Spesifikasi Hosting untuk Rekomendasi Jenis Moodle & Hosting

Diposting pada

Sebagai platform e-learning untuk dipasang di server hosting, Moodle sering menjadi pilihan karena gratis dan mudah digunakan. Nah, agar performanya oke, sebaiknya jangan memilih hosting untuk Moodle.

Jadi, apa hosting yang tepat untuk Moodle?

Jangan khawatir, Anda tidak berada di tempat yang salah! Kali ini kami akan mengulas tentang persyaratan spesifikasi hosting Moodle, serta memberikan rekomendasi jenis hosting yang cocok untuk platform e-learning ini.

Apakah Anda penasaran? Langsung saja, ini dia artikel lengkapnya!

Spesifikasi Hosting untuk Moodle

Spesifikasi Hosting untuk Rekomendasi Jenis Moodle & Hosting
Spesifikasi Hosting untuk Rekomendasi Jenis Moodle & Hosting

Moodle adalah platform e-learning berbasis web yang dapat diinstal pada server hosting. Bukan sembarang server, berikut spesifikasi hosting yang direkomendasikan untuk Moodle:

  • Prosesor – Minimal Inti Tunggal 1GHz. Direkomendasikan Inti Ganda 2GHz atau lebih.
  • Penyimpanan – Minimal RAM 512 MB. Direkomendasikan RAM 1 GB atau lebih.
  • Ruang Disk – 200MB untuk file penginstal Moodle. Direkomendasikan 5GB untuk Moodle itu sendiri dan konten pembelajaran.

Oh ya, kami juga menyarankan Anda memilih hosting yang memiliki opsi upgrade. Jadi, Anda selalu bisa menyesuaikan spesifikasi hosting dengan kebutuhan pengelolaan Moodle di masa mendatang.

Nah, itulah persyaratan spesifikasi hosting untuk Moodle. Selanjutnya simak dulu kelebihan dan kekurangan Moodle, yuk!

Baca juga: Cara Membuat E-learning Berbasis Web

Kelebihan Moodle

Keunggulan Moodle sebagai salah satu platform e-learning adalah sebagai berikut:

  • Gratis – Anda dapat menginstal dan menggunakan Moodle tanpa harus membayar untuk lisensi tertentu.
  • Mudah digunakan – Moodle menggunakan antarmuka berbasis drag & drop yang mudah dipelajari. Baik oleh siswa, guru, maupun administrator.
  • Fleksibel – Moodle mendukung berbagai skema pembelajaran. Baik skala kecil dengan materi dan audiens yang terbatas, hingga skala yang lebih luas.
  • Aman – Tim pengembang Moodle secara rutin memperbarui platform ini untuk memastikan keamanan pengguna dari risiko pencurian data pribadi.
  • Terintegrasi – Anda dapat mengubah Moodle dari platform e-learning menjadi portal pendidikan lengkap dengan opsi penambahan halaman wiki, forum diskusi, dan blog.
  • Dapat disesuaikan – Anda dapat mengotak-atik tampilan Moodle melalui berbagai opsi tema, serta menambahkan fitur baru dengan dukungan plugin.
  • Ramah Seluler – Moodle dapat diakses dari perangkat mobile dengan tampilan responsif. Jadi, memudahkan Anda untuk mengaksesnya di mana saja.
Baca Lainya:   Mari Pelajari Panduan Monetisasi Dasbor YouTube Di Sini!

Kekurangan Moodle

Meski memiliki banyak kelebihan, Moodle tetap memiliki kekurangan untuk Anda perhatikan, seperti:

  • Pemandangan Membosankan – Bagi sebagian orang, antarmuka Moodle terkesan kurang menarik dan berpotensi membosankan bagi penggunanya.
  • Lebih Sedikit Dukungan Bahasa – Moodle hanya menyediakan pilihan bahasa Inggris. Jika Anda ingin menggunakan bahasa lain, Anda harus menginstal plugin tambahan.

Sampai di sini, Anda sudah memahami kelebihan dan kekurangan Moodle. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Kalau begitu, yuk simak rekomendasi hosting untuk Moodle!

Rekomendasi Hosting untuk Moodle

Berbicara tentang hosting untuk Moodle, sebenarnya Anda bebas memilih jenis hosting apa saja, asalkan memenuhi spesifikasi yang sudah kita bahas di awal. Misalnya menggunakan layanan Shared Hosting yang biasanya dibandrol dengan harga yang terjangkau.

Meski begitu, kami sebenarnya tidak merekomendasikan Shared Hosting ini. Karena, Shared Hosting adalah jenis hosting di mana Anda tidak memiliki ruang pribadi di server, dan harus puas dengan berbagi sumber daya dengan pengguna lain.

Dengan jenis hosting seperti ini, kinerja Moodle dikhawatirkan akan turun atau bahkan tidak bisa diakses sama sekali, apalagi jika digunakan oleh banyak orang sekaligus.

Untungnya, kami memiliki dua rekomendasi hosting untuk Moodle dengan performa yang pasti oke. Apa itu?

1. Hosting VPS

VPS adalah jenis hosting yang berbagi satu server untuk beberapa pengguna. Bedanya dengan Shared Hosting adalah Anda memiliki ruang pribadi yang tidak diganggu oleh pengguna lain. Jadi, kinerja VPS lebih baik daripada Shared Hosting.

Uniknya, menyewa VPS sama dengan menyewa ruang kosong. Artinya, Anda harus siap mengelola server dan kontennya dari awal secara mandiri. Termasuk, untuk kebutuhan instalasi platform Moodle.

Untungnya, kami telah membuat panduan tentang cara menginstal Moodle di VPS untuk Anda praktikkan.

Meski begitu, VPS tidak cocok untuk Anda yang tidak terbiasa dengan hal-hal teknis. Karena, Anda harus mengotak-atik semuanya sendiri.

Nah, mau tahu hosting untuk Moodle dengan performa setara VPS tanpa harus khawatir soal teknis? Simak poin yang satu ini!

Baca Lainya:   7 Cara Membangun Konten Marketing Bisnis

Baca juga: Hosting Adalah ?

2. Hosting Awan

Cloud Hosting adalah jenis hosting dimana Anda tidak hanya mengandalkan satu server saja, tetapi juga beberapa server sekaligus. Secara otomatis, jika salah satu server bermasalah, Anda masih bisa mengandalkan server lain.

Nah, Cloud Hosting adalah pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan performa setara VPS, namun enggan mengelola server secara mandiri. Pasalnya, hosting jenis ini termasuk layanan yang sepenuhnya dikelola oleh penyedia hosting.

Oh ya, cara install Moodle di Cloud Hosting jauh lebih mudah daripada di VPS, lol. Anda hanya mengakses cPanel > Penginstal Aplikasi Softaculous. Kemudian, cari suasana hati di kolom pencarian dan klik Install seperti ini:

Bagaimana, Cloud Hosting adalah hosting yang paling cocok untuk Moodle yang Anda butuhkan?

Sudah Mengerti Jenis-Jenis Hosting untuk Moodle, kan?

Pada artikel ini, Anda telah memahami spesifikasi hosting untuk Moodle, serta jenis hosting yang tepat untuk Moodle.

Hosting bersama, VPS, dan hosting Cloud semuanya memenuhi persyaratan untuk menginstal Moodle. Meski begitu, Cloud Hosting bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Apa alasannya?

Dengan harga yang masih terjangkau, Anda bisa menikmati performa tinggi seperti di VPS dan kemudahan pengelolaan seperti Shared Hosting. Nah, apakah Anda tertarik untuk mencoba layanan Cloud Hosting?, Spesifikasi Hosting untuk Rekomendasi Jenis Moodle & Hosting

Jasa Mengelola Websita Bisnis update setiap hari dengan konten ramah SEO algoritma google terbaru, kunjungi https://matadigital.net