Afiliasi Adalah?, Tugas, Manfaat, dan Arti Afiliasi

Diposting pada

Afiliasi Adalah? – Menjadi afiliasi adalah salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Bagaimana tidak? Selain mudah untuk memulai, Anda bisa mendapatkan hingga ratusan juta dari profesinya. Apalagi, Anda bisa melakukannya dari rumah.

Kedengarannya sangat menggoda, ya? Tapi, apa sebenarnya afiliasi itu? Seperti apa pekerjaan afiliasi?

Artikel ini tidak hanya akan membahas pengertian afiliasi, tetapi juga menjelaskan keuntungan menjadi afiliasi dan cara memulainya. Jadi, baca terus sampai habis, ya!

Apa itu Afiliasi?

Afiliasi adalah istilah untuk seseorang yang mengikuti program afiliasi. Affiliate sendiri merupakan program kerjasama suatu brand dengan orang lain yang nantinya akan memberikan reward berupa komisi.

Sebagai affiliate, tugas anda adalah mengajak orang untuk membeli produk milik brand yang program affiliasinya anda ikuti.

Besarnya komisi ditentukan oleh brand yang menyelenggarakan afiliasi, mulai dari beberapa persen hingga komisi 70% seperti program afiliasi Niagahoster.

Untuk membuat orang mau membeli suatu produk, Anda harus rajin mempromosikan produk tersebut melalui berbagai konten online, seperti postingan blog, media sosial, dan video di YouTube.

Misalnya, Anda menulis komentar di blog tentang keunggulan suatu produk dan mengajak pembaca untuk membelinya melalui link yang Anda sertakan.

Tautan tersebut berisi kode rujukan khusus yang Anda dapatkan setelah mendaftar untuk program afiliasi. Anda harus menggunakan tautan untuk dihitung sebagai penjualan yang berhasil dan mendapatkan komisi.

Nah, itulah arti dari affiliate yang perlu anda pahami.

Sepintas, pekerjaan seorang afiliasi mirip dengan apa yang dilakukan oleh seorang influencer. Keduanya memasarkan produk atau jasa milik suatu merek. Namun, keduanya sebenarnya adalah profesi yang berbeda.

Apa Perbedaan Antara Afiliasi dan Influencer?

Ada beberapa hal yang membedakan influencer dengan afiliasi.

Baca Lainya:   9+ Ide Bisnis Tanpa Modal di 2022

Pertamainfluencer dipilih oleh merek untuk mempromosikan produk mereka, sementara afiliasi mendaftar secara mandiri di program afiliasi.

Kedua, pendapatan influencer berasal dari pembayaran dengan jumlah yang disepakati dengan merek. Jika menjadi affiliate, penghasilannya berupa komisi dari setiap penjualan produk yang berhasil.

Ketiga, influencer dibayar sebelum membuat konten promosi yang disetujui oleh merek. Sementara itu, afiliasi mendapatkan komisi setelah mempromosikan dan berhasil menjual produk.

Keempat, tugas influencer selesai setelah membuat konten pemasaran untuk merek dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan ketentuan kerja sama. Sementara itu, afiliasi dapat terus menjual produk sesuai keinginannya selama tidak melanggar ketentuan program.

Dengan mengetahui perbedaannya, Anda tentu sudah bisa menebak apa saja keuntungan menjadi affiliate, bukan?

Baca Juga: Pengertian dan Tips Sukses Affiliate Marketing

Apa Manfaat Menjadi Afiliasi?

Pekerjaan afiliasi menawarkan beberapa keuntungan menarik, yaitu:

1. Miliki Penghasilan Pasif

Keuntungan utama menjadi affiliate adalah memiliki passive income yang cukup menggiurkan. Sebab, link affiliasi Anda akan terus mendatangkan uang selama tidak dihapus dari konten Anda.

Faktanya, afiliasi teratas dapat memperoleh ratusan juta dari tautan afiliasi saja. Jika tidak percaya, Anda bisa membaca kisah afiliasi Niagahoster yang pendapatan afiliasinya melebihi pendapatan utamanya.

Agar dapat terus memperoleh penghasilan dari program afiliasi, tentunya konten Anda harus dapat mempengaruhi audiens untuk membeli produk menggunakan link Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengikuti afiliasi yang produknya kompatibel dengan ceruk blog atau media sosial Anda.

Misalnya jika blog Anda membahas tentang teknologi, tentu review tentang produk perawatan kulit cenderung tidak menghasilkan komisi dari afiliasi yang diikuti.

Selain itu, pastikan konten Anda mudah ditemukan oleh audiens sehingga mereka tahu tentang promosi Anda. Misalnya, Anda perlu menerapkan SEO pada posting blog Anda agar berada di urutan teratas hasil pencarian Google untuk kata kunci tertentu.

2. Tidak membutuhkan modal yang besar

Memulai pekerjaan afiliasi itu mudah. Apalagi bagi Anda yang sudah memiliki blog dan media sosial serta kemampuan membuat konten promosi yang efektif.

Baca Lainya:   8 Website untuk Membuat Desain Logo Online Gratis

Selanjutnya, Anda tinggal bergabung dengan program afiliasi yang umumnya gratis. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk mulai memasarkan produk yang ditawarkan oleh brand penyedia program afiliasi.

Namun jika anda ingin dapat melakukan promosi yang lebih detail mengenai kualitas produk, anda dapat mencoba produk dari brand tersebut.

3. Bisa Bekerja Dimana Saja dan Kapan Saja

Jika Anda ingin bebas bekerja dari rumah, kafe, atau tempat lain, menjadi afiliasi adalah salah satu pilihan yang tepat. Yang Anda butuhkan hanyalah perangkat komputer untuk bekerja dan koneksi internet yang stabil.

Selain itu, Anda tidak perlu bekerja dari pagi hingga sore untuk melakukan tugas afiliasi. Dengan begitu, kamu bisa menjadikannya sebagai profesi sampingan setelah menyelesaikan pekerjaan utamamu.

4. Tidak Terbatas pada Satu Program Afiliasi

Ingin mendapatkan lebih banyak? Itu sah-sah saja jika mengikuti lebih dari satu program afiliasi, lho.

Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda memiliki cukup waktu dan tenaga untuk membuat beberapa konten sekaligus dan memantau efektivitas setiap promosi yang dilakukan.

Selain itu, pelajari syarat dan ketentuan dari operator program afiliasi. Karena, beberapa tidak mengizinkan Anda untuk menjadi afiliasi dari merek lain.

Baca juga: Apa itu Masking Domain : Apa artinya dan bagaimana melakukannya

Sudah Tahu Apa Itu Affiliater, Kan?

Pada artikel ini Anda sudah mengetahui arti dari affiliator. Jika Anda menjadi afiliasi, Anda akan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian produk dari suatu merek melalui tautan afiliasi di konten Anda.

Afiliasi adalah profesi yang menguntungkan dan mudah. Anda hanya perlu memiliki komputer, koneksi internet, dan kemampuan membuat konten pemasaran yang baik untuk menghasilkan jutaan rupiah.