6 Tips Sukses Mendirikan Social Enterprise

22

Tips Sukses Mendirikan Social Enterprise, Setelah membahas definisi dan perbedaan dengan bisnis konvensional, kurang lengkap jika saya tidak membahas kiat membangun usaha sosial teman-teman.

Jika Anda ingin membuka bisnis, tetapi dengan ide bisnis anti-arus utama, mungkin model bisnis ini bisa menjadi jawabannya. Terutama bagi Anda kaum milenial yang terkenal karena kreatif dan inovatif.

Alasannya, tidak hanya mencari untung, perusahaan sosial selalu memperhatikan faktor sosial dalam ide bisnis yang dijalankan.

Social Enterprise
Social Enterprise

6 Tips Sukses Mendirikan Social Enterprise

Sebagian besar hasil yang diperoleh juga akan dialokasikan untuk kegiatan seperti amal, pelatihan kerja atau layanan kesehatan masyarakat.

Jadi, selain bisa menghidupi diri sendiri, Anda akan mendapatkan hadiah bonus yang berlimpah karena membantu kehidupan banyak orang.

Jika Anda bertekad untuk mencoba, Anda harus memperhatikan lima tips untuk mendirikan perusahaan sosial, seperti dikutip dari businessnewsdaily:

1. Mengetahui masalah sosial yang terjadi di lingkungan, Mengetahui masalah sosial yang terjadi di lingkungan adalah salah satu tips untuk mendirikan Perusahaan Sosial

Dalam mendirikan usaha sosial, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah adanya masalah sosial yang terjadi di masyarakat.

Dari sekian banyak masalah yang terjadi, Anda harus mencari orang yang ingin menjadi pengemudi bisnis.

Salah satu contoh, masalah pemberdayaan perempuan di Indonesia sangat minim. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberdayakan wanita untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai seperti membuat tas yang terbuat dari anyaman.

Baca Lainya:   Wow Ternyata Mudah ya? Cara Membuat Animasi Powerpoint Lucu

Bukan hanya masalah memberdayakan wanita, Anda juga dapat berkontribusi untuk mengurangi pengangguran di Indonesia.

2. Lakukan penelitian pasar, Melakukan riset pasar adalah salah satu kiat untuk mendirikan Perusahaan Sosial

Meskipun model bisnis berbeda dari bisnis konvensional, perusahaan sosial juga perlu melakukan riset pasar sebelum menjalankannya.

Baca juga, 7+ Peluang Usaha Bisnis Online Modal Kecil, yang Ke 8 Bikin Kaya

Ini berguna untuk mencegah terjadinya kerugian besar di masa depan karena perencanaan yang kurang berkembang. Nama bisnis laba masih menjadi prioritas utama untuk menutupi biaya operasional dan kegiatan sosial.

3. Belajar membantu orang lain, Belajar membantu orang lain memberi tip tentang cara mendirikan Perusahaan Sosial

Salah satu tujuan untuk mendirikan perusahaan sosial adalah membantu lingkungan sekitar, jadi Anda harus terbiasa membantu orang lain.

Banyak orang terkadang memberikan bantuan hanya dengan mentransfer uang ke lembaga atau lembaga tertentu. Alasannya, mereka tidak tahu bagaimana cara membantu secara langsung.

Di perusahaan sosial, Anda harus bisa langsung ke lapangan untuk lebih dekat dengan orang-orang yang dibantu. Dengan begitu, dampak yang diberikan akan jauh lebih terasa untuk Anda dan orang lain.

4. Dengarkan saran dan kritik, Dengarkan saran dan kritik salah satu kiat mendirikan Social Enterprise

Ketika Anda menjalankan perusahaan sosial, mendengarkan saran dan kritik dari berbagai pihak adalah hal yang harus diperhatikan.

Tujuannya untuk meningkatkan kualitas bisnis yang tentunya memiliki kekurangan di beberapa sektor. Jika Anda secara teratur mengevaluasinya, Anda dapat yakin bisnis Anda akan tumbuh lebih jauh di masa depan.

Banyak kasus di mana pemilik bisnis tidak ingin mendengar keluhan dari pelanggannya dan harus mengakhiri bisnis secara tragis. Jangan biarkan hal-hal seperti itu terjadi pada Anda ya!

5. Prioritaskan kepentingan orang lain, bukan bisnis, Memprioritaskan kepentingan orang lain, bukan bisnis, salah satu kiat mendirikan Perusahaan Sosial

Hal penting terakhir yang Anda perhatikan dalam membangun perusahaan sosial adalah memprioritaskan kepentingan orang lain daripada manfaat bisnis itu sendiri.

Baca Lainya:   Ad Breaks, Cara Menghasilkan Uang di Facebook dengan Video

Ini adalah poin pembeda yang paling penting dari model bisnis perusahaan sosial dan perusahaan pada umumnya.

Tidak perlu takut karena Anda tidak punya modal untuk membiayai uang pemasaran yang cukup besar.

baca juga: 5 Quotes Steve Jobs ini Bikin Kita Termotivasi untuk Bisnis

Secara langsung atau tidak langsung kegiatan sosial yang diproklamirkan setiap periode tertentu akan menjadi alat pemasaran yang efektif untuk diperkenalkan merek yang dibuat.

6. Harus konsisten dan tetap optimis, Konsisten dan optimis tetap menjadi salah satu kiat lain untuk mendirikan Perusahaan Sosial

Awalnya sulit untuk menjalani perusahaan sosial karena pasar masih relatif kecil dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya. Selain itu, belajar tentang itu sedikit sulit karena sumber belajarnya masih kecil.

Namun, bukan berarti Anda akan gagal. Hanya saja, itu membutuhkan lebih banyak konsistensi dan optimisme. Itulah hal yang membedakan antara orang yang sukses dengan orang yang belum berhasil.

Itulah 6 tips untuk mendirikan perusahaan sosial yang harus Anda perhatikan. Meski bukan jaminan kesuksesan, memperhatikan hal di atas bisa membantu Anda menjalankannya lebih lancar. Semoga berhasil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.