Panduan Mengamankan Handphone Dari Tindak Kejahatan Ciber

0
25
amankan hp

Mengamankan Handphone: Ada banyak data pribadi disimpan di smartphone, dari informasi pribadi hingga data perbankan. Karena itu, Anda harus sadar bahwa ponsel Anda tidak dicuri atau diretas. Untuk melindungi ponsel Anda dan kontennya, ada sejumlah hal dapat Anda lakukan.

1. Selalu perbarui sistem operasi dan aplikasi Anda
Perusahaan perangkat lunak selalu mengeluarkan versi terbaru dari aplikasi dan OS mereka. Tidak hanya menyediakan fitur baru, pembaruan juga bertujuan untuk memperbaiki bug dan meningkatkan keamanan. Karena itu, Anda harus selalu mengunduh versi terbaru aplikasi atau OS di ponsel.

2. Hindari WiFi publik
Anda biasanya dapat menemukan WiFi publik di kedai kopi, bandara, atau tempat umum lainnya. Menggunakan WiFi publik memiliki risiko karena sama dengan membuka diri Anda terhadap serangan dari peretas.

Bagaimana Anda merespons artikel ini? Selamat Menginspirati Sedih
Jika memungkinkan, Anda sebaiknya tidak mengaktifkan WiFi saat berada di tempat umum. Sementara jika Anda terpaksa menggunakan WiFi publik, gunakan aplikasi VPN, seperti disebutkan oleh Digital Trends.

3. Pasang kunci pada smartphone
Selalu kunci layar ponsel Anda, menggunakan kata sandi atau PIN. Keberadaan kata sandi atau PIN mungkin menyulitkan Anda ketika Anda ingin membuka kunci layar. Namun, ini akan membuat ponsel Anda lebih aman.

Anda harus menggunakan kata sandi menggabungkan huruf dan angka. Jika Anda tidak suka menggunakan kata sandi, Anda juga dapat menggunakan fitur keamanan seperti sensor sidik jari dan fitur pengenal wajah.

4. Gunakan fitur otentikasi dua faktor
Orang biasanya enggan menggunakan fitur otentikasi dua faktor karena menyulitkan Anda untuk masuk ke akun. Namun, sama seperti kata sandi, otentikasi dua faktor berfungsi untuk membuat ponsel dan aplikasi di dalamnya lebih aman.

5. Gunakan kata sandi kuat
Cara untuk membuat data Anda lebih aman adalah dengan menggunakan kata sandi kuat. Anda dapat membuat kata sandi terdiri dari 16-20 karakter dan menggabungkan angka, huruf besar dan kecil, dan simbol.

6. Waspadai email phishing dan spam
Salah satu metode digunakan sebagian besar peretas untuk mengakses ponsel Anda adalah metode phishing. Melalui metode phishing, peretas berpura-pura menjadi entitas tepercaya sehingga Anda ingin memberikan informasi pribadi Anda secara sukarela. Karena itu, Anda tidak boleh membuka lampiran mencurigakan di email.

7. Gunakan fitur keamanan
Di iPhone, Anda dapat mengaktifkan Find My iPhone. Android juga memiliki fitur serupa, walaupun mungkin berbeda tergantung pada perusahaan membuat ponsel. Misalnya, pada ponsel Samsung, nama fitur tersebut adalah Find My Device.

8. Gunakan aplikasi antivirus
Untuk menghindari kata sandi atau informasi pribadi Anda dicuri, Anda dapat menggunakan aplikasi antivirus. Namun, pastikan Anda menggunakan aplikasi antivirus dari perusahaan tepercaya, seperti dari Avast atau McAfee.

9. Lakukan backup data
Meskipun Anda telah membuat berbagai persiapan, tidak ada salahnya jika Anda terus melakukan backup data. Jadi, jika ponsel Anda dicuri atau hilang, data di ponsel Anda masih aman.