kemampuan editor sederhana ini.

Selain fitur umum seperti pelengkapan otomatis dan autotag, Bluefish juga menawarkan fitur cari dan ganti dan pengeditan layar penuh mereka. Jika Anda khawatir kehilangan pekerjaan, editor ini melengkapi diri Anda dengan itu penyimpanan otomatis dan opsi pemulihan otomatis.

OS: Windows, Linux, dan MacOS.
Harga: Gratis.

7 Studio Aptana

Jangan salah, Aptana Studio bukan editor HTML biasa. Aptana Studio dapat digunakan untuk coding bahasa pemrograman lain seperti JavaScript, Rubiuntuk Python.

Aptana Studio adalah multiplatform. Editor ini memiliki segudang fitur yang dapat Anda andalkan untuk membangun situs web dengan mudah. Anda juga tidak perlu membayar untuk menggunakan Aptana Studio, alias gratis.

Beberapa fitur unggulan Aptana Studio meliputi CodeAssist yang menunjukkan tingkat dukungan browser populer. Selain itu, Anda juga akan dimanjakan Integrasi git dan penyesuaian lainnya yang membuat pekerjaan Anda lebih mudah.

OS: Windows, Linux, dan MacOS.
Harga: Gratis.

8 Cofeecup

Jika Anda ingin membangun situs web yang indah, CoffeeCup dapat menjadi teman Anda di udaracoding ria.

Editor HTML ini dapat digunakan untuk Windows atau MacOS. Anda dapat menggunakan versi gratis CoffeeCup dengan fitur terbatas. Untuk mendapatkan fitur premium, Anda harus membeli versi lengkap untuk $ 29.

CoffeeCup memiliki beberapa fitur penting seperti perpustakaan tag, Validasi HTML yang penting untuk membuat situs web SEO friendly, hingga Pratinjau layar terpisah untuk memudahkan melihat hasil pengkodean dilakukan.

OS: Windows dan macOS.
Harga: $ 29 untuk versi berfitur lengkap.

9 BBEdit

Barebones Edit (BBEdit) adalah editor HTML yang cukup populer di kalangan pengguna sistem operasi macOS.

Anda dapat mengunduh BBEdit secara gratis dan menikmati semua fitur-fiturnya selama 30 hari. Setelah itu, Anda harus membeli lisensi pribadi $ 49,99.

Dengan harga ini, Anda akan mendapatkan editor HTML dengan fitur pencarian teks, edit dan manipulasi yang luar biasa. Selain itu, Anda dapat menikmati fitur pewarnaan sintaks dan kode lipat yang memungkinkan Anda untuk menyembunyikan bagian dari file yang baru saja Anda edit.

Tidak hanya itu, fitur umum suka teks otomatis dan penyelesaian autocode juga termasuk.

OS: macOS.
Harga: Uji coba 30 hari gratis. $ 49,99 untuk pribadi.

#10 Macromates

Salah satu editor HTML terbaik yang dibuat untuk pengguna macOS, TextMate. Editor ini juga sering digunakan untuk bahasa pemrograman lain seperti Java dan Ruby.

TextMate dapat diunduh secara gratis. Namun, untuk menggunakannya Anda harus membeli lisensi pribadi $ 48,75.

Editor ini kaya akan fitur fungsional. Katakan saja Banyak Karet yang memungkinkan Anda untuk membuat beberapa perubahan sekaligus. Lalu, ada fitur Potongan yang membuatnya mudah bagi Anda untuk dengan cepat mendapatkan teks atau kode yang sering digunakan.

Tidak hanya itu, fitur Makro dimiliki oleh TextMate dapat membantu Anda bekerja lebih efisien. Jika ada langkah yang sering Anda ambil, Anda dapat menyimpannya (merekam), lalu gunakan kembali saat dibutuhkan dengan cepat.

OS: macOS.
Harga: Uji coba 30 hari gratis. $ 48,75 untuk lisensi pengguna tunggal.

#11 BlueGriffon

BlueGriffon adalah editor HTML yang didukung oleh Tokekmesin di belakang Mozilla Firefox. Tentu saja Anda sudah bisa membayangkan bagaimana kinerjanya, kan?

Editor HTML ini adalah multiplatform dan menyediakan versi gratis dengan fitur terbatas. Harga lisensi pribadi itu sendiri € 75.

Alasan banyak pengembang web menggunakan BlueGriffon adalah penampilannya yang intuitif, di samping fitur-fiturnya yang lengkap. Jangan lupa, editor ini adalah tipe WYSIWYG. Namun, dengan fitur-fiturnya Tampilan Ganda, Anda dapat berpindah dari tampilan visual ke kode HTML dengan mudah, cukup klik tombol tampilan ganda di bagian bawah halaman.

Beberapa fitur lain yang dimiliki oleh BlueGriffon adalah: Google Fonts, Font tupai pengelola font, mode layar penuh, penampil seluler, dan penitis mata yang membuatnya mudah untuk memilih warna yang Anda inginkan.

OS: Windows, Linux, dan MacOS.
Harga: Gratis atau € 75 untuk lisensi dasar dengan fitur tambahan.

#12 jEdit

Jika Anda memerlukan editor HTML terbaik yang tidak hanya gratis tetapi mendukung semua sistem operasi, jEdit patut dicoba.

Editor HTML ini memiliki fitur penyorotan sintaks yang mendukung 130 jenis file seperti dsssl terkait dengan stylesheet dan erlang untuk pencocokan pola (pencocokan pola). Selain itu, ada banyak fitur lain seperti pencocokan braket, lekukan otomatisuntuk kode lipat.

Singkatnya, semua yang Anda butuhkan untuk mengembangkan situs web dapat dipenuhi oleh editor ini. Namun, jika masih kurang, Anda dapat menambahkan plugin untuk fungsi tambahan. Mereka memiliki lebih dari 200 plugin ConfigurableFoldHandler, DragAndDrop, ClassBrowser, dan lain-lain.

OS: Windows, Linux, dan MacOS.
Harga: Gratis.

13 Icecoder

Satu kata yang paling menggambarkan editor HTML ini berbeda!

Ya, Icecoder adalah editor HTML berbasis browser yang dapat dijalankan secara online atau offline. Yaitu, Icecoder memberi Anda kemudahan pengkodean di mana saja selama ada koneksi internet!

Apakah itu satu-satunya keuntungan? Tentu tidak. Banyak fitur unggulan yang tertanam di editor ini seperti Banyak kursor. Dengan fitur ini, Anda dapat membuat banyak perubahan dalam satu pengeditan. Selain itu, pekerjaan Anda akan terlindungi dengan baik berkat kehadiran fitur Login Multi-Pengguna jadi hanya mereka yang memiliki hak yang dapat mengakses file Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengganti tampilan dengan 25 tema yang disediakan. Semua fitur di atas semakin melengkapi berbagai fitur umum seperti pelengkapan otomatis, tag pembungkus, Temukan dan ganti, dan banyak lagi.

OS: Windows, Linux, dan MacOS.
Harga: Gratis.

14 Diedit di Komodo

KomodoEdit adalah salah satu editor HTML terbaik yang pantas untuk daftar kami. Karena, selain diunduh secara gratis dan mendukung multi platformEditor HTML ini memiliki banyak fitur yang sangat berguna.

Berbagai fitur yang dapat Anda nikmati dari editor HTML gratis ini, antara lain Pelengkapan otomatis dan Calltips yang membuatnya mudah bagi Anda saat coding. Kemudian, Anda juga bisa memanfaatkannya Seleksi Berganda untuk mengedit HTML lebih cepat. Jika Anda ingin tahu perubahan apa yang telah dibuat, fitur Lacak Perubahan akan sangat bermanfaat.

Edit Komodo adalah bagian dari KomodoIDE yang menawarkan lebih banyak fitur untuk para profesional seperti itu pratinjau langsung, manajer clipboard, dan Berbagi sepi.

Namun, KomodoEdit sendiri sudah menjadi editor HTML kuat.

OS: Windows, Linux, dan MacOS.
Harga: Gratis.

15 Geany

Sebenarnya Geany bukan editor HTML biasa. Justru itu adalah IDE (Lingkungan Pengembangan Terpadu) yang mendukung lebih dari 50 bahasa pemrograman.

Geany banyak digunakan untuk mengembangkan situs web karena editor ini sederhana, ringan, dan intuitif / mudah dimengerti. Geany adalah editor multi platform yang dapat digunakan secara gratis.

Bagi Anda yang menguasai HTML tentu tahu yang lupa tag penutup bukan hal yang baik. Untungnya, Geany memiliki fitur tag penutup otomatis. Ditambah dengan fitur umum lainnya seperti penyorotan sintaksis dan penyelesaian otomatis, editor HTML ini layak untuk dicoba.

Jika Anda menginginkan fitur lain, ada banyak fitur unggulan yang dimiliki. Katakan saja, kode lipat, cuplikan, calltips, dan navigasi kode. Semuanya tersedia.

OS: Windows, Linux, dan MacOS.
Harga: Gratis.

16 Catatan Tab

Anda tentu tidak berpikir kami akan kehilangan NoteTab, bukan? Anda benar, Notetab adalah salah satu editor HTML terbaik dengan berbagai kelebihan.

NoteTab memiliki versi gratis (Ringan) dan berbayar (Std dan Pro). Editor HTML ini khusus untuk pengguna Windows. Jika Anda menggunakan Linux, Anda dapat menginstalnya melalui ANGGUR.

Apa yang menjadikan NoteTab pilihan Anda? NoteTab dapat membantu Anda bekerja lebih cepat dengan fitur-fitur seperti Klip (snippet), Konversi HTML ke Teks atau Konversi Teks ke HTML, dan autocomplete.

Selain itu, NoteTab juga memungkinkan Anda untuk melakukannya seret dan lepas sehingga membuat pekerjaan Anda lebih cepat.

Satu hal lagi, jika Anda menginginkan editor HTML dengan highlight sintaks yang sederhana, tidak berwarna seperti editor HTML lainnya, NoteTab dapat menjadi pilihan Anda.

OS: Windows
Harga: Gratis (Ringan), dan $ 39,95 (Std dan Pro).

17 Ultraedit

UltraEdit adalah salah satu editor HTML terbaik yang cukup kuat dengan berbagai fitur yang dimilikinya.

Sayangnya, Anda tidak dapat menggunakan UltraEdit secara gratis. Setelah masa percobaan (percobaan) 30 hari, Anda harus membeli lisensi untuk terus menggunakan editor HTML multiplatform ini.

Satu hal yang membuat UltraEdit layak dipilih adalah kemampuannya untuk memuat file tanpa khawatir tentang kerusakan. Selain itu, editor HTML ini juga dilengkapi dengan berbagai tema yang dapat mengurangi kebosanan dalam pengkodean. Tidak hanya itu, UltraEdit juga mendukung FTP / SFTP.

Dari segi fitur, UltraEdit memiliki fitur templat cerdas yang mendukung penyelesaian kode, dan teks yang diperluas secara otomatis yang mudah disesuaikan. Editor HTML ini juga memiliki fitur deteksi HTML otomatis, kode lipat, dan lekukan. Lengkap kan?

Tidak hanya itu, UltraEdit sudah mendukung Pratinjau HTML langsung, seret dan lepas, HTML Tidy, dan Kiat warna CSS.

OS: Windows, Linux, dan MacOS.
Harga: Gratis Uji coba 30 hari. $ 79,95 biaya berlangganan per tahun.

18 Visual Studio

Visual Studio Code dikembangkan oleh Microsoft. Namun, editor kode ini dapat digunakan oleh semua platform, tidak hanya Windows. Plus, Anda dapat menggunakannya secara gratis.

Visual Studio Code memiliki semua fitur yang diperlukan untuk mengedit kode HTML dengan benar. Katakan saja Intellisense. Fitur ini berfungsi sebagai saran kode berdasarkan konteks saat coding. Selain itu, Anda juga ditawari fitur tag penutup otomatis untuk menghasilkan kode HTML yang baik.

Editor HTML ini juga memiliki Pemilih warna yang berguna untuk mengelola gaya dan HTML mouse melayang yang memberi Anda informasi ketika Anda mengarahkan kursor ke kode tertentu.

Jika semua fitur di atas kurang, Anda masih dapat menambahkan fungsi lain dengan memasang ekstensi yang dapat Anda pilih Pasar mereka.

OS: Windows, Linux, dan MacOS.
Harga: Gratis.

19 Adobe Dreamweaver

Pertama kali dikembangkan oleh Macromedia, Adobe Dreamweaver telah menjadi program yang hebat untuk membangun situs web. Ya, seperti Aptana Studio, Adobe Dreamweaver bukanlah editor HTML biasa!

Biasanya seorang desainer web akan membuat desain halaman situs web, maka langkah pengkodean dilakukan dengan Adobe Dreamweaver. Karena itu, editor HTML ini memiliki semua fitur lengkap untuk mengedit HTML.

Fitur pertama adalah Tampilan Ganda. Anda dapat dengan mudah beralih dari tampilan kode (tekstual) ke tampilan desain (WYSIWYG). Lalu ada saran kode dan kode highlightinMustahil tidak termasuk dalam editor ini. Ingin mengerjakan banyak file sekaligus? Fitur Banyak Tab terhubung antar file akan memudahkan dan mempercepat pekerjaan Anda.

Jika Anda ingin memiliki editor HTML dengan fungsi lengkap untuk mengembangkan situs web, editor HTML ini layak dipilih. Namun, jika tampilan sederhana lebih Anda butuhkan, editor lain lebih tepat, tentu saja.

OS: Windows, Linux, dan MacOS.
Harga: Gratis.

Mengapa Perlu Editor HTML?

Setelah Anda tahu contoh editor HTML di atas, Anda tentu sudah bisa menebak mengapa menggunakan editor HTML sangat berguna, bukan?

1. Lebih Mudah untuk Belajar Praktek

Bagi Anda yang baru belajar HTML, tentu tidak semua kode HTML Anda dikuasai dengan benar. Nah, jika Anda hanya menggunakan editor teks biasa, Anda akan terkendala jika Anda lupa kode yang Anda butuhkan.

Dengan menggunakan editor HTML Anda akan terbantu dengan fitur ini pelengkapan otomatis atau otosugesti yang sudah dimiliki oleh hampir semua editor HTML. Jadi, proses pembelajaran HTML Anda bisa lebih efektif karena ini ditambah dengan dengan latihan langsung.

2. Lebih Cepat dalam Menyelesaikan Pekerjaan

Ketika melakukan coding Anda pasti akan membuat beberapa kesalahan. Namun, jika Anda dapat mengetahui kesalahan dengan cepat, Anda dapat segera memperbaikinya. Dengan kondisi ini, pekerjaan Anda dapat diselesaikan dengan cepat.

Editor HTML membantu Anda penyorotan sintaksis untuk menunjukkan kode yang sedang Anda kerjakan. Ini dapat mencegah Anda dari kesalahan ketik. Kemudian, Anda juga bisa melihat hasilnya coding saat Anda melakukannya melalui fitur pratinjau langsung.

3. Banyak Versi Gratis Yang Dapat Digunakan

Editor HTML memiliki beragam fitur dibandingkan dengan editor teks biasa. Namun, bukan berarti Anda harus membayar untuk menggunakannya.

Dari daftar yang kami berikan di atas, ada banyak editor HTML yang dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis.

Editor HTML mana yang menjadi pilihan Anda?

Kami telah menyediakan daftar editor HTML terbaik yang dapat Anda gunakan. Tentu saja Anda tidak lagi bingung dalam membuat pilihan.

Kami menyarankan Anda memilih editor HTML sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keahlian pengkodean Anda.

Jika Anda seorang pemula, Anda dapat memilih editor HTML WYSIWYG atau yang memiliki fitur tampilan ganda. Alasannya adalah agar Anda dapat belajar dan berlatih pada saat yang sama. Selain itu, Anda dapat menggunakan editor HTML gratis karena tentu saja cukup untuk kebutuhan pengkodean Anda.

Sebaliknya, jika Anda sudah mahir, menggunakan editor HTML tekstual tentu lebih tepat. Karena kamu bisamengelola pengkodean Anda lebih bebas.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat, dan senang coding!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.