Tidak jarang orang yang memiliki komputer akan mengkonsumsi banyak waktu untuk mengumpulkan data dan menyimpannya dengan cara yang efektif. Dalam kasus perusahaan besar, skenario ini akan lebih sulit karena perusahaan biasanya memiliki volume data yang sangat besar. Beberapa dari mereka biasanya menggunakan cakram keras besar yang mampu dan bentuk-bentuk penyimpanan eksternal seperti Compact Disk atau Drive Flash.

Beberapa pengguna memilih untuk penyimpanan online sebagai server. Namun semua bentuk penyimpanan ini adalah tradisional. Tren saat ini dalam sistem penyimpanan adalah penyimpanan cloud yang sangat diminati.

The Google doc’s, Facebook dan banyak lagi situs-situs yang menyediakan layanan penyimpanan cloud. Istilah penyimpanan awan adalah sistem cuaca dan badai. Tetapi dalam skenario nyata itu menyiratkan untuk menyimpan data pada sistem off-site yang dimiliki oleh pihak ketiga. Konsep ini sangat sederhana, Anda akan dapat menyimpan semua data Anda di database jauh melalui web daripada menyimpan hard disk atau compact disk.

Penyimpanan awan memiliki banyak keunggulan daripada yang sudah kuno cara menyimpan data pada media fisik tertentu. Dalam penyimpanan cloud Anda dapat mengakses informasi Anda di mana saja pada setiap saat oleh sarana internet. Ini pasti akan membantu mencegah penggunaan perangkat penyimpanan fisik seperti tombol USB. Struktur penyimpanan awan sederhana, itu terhubung ke data tunggal mirip dengan web.

Pada titik ini komputer klien harus terdaftar dengan layanan penyimpanan cloud untuk mentransfer data ke server data untuk menyimpan. Sekarang ketika pengguna ingin mengambil data, komputer klien dapat terhubung ke server data melalui antarmuka web. Ketika proses ini selesai, server mengirim respon ke komputer klien dan juga akan bekerja untuk file-nya di internet.

Simak Juga Gan  Beli Subscriber Melanggar Aturan Youtube?

Penyimpanan cloud sepenuhnya tergantung pada server data yang berbeda. Hal ini didasarkan pada kebenaran bahwa komputer dapat pecah pada setiap titik waktu karena alasan tertentu, jadi sangat penting untuk mereplikasi informasi dengan menyimpan pada mesin yang berbeda. Metode ini disebut sebagai redundansi. Ini sangat penting bagi setiap pengguna komputer untuk mengetahui tentang sistem penyimpanan cloud. Layanan penyimpanan cloud bervariasi dengan respek terhadap ukuran operasi. Beberapa dari mereka mungkin mendukung operasi kecil sementara sistem lain dapat menangani operasi besar juga.

3 Manfaat Cloud Storage dalam Kehidupan Sehari-hari

Saat ini, penggunaan penyimpanan data dalam penyimpanan cloud (awan) booming karena iklan dari perusahaan-perusahaan teknologi yang berbeda. Microsoft dengan SkyDrive, Google dengan Google Drive, dan Apple dengan iCloud. Namun, ia mengatakan bahwa banyak orang tidak menggunakan layanan penyimpanan cloud. Bahkan, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaannya. Beberapa dari mereka adalah:

1) Kolaborasi

Kolaborasi didefinisikan sebagai bekerja sama, di lingkungan kantor, penyimpanan cloud dapat digunakan sebagai tempat untuk berkolaborasi dengan sesama karyawan yang dapat memanfaatkan penyimpanan cloud untuk bertukar ide dan ide. Jadi, pekerjaan itu bisa jadi lebih efektif dan cepat selesai.

2) Mencadangkan Data Penting

Kami sering menyimpan data penting di PC, laptop, hard drive eksternal, atau gadget lain. Tetapi telah terjadi pada Anda, apa jika data hilang? Perangkat elektronik sangat rentan terhadap kerusakan. Bukan untuk menyebutkan ancaman dari virus yang dapat merusak atau menghilangkan data Anda. Dengan mengunggah data penting kami ke layanan penyimpanan cloud, kami tidak perlu khawatir dan kehilangan data penting yang kami miliki. Sangat berguna bagi para eksekutif kantor, siswa (materi tesis yang hilang adalah kasus yang paling umum), sama seperti siswa yang bersekolah (dapatkah Anda menyimpan foto pacar mungkin?

Simak Juga Gan  Buka Bersama Bloggers dan Komunitas DUMAY Gresik

3) Alat Berbagi

Kita bisa menggunakan layanan penyimpanan cloud untuk berbagi file yang kita miliki dengan yang lain. Fungsi yang sering kita jumpai dalam layanan file sharing seperti Mediafire atau 4shared juga dapat berfungsi dalam penyimpanan cloud. Keuntungannya lagi, cloud storage memiliki fungsi auto-synchronize yang tidak dimiliki oleh layanan file sharing jadi kita tidak perlu repot mengunggah file-file untuk didistribusikan.