Beranda Blogging 10 Langkah Cara Menjadi Blogger Sukses, Terakhir sangat Berat Bagi Pemula

10 Langkah Cara Menjadi Blogger Sukses, Terakhir sangat Berat Bagi Pemula

0
21
blogger di index google
blogger di index google

Cara Menjadi Blogger Sukses: Untuk saat ini membuat blog sangatlah mudah, karena banyak platform cms yang mudah dan simple dari yang gratisan sampai yang berbayar. 

Dalam mengelola blog bukan membuatnya yang susah, tapi merawat blog yang butuh keseriusan apalagi kalau blog nya digunakan untuk mencari tambahan penghasilan atau uang dari internet.

Bagi yang mau membuat blg tapi kesulitan silahkan buat blognya dulu, cara membuat blog, setelah selesai membuat blognya silahkan ikuti tips mengelola blog yang baik agar menjadi blogger sukses. 

Syarat Menjadi Blogger Sukses

Jika kita ingin sukses menjadi seorang blogger hal pertama yang harus kita lakukan membuat konten yang bermanfaat, kreatif dan banyak dicari orang. Sedangkan beberapa hal dibawah ini adalah pendungkung dari konten, tapi juga tidak boleh ditinggalkan.

1. Optimasi WordPress

Meskipun instalasi WordPress telah berhasil, Anda perlu melakukan beberapa langkah dalam optimasi WordPress. Langkah optimasi ini penting agar WordPress Anda dapat menghasilkan kinerja maksimum.

Setidaknya ada 10 langkah optimasi WordPress yang harus Anda terapkan. Dari membuat formulir kontak, menyelesaikan informasi blog, menginstal Yoast SEO, menginstal Google Analytics, membuat sitemap, menginstal caching plugin, mengelola keamanan WordPress, dan mengubah permalink.

Jika anda menggunakan Blogspot anda juga bisa mengoptimasinya, saran saya silahkan gunakan template yang bagus dan cepat loadingnya, anda bisa membelinya atau cari template blogger gratis.

2. Belajar SEO

Blog tidak dapat dipisahkan dari SEO. Saat Anda memutuskan untuk membuat blog, Anda tidak dapat membantu selain mempelajari SEO. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari.

SEO ini penting untuk membantu Anda menghasilkan konten berkualitas yang dapat menjadi puncak hasil pencarian Google.

Dengan memenangkan posisi tertinggi dalam hasil pencarian Google, blog Anda akan semakin dikenal dan dipercaya. Untuk memahami apa itu SEO, Anda bisa mulai dengan membaca artikel Pelajari Pemula SEO.

3. Kecepatan Blog

Sejak awal membuat blog, Anda harus tahu bahwa kecepatan memuat memainkan peran penting di blog Anda. Pengunjung blog tidak suka blog dengan waktu pemuatan yang lama. Mereka akan mencari blog lain dengan memuat lebih cepat. Menurut penelitian Google, 53 persen pengunjung meninggalkan blog / situs web yang memuat lebih dari 3 detik.

Selain itu, kecepatan blog juga merupakan salah satu faktor penting dalam penilaian peringkat Google dalam hasil pencarian. Semakin cepat memuat blog, semakin baik penilaian Google terhadap blog Anda.

Karena itu, mengoptimalkan kecepatan situs web adalah langkah yang harus Anda lakukan. Ikuti langkah-langkah pengoptimalan dalam ebook ini untuk secara cepat meningkatkan kecepatan blog Anda!

4. Optimalisasi untuk Seluler

Selain kecepatan, Anda juga perlu mengoptimalkan blog Anda untuk perangkat seluler. Optimalisasi seluler ini penting karena mayoritas pengguna internet Indonesia menggunakan perangkat seluler. Menurut penelitian Google, 94 persen pengguna internet di Indonesia menggunakan smartphone untuk mengakses internet.

Ini berarti bahwa sebagian besar pengunjung Anda berasal dari pengguna smartphone. Jadi, Anda harus mengoptimalkan blog Anda untuk perangkat seluler. Tenang saja, cukup mudah. Anda bisa menggunakannya salah satu plugin WordPress seluler terbaik di artikel ini.

5. Lakukan Riset Kata Kunci

Tidak melakukan penelitian kata kunci adalah kesalahan fatal blogger dalam menjalankan blog mereka. Penelitian kata kunci membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat untuk blog Anda. Sehingga Anda dapat membuat konten berdasarkan kata kunci yang banyak digunakan oleh calon pembaca Anda.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang penelitian kata kunci, Anda dapat membaca artikel 9 Cara untuk Melakukan Riset Kata Kunci yang Akurat untuk Blog dan Situs Web ini.

6. Buat Kalender Konten

Setelah riset kata kunci, Anda akan mendapatkan berbagai ide untuk membuat konten. Merupakan ide bagus untuk membuat jadwal konten sehingga Anda dapat mengatur konten apa yang perlu diprioritaskan. Selain itu, dengan membuat kalender konten, Anda dapat mengatur jadwal pembuatan konten. Jadi Anda tidak akan merasa terbebani karena Anda telah berbagi konten secara merata.

7. Promosikan Blog Anda

Menjadi seorang blogger haruslah multi talenta. Anda tidak hanya diminta untuk menulis konten, tetapi juga mempromosikannya secara mandiri. Promosi blog ini harus dilakukan karena pengunjung tidak datang sendiri.

Mungkin ketika berbicara tentang promosi blog, hal pertama yang Anda pikirkan adalah berbagi artikel di media sosial. Padahal promosi blog tidak sebatas itu. Ada banyak cara untuk mempromosikan blog yang bisa Anda terapkan. Temukan caranya di artikel ini 10+ Cara untuk Mempromosikan Blog untuk Meningkatkan Pengunjung.

8. Manfaatkan Google Analytics dan Google Search Console

Google Analytics dan Google Search Console adalah dua perangkat lunak penting yang perlu Anda ketahui sebagai blogger. Google Analytics akan membantu Anda memahami perilaku pembaca blog. Baca artikel ini tentang Google Analytics untuk memahaminya lebih dalam.

Selain itu, Anda juga memerlukan Google Search Console untuk memantau kinerja blog di bidang pencarian organik Google. Pelajari lebih lanjut tentang Google Search Console di artikel ini.

Berita baiknya, kedua perangkat lunak ini tersedia gratis! Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang biaya.

9. Bangun Backlink Berkualitas

Backlink masih merupakan komponen penting di blog. Backlink adalah tautan yang dipasang di blog / situs web yang mengarah ke blog Anda. Membangun backlink sangat penting untuk blog Anda karena berguna untuk menjaga reputasi blog di Google.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun backlink berkualitas untuk blog Anda. Anda dapat membaca diskusi lengkap di artikel tentang cara mendapatkan backlink berkualitas.

10. Konsistensi (istiqomah)

Kunci Membuat Blog adalah konsistensi atau istiqomah dalam mengelola blog. Dalam artikel ini Anda telah belajar banyak hal tentang cara membuat blog Anda sendiri. Dari menentukan topik utama blog, memilih platform blog, memilih hosting, menentukan nama domain, dan mengoptimalkan blog.

Proses membuat blog tidak berhenti ketika Anda berhasil menginstal WordPress. Perjalanan untuk membuat blog berlanjut hingga Anda dapat menghasilkan konten yang berkualitas, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca Anda. Oleh karena itu, diperlukan konsistensi yang tinggi dalam proses pembuatan blog ini

Proses ini memang panjang dan mungkin melelahkan bagi Anda. Namun, proses panjang ini akan membuahkan hasil yang akan membuat Anda merasa puas, bahagia, dan tentu saja bangga. Jadi, apakah Anda siap membuat blog?

“Hal terberat untuk jadi blogger sukses adalah istiqomah dalam membuat konten”