Cara Mengurangi Penggunaan Ruang Disk di cPanel dengan Mudah

banner 468x60

Website Anda tiba-tiba lambat atau sulit diakses? Bisa jadi karena ruang disk atau penyimpanan hosting Anda penuh. Jika dibiarkan, bisa berdampak pada kenyamanan pengunjung website lho.

Nah, agar website Anda tidak kehilangan banyak pengunjung setia, Anda perlu mengetahui cara mengurangi penggunaan disk space di cPanel.

Nah, bagaimana langkah-langkah mengatasi penggunaan full disk space di cPanel hosting? Mari kita simak bersama dalam artikel ini!

Bagaimana cara memeriksa penggunaan ruang disk di cPanel?

Cara memeriksa penggunaan ruang disk Anda di cPanel sangat mudah. Anda cukup masuk ke cPanel dan perhatikan baris statistik hosting di sebelah kanan halaman utama.

Perhatikan baris statistik hosting di sebelah kanan halaman utama

Di kolom Penggunaan Disk, Anda dapat melihat jumlah kapasitas penyimpanan yang telah Anda gunakan dan total kapasitas. Misalnya pada contoh di atas, total kapasitas hosting adalah 500MB dan sudah terpakai 334,66MB.

Warna kolom Disk Usage bervariasi tergantung berapa persen kapasitas penyimpanan yang terisi.

  • Hijau menandakan kapasitas masih melimpah
  • Oranye menunjukkan mendekati kapasitas penuh
  • Merah menunjukkan kapasitas penuh.

Jika kolom Disk Usage sudah berwarna orange, sebaiknya segera kurangi data yang tersimpan di hosting Anda. Tujuannya agar hosting Anda tetap berkinerja optimal. Jadi, bagaimana cara mengurangi penggunaan ruang disk di cPanel?

3 Cara Mengurangi Penggunaan Ruang Disk di cPanel

Ada tiga cara menangani full web hosting di cPanel, yaitu:

  1. Hapus log kesalahan
  2. Kosongkan folder Sampah
  3. Tingkatkan paket hosting Anda

Yuk, simak selengkapnya!

1. Hapus Log Kesalahan

Cara pertama untuk mengatasi penggunaan ruang disk di hosting cPanel adalah dengan menghapus log kesalahan. Ini adalah file yang dibuat secara otomatis ketika hosting mengalami kesalahan. Tujuannya agar Anda mengetahui penyebab error tersebut dan bisa mengatasinya.

Ukuran sebenarnya dari file log kesalahan kecil. Namun, jika Anda tidak menghapusnya, ukurannya bisa bertambah setiap kali ada kesalahan baru yang direkam dalam file.

Nah, untuk menghapus error log ini kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pada halaman utama cPanel, klik menu Manajer File.

Manajer File

2. Buka foldernya public_html dan cari Catatan eror.

Buka foldernya public_html dan cari Catatan eror

3. Klik kanan pada file dan klik Menghapus.

Klik kanan pada file dan klik Menghapus.

Pada pop-up yang muncul, klik Mengonfirmasi.

2. Kosongkan Folder Sampah

Mengosongkan folder sampah adalah cara untuk mengurangi penggunaan ruang disk di cPanel lebih lanjut.

Setiap kali Anda menghapus file dan folder di Manajer File, pop-up konfirmasi akan muncul. Nah, jika Anda tidak mengklik kotak centang Lewati sampah dan hapus file secara permanenfile dan folder yang dihapus akan masuk ke folder sampah dan tetap di sana sampai Anda menghapusnya.

Contoh Gambar Kosongkan Folder

Nah, untuk mengosongkan folder sampah, lakukan langkah-langkah berikut:

1. Buka File Manager cPanel dan klik tombol Pengaturan di pojok kanan atas.

2. Klik kotak centang Tampilkan File Tersembunyi dan klik tombol Menyimpan. Pengaturan ini akan menampilkan folder .sampah di Manajer File.

3. Buka foldernya Rumah Anda dan klik .sampah.

4. Hapus file dan folder di folder .trash yang tidak lagi Anda perlukan.

Untuk mencegah isi folder .trash menumpuk, kamu bisa klik checkbox Lewati sampah dan hapus file secara permanen setiap kali menghapus file dan folder.

3. Tingkatkan ke Paket Hosting yang Lebih Besar

Dua cara yang sudah dibahas seharusnya sudah cukup sebagai cara untuk mengatasi hosting penuh.

Namun, jika kapasitas penyimpanannya masih rendah, berarti Anda memerlukan paket hosting dengan kapasitas yang lebih besar. Bagaimana cara melakukannya?

PertamaAnda dapat memilih paket hosting yang lebih besar dari penyedia hosting Anda. KeduaAnda dapat mentransfer hosting dari penyedia hosting lain.

Sudah Tahu Cara Mengurangi Penggunaan Disk Space di cPanel, kan?

Dalam artikel ini, Anda telah mempelajari beberapa cara untuk menangani hosting penuh. Dengan begitu, penyimpanan hosting Anda akan lebih lapang, sehingga performa website Anda akan tetap optimal.

Jika menghapus log kesalahan dan mengosongkan folder sampah tidak menyelesaikan masalah, tingkatkan ke paket hosting web yang lebih tinggi.

Nah, Niagahoster menawarkan beberapa paket hosting dengan berbagai kapasitas sesuai kebutuhan Anda, baik dalam layanan Shared Hosting maupun Cloud Hosting. Hosting Bersama cocok untuk website kecil seperti blog dan website pribadi, sedangkan Hosting Awan cocok untuk profil perusahaan dan toko online.

Mau pindah hosting ke Niagahoster? Cukup isi formulir transfer hosting, lakukan pembayaran, dan tim Niagahoster akan membantu prosesnya.

Sumber: Niagahoster

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60