Cara Promosi Video Youtube di Adword atau Google ads

0
262
cara beriklan video youtube di google ads
cara beriklan video youtube di google ads

Cara Promosi Video Youtube di Adword, Percepat perkembangan channel Kita dengan taktik advertensi yang efisien. Tidak hanya membuat channel dengan organik, langkah lain untuk mencapai serta berhubungan lebih banyak pemirsa dengan berinvestasi dalam iklan di YouTube.

cara beriklan video youtube di google ads
cara beriklan video youtube di google ads

Mempromosikan channel Kita dengan Google Ads

Untuk menolong menggerakkan jumlahnya penayangan serta subscriber di channel , Kita bisa membayar untuk menjalankan kampanye iklan untuk video di YouTube lewat Google Ads. Kita bisa membuat iklan yang ada sebelum video diawali, atau berdampingan dengan video pada halaman saksikan di YouTube.

Yang perlu Kita kerjakan ialah membuat iklan, memutuskan budget, serta membidik pemirsa yang diharapkan. Tidak ada harga minimal untuk menjalankan iklan, serta Kita bisa merubah iklan, penargetan, serta budget setiap saat. Kita dapat akhiri kampanye setiap saat.

Membidik pemirsa

Sebelum mengeluarkan kampanye iklan, penting untuk memastikan pemirsa yang ingin dicapai. Ada empat komponen penting pilihan penargetan/a>:

Siapa. Coba pilih pemirsa yang detil atau spesial berdasar pada demografi, bahasa, serta ketertarikan. Contohnya, Kita bisa membidik wanita “fans memasak” berumur 18-34 tahun yang subscribe channel makanan serta suka melihat video kuliner.

Apa. Semestinya pilih dari tema yang paling berkaitan dengan channel Kita. Kita bisa memakai penargetan kontekstual untuk mencapai pemirsa yang mencari content tersendiri. Atau pilih video atau channel tempat Kita ingin tampilkan iklan.

Dimana. Tetapkan tempat penonton—negara, daerah, kota, atau kode pos. Kita bahkan juga bisa memastikan tempat kustom berdasar pada radius atau tempat tersendiri.

Kapan. Tetapkan sebegitu seringkali iklan Kita dipertunjukkan serta pada piranti yang mana. Bila mempunyai budget hanya terbatas, Kita bisa mengendalikan jarak penayangan iklan selama seharian.

Gunakan format iklan dengan optimal

Untuk kampanye, Kita bisa memakai format iklan spesial YouTube. Dengan format iklan serta komponen interaktif ini, Kita bisa memakai beberapa cara untuk menggerakkan pemirsa supaya berhubungan lebih jauh dengan content Kita.

TrueView In-Stream

Iklan ini selekasnya menarik pemirsa ke content Kita. Sesudah 5 detik, mereka tetap melihat atau melewatinya.
Kita membayar waktu pemirsa melihat 30 detik (atau keseluruhnya waktu, bila lebih pendek) atau berhubungan dengan iklan Kita.

Pakai format ini bila ingin iklan video Kita ada sebelum, ditengah-tengah, atau sesudah video lain di YouTube.

TrueView Discovery

Iklan ini tampil di samping video YouTube berkaitan, di hasil pencarian YouTube, atau pada halaman teras desktop serta seluler YouTube.

Kita membayar waktu pemirsa mengeklik iklan serta mulai melihat video Kita. Pakai format ini untuk mencapai pemakai pada peristiwa penemuan, waktu mereka sedang mencari atau menelusuri video.

Iklan Bumper

Iklan ini berdurasi 6 detik atau lebih pendek serta diputar sebelum, ditengah-tengah, atau sesudah video lain. Pemirsa tidak bisa melepaskan iklan ini.

Kita membayar per CPM (saat iklan tayang 1.000 kali).

Pakai format ini saat Kita ingin mencapai pemirsa yang lebih luas dengan pesan yang singkat serta gampang diingat.

Kita bisa memberikan tambahan komponen interaktif pada iklan video untuk menggerakkan hubungan yang lebih dalam. Pilih pilihan yang paling memberi dukungan tujuan kampanye Kita.

Overlay dengan pesan ajakan: Ada selekasnya sesudah video mulai diputar serta bisa ditutup oleh pemirsa. Bila pemirsa mengkliknya, mereka akan diarahkan ke channel atau situs yang Kita tetapkan.

Kartu: Dipertunjukkan jadi teaser sepanjang beberapa menit. Ada beberapa macam kartu. Contohnya, Kita bisa memautkan ke video atau playlist video di YouTube.

Monitor akhir: Ada sepanjang beberapa menit diakhir video Kita. Komponen ini bisa diperluas untuk tampilkan info yang lain waktu pemirsa mengarahkan cursor di desktop atau menge-tap monitor di piranti seluler.

Banner: Mengikuti iklan TrueView In-Stream jadi thumbnail yang bisa di-click. Spanduk ini bisa memandu pemirsa untuk bertindak seperti “Saksikan video lain” atau “Subscribe”.

Strategi
Evaluasi detail penampilan untuk format iklan YouTube.
Beberapa taktik top, Coba mengupload iklan TrueView In-Stream jadi kutipan channel.
Semestinya pakai thumbnail yang pasti serta menarik untuk iklan TrueView Discovery Kita.
Kita bisa tampilkan Iklan bumper di piranti seluler, untuk mencapai orang yang melihat setiap saat serta dimana-mana.

Buat iklan Potensial

Tidak ada rumus untuk iklan video yang prima, tetapi berikut beberapa referensi dari pengalaman kami dengan beberapa pembuat content sukses. Pakai panduan tersebut untuk menolong memberi efek optimal pada iklan video Kita.

Berikan cerita Kita. Bila iklan bumper pas untuk pesan yang singkat, iklan TrueView pas untuk cerita yang lebih panjang.

Gunakan 5 detik pertama sebaik-baiknya. Pikat perhatian pemirsa sedini mungkin supaya mereka selalu melihat.
Perlihatkan dalam beberapa langkah. Buat beberapa iklan serta ujilah pada beberapa pemirsa serta piranti.

Dorong hubungan. Naikkan kesadaran serta hubungan merek lewat komponen interaktif.
Gunakan content paling baik Kita. Buat iklan yang berisi kombinasi klip atau ide dari video paling populer Kita.

Beri langkah seterusnya yang pasti. Tujukan pemirsa untuk bertindak tersendiri, contohnya subscribe ke channel Kita.

Berikan pemirsa waktu untuk melakukan tindakan. Masukkan monitor akhir serta ajakan lisan yang kuat untuk melakukan tindakan dalam 5-10 detik akhir.

Gunakan judul yang ramah. Pemirsa bisa dipengaruhi oleh judul, jadi mengambil kesempatan kali ini untuk menyebabkan rasa ingin tahu.

Gunakan teknik relevansi
Apa tujuan penting kampanye iklan Kita? Kita mungkin ingin meningkatkan jumlah pemirsa atau tingkatkan penghasilan. Ingat-ingatlah tetap tujuan Kita waktu mengaplikasikan teknik.

Tujuan: Menarik pemirsa baru.
Google Ads bisa menolong Kita tingkatkan penayangan channel serta waktu saksikan. Waktu membidik pemirsa, semestinya mulai dengan seluas mungkin lalu mengecilkan tujuan. Coba tema serta audience ketertarikan untuk membidik calon fans, lalu alihkan investasi Kita ke pilihan penargetan yang memberi hasil yang diharapkan.

Tujuan: Meningkatkan jumlahnya subscriber.
Bila Kita mempunyai banyak penayangan, tetapi inginkan semakin banyak subscriber, coba kerjakan pemasaran lagi lewat Google Ads. Dengan langkah berikut, Kita bisa membidik iklan video pada pemirsa yang belum subscribe tetapi telah tunjukkan ketertarikan pada channel Kita, dengan aksi seperti melihat, suka pada, atau memberi komentar pada video.

Tujuan: Memperluas jangkauan global.
Cari info asal negara pemirsa Kita sekarang ini dengan mengecek data Demografi di YouTube Analytics. Kita bisa menyatukan pemasaran lagi dengan penargetan geografis serta bahasa, untuk mencapai pemirsa sama di negara lain yang mungkin saja nikmati channel Kita.

Tujuan: Mempromosikankan peluncuran.
Naikkan intensif launching content baru, seperti album atau serial baru. Kita bisa menghidupkan semangat pemirsa lebih awal dengan Iklan bumper, lalu tindak lanjuti dengan iklan video berdurasi penuh waktu peluncuran. Sesudah peluncuran, Kita bisa menjalankan semakin banyak Iklan bumper untuk mainkan komponen kampanye penting yang sukses menghidupkan ketertarikan pemirsa.

Tujuan: Jual merchandise.
Google Ads bisa menolong Kita lengkapi usaha promo yang lain untuk jual produk Kita. Kita bisa memakai komponen interaktif seperti kartu, yang menyambungkan pemirsa dengan produk yang sudah mereka lihat atau yang berkaitan dengan video yang mereka saksikan.

Tujuan: Mencapai pemirsa baru dengan promo antarplatform.
Bila Kita bekerjasama dengan channel lain, Kita bisa membidik pemirsa keduanya. Untuk mengerjakannya:

Buat daftar pemasaran lagi yang berisi semua pemirsa atau subscriber channel yang bekerjasama dengan Kita.
Buat daftar subscriber Kita sekarang ini.

Lalu, buat gabungan kustom dari semua pemirsa/subscriber channel yang bekerjasama tetapi belum subscribe channel Kita.

Seterusnya, coba berencana iklan promo antarplatform yang menerangkan kenapa mereka akan tertarik dengan content Kita.

Strategi
Coba memberikan tambahan peletakan terkelola untuk tampilkan iklan Kita di channel tersendiri.
Untuk menggerakkan subscription, Kita bisa kirim pemirsa ke halaman subscription jadi “URL akhir”.
Untuk membidik keyword menurut tempat, coba memakai feature seperti Google Trends.
Lihat laporan Kartu di YouTube Analytics untuk lihat pengaruh perform kartu Kita.
Lihat aplikasinya

Mengerti hasil serta maksimalkan kampanye Kita
Sesudah iklan video tayang, Kita harus memonitor performnya. Berikut beberapa metrik yang ada di basis Google Ads:

Tayangan: Dihitung setiap saat iklan tayang.

Penayangan: Metrik ini dihitung bila pemirsa melihat iklan TrueView sepanjang 30 detik (atau sepanjang waktu iklan, bila kurang dari 30 detik) atau berhubungan dengan iklan Kita. Semua penayangan iklan video yang lebih lama dari 10 detik akan termasuk juga dalam jumlahnya penayangan channel Kita.

Rasio tontonan: Metrik ini tunjukkan persen pemirsa yang akan memutuskan untuk melihat atau berhubungan dengan iklan video Kita.

CPV rata-rata: Jumlahnya rata-rata yang Kita bayar setiap saat seorang melihat iklan Kita.
Pencapaian video dilihat: Saat seorang melihat iklan Kita lalu melihat video lain di channel YouTube Kita dalam 7 hari.

Tetapkan seperti apa keberhasilan yang diharapkan, lalu translate ke metrik yang berkaitan dengan channel Kita. Contohnya, untuk memastikan bagaimana pemirsa tujuan berhubungan dengan content, Kita bisa lihat rasio tontonan serta menganalisa jumlahnya pemirsa yang menjadi subscriber.

Kampanye iklan YouTube yang sukses bisa sampai tujuan seefisien mungkin, sesuai budget harian Kita. Ingat, iklan mungkin butuh selalu disempurnakan. Janganlah sangsi untuk mengevaluasi sejauh mana kesuksesan iklan Kita serta kerjakan pergantian untuk tingkatkan performnya.