Apa itu Forever.js? Menjalankan Project Node.js dengan Forever NPM

Diposting pada

Buya Sorta : Apa itu Forever.js? – Apakah proyek Node.js Anda pernah tidak dapat diakses dan dihentikan secara tiba-tiba? Pasti sangat mengganggu. Tapi sebenarnya bisa dihindari, jika Anda menggunakan Forever.js. Loh, apa itu Forever.js?

Jangan khawatir, Anda berada di tempat yang tepat. Kali ini, kami mengajak Anda untuk mencari tahu semua tentang Forever.js. Mulai dari memahami Forever.js, manfaat Forever.js, hingga mempraktekkan tutorial Forever NPM.

Penasaran kan? Segera hadir, ini artikel lengkapnya!

Apa itu Forever.js?

Forever.js adalah alat CLI (Command Line Interface) sederhana yang dibuat untuk proyek dengan platform Node.js. Nah, Forever.js sendiri ditulis menggunakan bahasa pemrograman JavaScript.

Tujuan Forever.js adalah untuk memastikan bahwa skrip proyek Node.js dapat terus berjalan. Dengan kata lain, Forever.js dapat mengurangi risiko downtime akibat penghentian proyek yang tidak terduga.

Forever.js adalah bagian dari paket NPM (Node Package Manager). Karena itu, sering disebut sebagai NPM Selamanya.

Cara menginstal dan menggunakan Forever NPM juga sangat mirip dengan paket NPM lainnya. Anda hanya perlu menulis perintah NPM sederhana di perangkat lunak terminal apa pun yang Anda miliki. Tenang, tutorialnya juga akan dibahas di artikel ini, kok.

Jika tersedia, Anda dapat mulai menggunakan Forever.js untuk mengelola skrip Node.js, langsung di perangkat lunak terminal.

Nah, Forever.js merupakan paket NPM dengan perkembangan yang cukup pesat. Perhatikan, ada lebih dari 50 versi Forever.js di halaman resminya. Dengan versi terbaru, Forever 4.0.3 yang baru saja dirilis pada Januari 2022.

Pada titik ini, Anda sudah memahami arti Forever.js. Pada artikel selanjutnya, Anda akan memahami manfaat Forever.js lebih detail. Mari kita menonton!

Baca juga: Panduan Lengkap untuk Menyiapkan Node.js di cPanel

Manfaat Forever.js untuk Project Node.js

Beberapa manfaat Forever.js yang akan Anda alami saat menggunakannya di proyek Node.js adalah sebagai berikut:

1. Fasilitas Manajemen Skrip Node.js

Manfaat pertama Forever.js adalah memudahkan Anda untuk mengelola skrip Node.js, atau skrip dari kerangka JavaScript lain yang berjalan di atas lingkungan Node.js. Sebut saja React.js, Angular.js atau Express.js.

Baca Lainya:   5 Plugin Sitemap Wordpress Terbaik

Dengan Forever NPM, Anda dapat mengelola banyak skrip sekaligus dalam satu antarmuka sederhana. Penting bahwa Anda mendaftarkan skrip terlebih dahulu.

Di satu sisi, cara kerja Forever.js sangat mirip dengan software Task Manager. Di mana, Anda dapat dengan mudah menjalankan, menghentikan, dan kemudian memulai kembali program lain.

Baca juga: Bahasa Pemrograman Terbaik

2. Pastikan Proyek Node.js Berjalan Terus-menerus

Manfaat lain dari Forever.js adalah membuat proyek Node.js tetap berjalan di belakang layar. Setelah Anda mendaftarkan proyek di Forever.js, proyek akan terus berjalan.

Bahkan jika Anda melakukan modifikasi, seperti mengedit skrip atau menambahkan fitur baru, proyek akan tetap berfungsi. Kecuali, tentu saja, Anda menjalankan perintah untuk menghentikan proyek.

3. Hindari Waktu Berhenti Proyek Mendadak

Sekalipun proyek dalam mode produksi atau online, ada kemungkinan proyek tersebut masih memiliki kesalahan. Nah, Forever.js mencegah proyek Anda dari risiko downtime tiba-tiba karena kesalahan sebelumnya.

Pasalnya, Forever NPM akan restart secara otomatis setiap kali terjadi kesalahan dalam proyek. Jadi, proyek Anda akan tetap AKTIF dan mudah diakses oleh pengunjung.

Sejauh ini, Anda telah memahami arti Forever.js dan manfaat Forever.js. Selanjutnya, Anda akan berlatih cara menginstal Forever.js. Mari kita ke poin berikutnya!

Baca juga: Next.js: Pemahaman, Cara Kerja, dan Proyek Tutorial Next.js

Tutorial Instal Forever.js

Sebelum Anda mulai menginstal Forever.js, pastikan Anda telah menginstal Node.js sesuai dengan platform yang Anda gunakan. Oh ya, instalasi Node.js dilengkapi dengan NPM, jadi Anda tidak perlu menginstal keduanya secara terpisah.

Bagi Anda yang masih awam dengan NPM, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu NPM dan petunjuk dasarnya.

Nah, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengkonfirmasi instalasi Node.js dan NPM. Cara membuka perangkat lunak terminal Anda. Di sini, kita akan menggunakan terminal default Windows, yaitu Prompt perintah.

Kemudian, jalankan dua perintah berikut di Command Prompt secara berurutan:

Jika keduanya sudah terinstal sepenuhnya, maka Anda akan melihat layar berikut:

Sekarang saatnya untuk menginstal Forever.js. Caranya mudah, cukup jalankan perintah berikut:

npm install forever -global

Inilah pandangan yang akan muncul. Ini berarti Anda telah berhasil menginstal Forever.js.

mengerti selamanya.js menginstal tutorial

Anda dapat melanjutkan ke cara menggunakan Forever NPM di poin berikutnya. Mari kita berlatih bersama!

Baca Lainya:   5 Syarat Monetisasi Youtube dengan Adsense

Cara Menggunakan Perintah NPM Selamanya

Untuk mulai menggunakan perintah Forever.js, Anda memerlukan setidaknya satu proyek di platform Node.js. Jika demikian, Anda dapat melewati langkah ini. Tetapi jika tidak, Anda dapat membuat program sederhana terlebih dahulu.

Caranya buka software edit teks yang kamu punya. Kali ini, kami memakai Teks Hebat 3. Jika ya, tulis instruksi berikut:

var http = require('http');

http.createServer(function (req, res) {
res.writeHead(200, {'Content-Type': 'text/html'});
res.end('Hello World!');
}).listen(8080);

Kemudian, simpan file dengan nama helloworld.js di folder mana pun yang Anda inginkan.

simpan proyek helloworld

Setelah menyiapkan proyek, silakan kembali ke Prompt Pesanan. Di sini, Anda perlu menavigasi ke folder tempat proyek disimpan.

navigasi proyek helloworld

Jika demikian, jalankan perintah berikut untuk mendaftarkan proyek helloworld.js ke Forever.js.

forever start helloworld.js

Nah, akan muncul tampilan berikut. Artinya proyek helloworld.js sudah berjalan dengan bantuan Forever NPM.

jalankan proyek helloworld dengan forever.js

Untuk membuktikannya silahkan buka browser anda. Kemudian, ketik URL berikut di Address Bar.

localhost: 8080

Apakah Anda melihat tampilan yang satu ini? Jika demikian, maka proyek Anda telah berjalan dengan lancar.

proyek helloworld berhasil diimplementasikan selamanya npm

Jika Anda memiliki proyek lain yang ingin Anda daftarkan ke Forever.js, lakukan hal yang sama seperti di atas. Kemudian untuk melihat daftar proyek yang sedang berjalan, tulis instruksi berikut:

Kurang lebih akan terlihat seperti ini:

proyek daftar npm selamanya berjalan

Selain untuk menjalankan proyek, Forever.js juga dapat digunakan untuk menghentikan proyek. Caranya juga mudah, cukup jalankan salah satu perintah berikut:

forever stop helloworld.js

Inilah tampilan yang akan Anda lihat:

selamanya manfaat js menghentikan proyek

Seberapa mudah untuk tidak menggunakan Forever NPM? Sekarang, pengalaman mengelola proyek berbasis Node.js Anda menjadi lebih menyenangkan.

Gunakan NPM Selamanya, Situs Tetap AKTIF!

Pada artikel ini, Anda telah memahami apa itu Forever.js, manfaat Forever.js dan cara praktis menggunakan Forever NPM. Kesimpulannya, kami sangat menyarankan Anda menggunakan Forever.js, agar proyek Node.js Anda dapat terus berjalan.

Baca juga: Apa Itu Web Developer?

Namun selain menggunakan Forever.js untuk menjaga situs web Anda AKTIF, ada satu hal lagi yang perlu Anda ingat. Artinya, faktor waktu pengoperasian layanan hosting yang Anda gunakan.

Anda juga bisa membaca website ini di Google News

sumber: schmu.id