Ingin tahu apa itu web analisis?, Berikut Penjelasan Dan Fungsinya

108

Ingin tahu apa itu web analisis? Analisis web adalah cara mengumpulkan dan menganalisis apa yang terjadi di situs web Anda, mencakup segala sesuatu mulai dari apa yang pengunjung Anda lakukan, dari mana mereka berasal, konten apa yang mereka sukai, dan banyak lagi lainnya.

Dengan menggunakan alat analisis web untuk mengumpulkan data, Anda akan dapat mengetahui apa yang bisa dan tidak berfungsi, dan kemudian mengarahkan situs web Anda ke arah yang benar.

Dalam artikel ini, kita akan menjawab pertanyaan: “Apa itu analitik web? ”Lebih detail, dan bicarakan mengapa itu penting. Lalu kami akan menunjukkan kepada Anda lima metrik analitik yang Anda perlukan untuk segera mulai melacak. Mari kita bicara nomor!

analisis web

Apa itu analisis web dan mengapa analitik penting?

Contoh analisis web dalam alat Google Analytics gratis

Ada banyak data yang dapat Anda kumpulkan tentang cara orang-orang berinteraksi dengan situs web Anda. Misalnya, Anda dapat melacak kunjungan secara keseluruhan, halaman yang paling banyak dihabiskan pengguna, situs mana yang mengarahkan mereka ke situs Anda dan banyak lagi.

Jika Anda baru mengenal analisis web, jumlah sebenarnya informasi yang Anda dapatkan aksesnya bisa sangat besar, seperti mencari tahu apa yang harus dilakukan dengannya. Namun, memahami data ini sangat penting, karena ini akan memungkinkan Anda untuk tetap memperhatikan denyut nadi situs Anda.

Mari kita ambil ‘waktu di situs’, misalnya. Metrik ini mengukur berapa lama rata-rata yang dihabiskan pengguna di situs Anda, dan pada setiap halaman Anda secara individual. Secara umum, jika pengunjung hanya menghabiskan beberapa detik di situs web Anda sebelum pergi, ini berarti ada sesuatu yang salah dengannya.

Jika Anda bertanya-tanya, pengguna menghabiskan sekitar tiga menit pada sebagian besar situs web rata-rata.

Di bagian selanjutnya, kami akan memperkenalkan Anda dengan beberapa metrik kunci lainnya yang perlu Anda perhatikan dan mengapa itu penting.

 

Lima Analisis web Penting yang harus Anda lakukan untuk tracking

Ada banyak metrik yang dapat Anda lacak menggunakan alat analisis. Namun, kelima ini adalah tempat yang bagus untuk memulai. Mari kita mulai dengan jumlah pengunjung umum Anda.

Simak Juga Gan  Script Auto Refresh Blogspot dan Wordpress Berikut Cara Memasangnya

1. Lalu lintas keseluruhan

Saat kami berbicara tentang lalu lintas web, kami merujuk pada jumlah kunjungan yang diperoleh situs Anda selama periode waktu tertentu. Jumlah ini signifikan, karena memberi tahu Anda jika situs web Anda mendapatkan perhatian yang layak.

Katakanlah Anda mendapat sekitar 50 pengunjung per hari. Itu angka yang rendah jika situs web Anda udah ada selama setahun. Namun, itu layak jika Anda mendirikan toko sebulan yang lalu. Dengan kata lain, tidak hanya penting untuk mengawasi lalu lintas Anda, tetapi juga bagaimana perkembangannya.

Idealnya, jumlah Anda akan naik seiring dengan bertambahnya usia situs web Anda. Jika lalu lintas Anda mandek atau berkurang dari waktu ke waktu, itu adalah penanda Anda tidak melakukan sesuatu yang benar. Dalam kebanyakan kasus, itu mungkin karena masalah Search Engine Optimization (SEO) jadi itu selalu tempat yang baik untuk memulai.

2. Tingkat bouncing

Ketika seseorang mengunjungi situs Anda dan pergi tanpa melihat halaman kedua, kami menyebutnya ‘bouncing’. Persentase kunjungan yang Anda ukur terhadap lalu lintas keseluruhan merupakan rasio pentalan Anda .

Metrik ini penting karena memberi tahu Anda jika ada masalah kegunaan yang luar biasa dengan situs web Anda. Beberapa penyebab paling umum untuk rasio pentalan tinggi meliputi:

Tingkat pentalan rata-rata untuk sebagian besar situs web adalah antara 20 dan 70% (lebih rendah adalah lebih baik). Namun, sebagai aturan praktis, jika rasio pentalan Anda lebih tinggi dari 30%, Anda harus mencermati kemungkinan penyebab yang kami sebutkan di atas.

Namun, rasio pentalan sangat tergantung pada konten apa yang situs Anda menyediakan dan apa yang dicari oleh pencari, jadi ini bukan selalu hal yang buruk jika Anda di atas angka itu.

Simak Juga Gan  Cara Mudah dan Ciamik Setting Plugin Yoast SEO

3. Sumber lalu lintas

Dalam kebanyakan kasus, pengunjung pertama kali akan menemukan situs web Anda melalui tautan alih-alih mengetik URL Anda. Halaman yang menautkan ke situs Anda adalah sumber lalu lintas Anda, dan kami biasanya dapat memecahnya menjadi empat kategori:

  1. Mesin pencari
  2. Tautan dari situs lain
  3. Kunjungan dari kampanye email
  4. Tautan dari media sosial Secara umum, Anda ingin membangun keempat sumber lalu lintas. Namun, fokus utama Anda biasanya akan menjadi mesin pencari, karena mereka memiliki potensi untuk mendatangkan traffic besar. Lebih penting lagi, jika situs web Anda peringkat tinggi secara konsisten dalam hasil pencarian, itu cenderung lebih mudah untuk mendapatkan tautan dari situs lain, karena mereka akan menganggap Anda sebagai sumber yang memiliki reputasi baik.Dengan alat analisis web, Anda dapat dengan mudah memantau sumber lalu lintas Anda dan sesuaikan strategi Anda sesuai. Misalnya, jika Anda tidak melihat banyak lalu lintas dari mesin pencari, Anda tahu Anda harus merevisi strategi kata kunci Anda .penguna internet lewat Handphone di indonesia 

    4. Kunjungan Web Lewat desktop vs. seluler

    Mungkin tidak mengejutkan mengetahui bahwa lalu lintas seluler sekarang sepenuhnya diadopsi oleh banyak pengguna web. Bahkan, menyusul lalu lintas desktop biasa beberapa waktu lalu, yang artinya penting bagi situs web Anda untuk menawarkan pengalaman seluler yang kuat.

    Dengan alat analisis, Anda dapat melacak persentase pengguna yang mengunjungi situs Anda. melalui browser desktop atau seluler. Metrik ini cukup sederhana untuk ditafsirkan, dan memberi tahu Anda di mana harus memfokuskan upaya Anda.

    Sekalipun situs web Anda mendapatkan lebih banyak desktop daripada lalu lintas seluler, kami masih menyarankan Anda fokus pada mengoptimalkan pengalaman selulernya. Mengadopsi pendekatan mobile-first untuk desain web akan memberikan hasil dalam jangka panjang.

    5. Pengunjung baru dan yang kembali

    Idealnya, Anda ingin orang-orang terus kembali ke situs web Anda berulang kali. Kami menyebut para pengguna itu ‘pengunjung kembali’ (dan mereka yang terbaik!), Tetapi Anda juga dapat menganggap mereka sebagai audiens inti Anda.

    Banyak orang memiliki gagasan berbeda tentang apa yang merupakan tingkat pengembalian pengguna yang layak. Dalam pengalaman kami, jika lalu lintas berulang Anda sekitar 30% dari total Anda, Anda melakukannya dengan cukup baik.

    Namun, jika di bawah 20%, ini berarti situs web Anda tidak semenarik mungkin. Ini mungkin karena masalah kegunaan – seperti yang memengaruhi rasio pentalan Anda – atau strategi konten Anda. Bagaimanapun, itu adalah alasan untuk melihat dari dekat situs Anda dan mencari tahu bagaimana Anda dapat memperbaikinya.

     

web analisis
web analisis

Cara Menganalisa web Anda

Alat analisis web yang paling populer adalah Google Analytics. Alat resmi ini 100% gratis dan memberi Anda akses ke semua metrik yang kami bahas di atas, ditambah banyak lagi.

Untuk memulai, Anda dapat mengikuti panduan kami di cara mengatur Google Analytics di WordPress . Atau, Anda dapat menggunakan plugin seperti Google Analytics WD .

Setelah Google Analytics berfungsi di situs Anda, Anda dapat membaca panduan pemula kami untuk antarmuka Google Analytics untuk mendapatkan bantalan Anda. Dan setelah Anda menguasai dasar-dasarnya, Anda mungkin ingin melihat membuat dasbor khusus Anda sendiri untuk dengan cepat mengakses data analitik penting.

Kesimpulan

Banyak orang menjalankan situs web mereka tanpa menjaga mengawasi metrik mereka. Itu mungkin bekerja, tetapi Anda memiliki begitu banyak alat analitik yang hebat yang Anda inginkan, itu sia-sia jika Anda tidak menggunakannya. Misalnya, hanya mengawasi lalu lintas Anda saja dapat memberi tahu Anda jika strategi konten Anda berhasil (atau jika Anda perlu mencoba sesuatu yang baru).

Ada banyak angka yang perlu Anda perhatikan ketika datang untuk analisis web. Namun, berikut adalah lima metrik paling penting yang harus Anda perhatikan:

  1. Lalu lintas keseluruhan
  2. Tingkat pentalan
  3. Sumber lalu lintas
  4. Kunjungan desktop vs seluler
  5. Pengunjung baru dan yang kembali
  6. Pengunjung baru dan yang kembali