Beranda blog

Jenis Konten Digital Marketing dan Manfaatnya

Jenis Konten Digital Marketing
Jenis Konten Digital Marketing

Jenis Konten Digital Marketing dan Manfaatnya, anda mungkin perna mendengar istilah “content is the king” dalam dunia internet marketing. Sayangnya bagi pemula yang baru terjun ke dunia internet atau digital marketing untuk bisnis belum mengetahui apa itu konten, apa manfaatnya, dan bagaimana cara membuatnya.

Jika Anda ingin menggunakan digital marketing untuk bisnis, mulailah belajar membuat konten sebagai modal awal, karena jika tidak Anda akan kesulitan move on, jika bisa di awal maka tidak akan bertahan lama.

Jenis kontennya sederhana: gambar, video, teks, dan bahkan suara, baik tunggal atau gabungan. Sebagai contoh artikel ini ada dua yaitu gambar dan teks.

Dikutip Dari laman dhadigital.com, berikut jenis-jenis konten digital marketing

Jenis Konten Berdasarkan Manfaat dan Tujuan

Jenis Konten Berdasarkan Manfaat dan TujuanJenis Konten Berdasarkan Manfaat dan Tujuan
Jenis Konten Berdasarkan Manfaat dan Tujuan

1. Konten Digital Marketing Berupa Konten Informatif

Konten adalah gambar dan teks yang memberikan informasi. Misalnya, apa bisnis Anda, bagaimana cara memesan, di mana lokasi atau alamat toko, apa visi misi perusahaan, dan informasi tentang profil bisnis.

Ini adalah konten paling dasar yang harus Anda buat dengan mudah. Ada banyak informasi dan sangat bermanfaat bagi pembaca.

2. Konten Digital Marketing berupa Konten Edukasi

Banyak orang yang selalu ingin tahu, selain ingin tahu mereka juga ingin mempelajari sesuatu yang bermanfaat bagi mereka. Seperti artikel yang Anda baca ini adalah salah satu jenis konten pendidikan. Khusus untuk produk atau layanan jenis baru, Anda harus memulai dengan konten pendidikan.

Jenis seperti tips, cara, cara, pemahaman, dan apapun yang berhubungan dengan tema bisnis Anda, sehingga dapat menambah nilai dari media digital marketing yang Anda gunakan

Pentingnya konten yang informatif dan edukatif

Kedua jenis konten di atas terkesan kurang menjual atau tidak menawarkan produk, namun sebenarnya sangat penting, memiliki sisi yang sangat positif yaitu membangun tingkat kepercayaan konsumen terhadap media Anda.

Apalagi di dunia online dimana penjual dan pembeli belum saling mengenal, Anda harus bisa menunjukkan kepada mereka konten yang bermanfaat sebelum mereka tertarik untuk membeli.

3. Konten Pemasaran

Jika ingin berjualan di media online, salah satu senjata digital marketing tentunya adalah content marketing. Tidak memuat tentang penawaran produk Anda, tetapi content marketing memiliki karakter yang dapat mengarahkan dan meyakinkan konsumen untuk membeli

Struktur konten pemasaran yang tepat:

Teks paragraf 50% pertama berfokus pada masalah yang dihadapi konsumen, memberikan pendidikan dan informasi tentang cara menyelesaikan masalah mereka.
Bagaimana jika itu bukan produk solusi?

  • Anda dapat memberi tahu tentang apa yang menarik tentang produk Anda
  • Kemudian paragraf kedua 40% mengarahkan audiens untuk mulai tertarik dengan produk yang Anda tawarkan, seperti manfaat, pengalaman pengguna, dan testimonial
  • Selanjutnya, 10% terakhir dari teks paragraf terakhir adalah ajakan bertindak untuk menarik pesanan atau kontak
  • Contoh content marketing bisa dilihat di Mata Digital Indonesia

4. Interaksi Konten

Jenis konten yang mengundang interaksi audiens, biasanya lebih banyak ke media sosial, terutama Facebook dan Instagram. Di media sosial dapat mengundang interaksi adalah konten yang paling penting, karena semakin tinggi tingkat interaksi, semakin tinggi nilai akun Anda.

Terkadang untuk akun bisnis agak sulit membangun konten interaksi ini karena sering dianggap konten penjualan, sehingga followers malas untuk berinteraksi.

Semakin kecil keterlibatan atau interaksi media sosial, semakin kecil nilai akun media sosial Anda dalam algoritme.

5. Cerita atau Ulasan Konten

Ini adalah konten yang memiliki nilai yang sangat kuat di mata pembaca, jika Anda benar-benar dapat membuat cerita menjadi nyata, maka pembaca akan dapat berkali-kali meningkatkan minat mereka terhadap produk Anda.

Anda dapat membuat tentang pengalaman pengguna, atau tentang ulasan produk yang Anda jual untuk berbagi pengalaman dan wawasan kepada calon konsumen yang belum pernah menggunakannya.

Jenis review ini bisa dalam bentuk teks tertulis, tetapi juga lebih menarik jika ada video jika produk Anda memiliki nilai visualisasi.

Distribusi Konten Digital Marketing di Media Digital

1. Situs Web atau Halaman Arahan

Untuk konten informatif dan edukatif bisa disebarluaskan di halaman khusus atau artikel blog seperti Digital Learning.

Mengutamakan jenis yang paling sesuai dengan produk usaha dan bermanfaat bagi konsumen, seperti informasi tata cara pemesanan, kebijakan pengembalian, kelebihan produk, dan manfaat serta cara penggunaan atau perawatannya.

Berikutnya adalah dukungan konten yang dapat ditempatkan di blog atau artikel. Keberadaan sebuah blog sangat penting untuk meningkatkan traffic atau pengunjung website dan juga visibilitas dan kredibilitas website Anda di mata mesin pencari, seperti Google.

2. Media Sosial

Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, dan Pinterest pilih yang menurut Anda paling mudah dan maksimal dalam distribusi konten. Pilih 1 atau 2 saja jika Anda belum melakukannya

rbiasa, tapi kalau punya tim, akan lebih baik kalau pakai semua.

Di media sosial harus lebih pendek, inti topiknya saja. Prioritaskan foto, gambar atau video yang lebih menarik, teks baru akan terbaca jika foto Anda menarik.

3. Youtube

Khusus untuk konten video jenis ini, Anda bisa membagikannya di channel youtube. Memiliki konten video yang bagus di dunia saat ini akan jauh lebih efektif dalam meningkatkan kepercayaan konsumen Anda.

Cobalah untuk membuat konten video youtube sebagai pengunjung website dan media sosial Anda, jika Anda ingin bersaing di ranah Digital Marketing saat ini.

4. Influencer

Dengan menggunakan influencer (orang yang memiliki banyak pengikut di media sosial dan juga pelanggan akun youtube) dan konten Anda dipublikasikan oleh mereka, ada dua atau tiga manfaat:

  • Dapatkan lebih banyak perhatian dari pengikut atau pelanggan influencer
  • Meningkatkan dalam hal kesadaran merek produk Anda
  • Dapatkan pembeli dari hasil influencer
  • Menggunakan influencer adalah tren terbaru, silakan baca 15 Tren Pemasaran Digital di Indonesia

5. Blogger

Blogger adalah orang yang memiliki blog yang bagus, dengan tulisan yang berkualitas dan pembahasan yang mendalam. Anda dapat membayar blogger untuk meninjau dan memposting di halaman blog mereka. Biasanya disebut blog ulasan kontekstual, Cara membuat Blog Blogger.

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari blogger

  • Review artikel akan ada selamanya dan bisa dibaca oleh siapa saja kapan saja
  • Meningkatkan kesadaran merek
  • Dapatkan backlink yang berguna untuk SEO

Perbedaan Konten Digital Marketing dan Objek Pembelajaran

Perbedaan Konten Digital Marketing dan Objek Pembelajaran
Perbedaan Konten Digital Marketing dan Objek Pembelajaran

Dalam dunia pendidikan khususnya dalam proses belajar mengajar, istilah konten digital bagi sebagian orang terkadang diartikan sebagai video yang digunakan baik dalam kegiatan pembelajaran online maupun reguler.

Lain halnya dengan Learning Object, bagi sebagian orang Learning Object juga bisa diartikan sebagai video yang dibuat untuk pembelajaran. Tapi apa perbedaan antara konten digital dan objek pembelajaran?

Konten digital adalah konten dalam berbagai format baik teks atau teks, gambar, video, audio atau kombinasinya yang diubah ke dalam bentuk digital, sehingga konten yang dibuat dapat dibaca dan dibagikan dengan mudah melalui platform media digital seperti laptop, tablet, bahkan smartphone.

Konten Adalah?

Jadi dapat dikatakan bahwa konten apapun adalah tentang apa saja, selama konten tersebut dapat dibaca dan digunakan dengan komputer atau perangkat digital lainnya maka itu adalah Konten Digital.

Lain halnya dengan Objek Pembelajaran, menurut Wiley (2000), Objek Pembelajaran adalah semua sumber materi yang dirancang secara sistematis untuk tujuan pembelajaran, dengan variabel yang dapat digunakan kembali, digital, sumber daya, dan pembelajaran (Wiley, 2000).

Sumber daya materi yang dirancang secara sistematis adalah untuk memecah konten pembelajaran yang besar menjadi potongan-potongan kecil yang dapat digunakan kembali di berbagai lingkungan pembelajaran.

Sehingga objek pembelajaran merupakan unsur terkecil dari suatu topik pembelajaran. Objek Pembelajaran juga harus memiliki 3 unsur lagi di dalamnya, yaitu dilengkapi dengan tujuan (objectives) yang harus dicapai siswa setelah menggunakan Objek Pembelajaran, bahan pembelajaran (instruksi) dan tes (penilaian) sebagai bagian dari evaluasi. Objek Pembelajaran dapat berbentuk digital seperti video pembelajaran atau non digital seperti poster atau flowchart.

Jadi dari kedua pengertian di atas, Konten Digital dan Objek Pembelajaran adalah dua hal yang berbeda baik dari segi makna maupun tujuan penggunaannya. Konten Digital dapat digunakan untuk membuat konten dengan tema yang luas dan umum asalkan dalam format digital.

Sedangkan Objek Pembelajaran lebih spesifik yaitu hanya sebagai sumber belajar baik dalam format digital maupun non digital, walaupun terkadang bentuk keduanya dapat berupa video digital.

Jadi jika kita menemukan video yang hanya berisi satu informasi, maka bisa dikatakan itu adalah Konten Digital. Namun jika video tersebut berisi satu informasi dan ditambah dengan tujuan dan penilaian, maka video tersebut dapat disebut sebagai Objek Pembelajaran.

Nah, sudah tahu kan perbedaan antara Konten Digital dan Objek Pembelajaran?

Sumber: binus.ac.id
Wiley, David. 2000. Desain Objek Pembelajaran dan Teori Sequencing. Disertasi. AS: Universitas Brigham Young.

9 Tips Jitu Optimasi Fanpage Facebook Bisnis

Optimasi Fanpage Facebook Bisnis
Optimasi Fanpage Facebook Bisnis

9 Tips Jitu Optimasi Fanpage Facebook Bisnis, Hampir semua platform media sosial saat ini benar-benar menyediakan ruang yang cukup untuk promosi pemasaran.

Penggunanya diberikan fitur yang bisa dimaksimalkan untuk menjual dan menjangkau lebih banyak konsumen. Salah satunya adalah Fanpage Facebook Bisnis yang diibaratkan seperti toko di dunia internet.

Facebook tetap kuat sebagai salah satu media sosial favorit meski banyak pesaing bermunculan dalam beberapa tahun terakhir. Dengan inovasi yang ditawarkan oleh platform Medsos ikonik berwarna biru tua ini. Facebook tidak pernah ditinggalkan oleh penggunanya kecuali semakin banyak orang yang tertarik untuk membuat Facebook.

Tak heran hingga kini penggunanya masih terbesar di dunia. Pemilik akun FB (Facebook) memiliki rentang usia yang sangat luas dan beragam. sangat beda dengan platform medsos lainnya, seperti Twitter, Instagram atau Tiktok, yang segmen usianya lebih sempit.

Tips Jitu Optimasi Fanpage Facebook Bisnis

Tips Jitu Optimasi Fanpage Facebook Bisnis
Tips Jitu Optimasi Fanpage Facebook Bisnis, fanpages buyasorta

Salah satu minat tersebut adalah karena Halaman Facebook khusus untuk tujuan bisnis. Tidak perlu membuat akun terpisah karena Anda hanya perlu menambahkan pengaturan yang diperlukan. Misalnya dengan membuat Facebook Business Fanpage atau Facebook Ads. Anda dapat mengakses opsi ini di halaman Facebook yang Anda akses seperti biasa.

Mengoptimalkan Fanpage Facebook Bisnis Untuk Menjangkau Lebih Banyak Cuan
Jika Anda memulai bisnis start-up, maksimalkan media sosial untuk membuat merek Anda lebih terkenal. Pengusaha yang enggan menggunakan internet untuk mempromosikan bisnisnya saat ini bisa dipastikan akan kalah bersaing. Bisnis online itu mudah karena menggunakan kekuatan media sosial untuk merasakan dampaknya.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Fanpage Facebook Bisnis untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Jika saat ini Anda tidak memilikinya, jangan ragu untuk memulai. Jika Anda sudah memiliki akun Facebook, tunggu sebentar dan promosi bisnis Anda siap disajikan.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang di Facebook

Mengapa Fanpage Facebook?

Dari data Statista.com, Facebook akhir 2019 memiliki pengguna aktif berjumlah 2,45 miliar. Maka dari itu Facebook disebut sebagai media sosial terbesar di dunia. Jumlah pengguna dapat digunakan untuk memperkenalkan merek sekaligus mempromosikan produk baru.

Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dkk ini juga memungkinkan pemilik merek untuk mengintegrasikan fanpage dengan akun Instagram dan situs bisnis. Untuk memperkenalkan atau memasarkan suatu produk, Anda harus memiliki fanpage Facebook Bisnis.

Cara membuatnya cukup mudah. Selama Anda memiliki akun Facebook pribadi, ikuti petunjuk untuk membuat halaman penggemar. Voila. Anda dapat menanggapi pembeli dengan cepat dan mudah melalui pengaturan.

Sesuaikan akun ini dengan deskripsi yang jelas untuk membuat bisnis Anda lebih terbuka. Misalnya, menambahkan informasi tentang alat bisnis, situs web, kontak, atau lainnya. Tambahkan juga detail produk, layanan, menu, harga, event, dan penawaran khusus.

Setelah Anda memiliki fanpage Facebook, jangan hanya memposting foto. Namun memaksimalkan kehadirannya untuk menarik lebih banyak pengikut, meningkatkan obrolan dan suka, meningkatkan kesadaran pengguna bahwa produk atau layanan yang dipromosikan adalah yang benar-benar mereka butuhkan. Dan jika berjalan dengan baik, pendapatan akan meningkat.

Keuntungan lain menggunakan Fanpage Facebook Bisnis adalah Anda akan mendapatkan data demografi orang-orang yang tertarik dengan bisnis dan produk yang Anda tawarkan. Data tersebut adalah usia, jenis kelamin, dan lokasi. Ini juga termasuk melihat kapan orang melihat Halaman Facebook Anda dan bagaimana mereka menemukannya.

Data ini kemudian dapat digunakan sebagai panduan untuk membuat promosi berikutnya di Facebook. Selain itu, untuk setiap unggahan Anda, Anda akan mendapatkan data jumlah orang yang melihat unggahan Anda.

Anda dapat menggunakan informasi ini untuk menargetkan audiens yang beragam dengan posting dan iklan yang dipromosikan, atau mengemas konten Anda sesuai dengan minat mereka.

Berikut adalah 9 tips memaksimalkan fanpage Facebook Bisnis untuk melipatgandakan keuntungan Anda:

1. Isi Detail Informasi, Optimasi Fanpage Facebook Bisnis
Isi Detail Informasi, Optimasi Fanpage Facebook Bisnis

1. Isi Detail Informasi, Optimasi Fanpage Facebook Bisnis

Saat membuat fanpage, jangan lupa untuk mengisi detail informasi di kolom ‘Tentang’. Konten tentang merek, visi dan misi, produk, layanan yang diberikan jika ada, cara pemesanan, jam operasional, dan email atau nomor telepon. Tulis juga akun situs brand, Instagram, Twitter, dan link lain yang sudah terintegrasi.

Dengan informasi rinci ini, pengguna Facebook dengan cepat mengetahui identitas merek. Di kolom ini, Anda tidak perlu memasukkan identitas pribadi. Sebisa mungkin pisahkan antara akun pribadi dan fanpage untuk startup.

2. Gunakan Logo dan Foto

Walaupun ini adalah bisnis start-up, skalanya kecil, namun jangan remehkan logo dan foto sampul. Gunakan logo dan foto yang sesuai. Layak di sini berarti resolusi tinggi dan mewakili merek. Karena hal ini dapat mempengaruhi kredibilitas bisnis startup dan mudah dikenali oleh calon follower.

3. Tambahkan Tombol Ajakan Bertindak (CTA)

Sejak Facebook merilis fitur Fanspage Bisnia (Halaman Bisnis) tahun 2014, opsi dalam fitur telah berkembang secara eksponensial. Salah satunya adalah tombol Call To Action (CTA). Tombol ini berguna untuk mempromosikan produk baru atau memudahkan followers ketika ingin memesan.

Tombol CTA dapat berupa ‘Belanja Sekarang, Pesan Sekarang, Tonton Video, Daftar’, dan lainnya. Penulisan dapat diubah sesuai dengan kampanye yang dijalankan. Selain itu, merek juga dapat memilih URL situs untuk berlabuh ke CTA. Untuk mendapatkan data berapa banyak orang yang mengklik tombol tersebut, lihat saja kolom ‘View Insights’.

4. Konten Linimasa, Optimasi Fanpage Facebook Bisnis

Sebagian besar konten di fanpage didominasi oleh foto dan video. Hal ini wajar, karena konten visual mampu menarik perhatian pengguna (di semua) media sosial. Konten semacam itu memiliki peluang 40x lebih besar untuk dibagikan oleh pengguna daripada jenis konten lainnya.

Tombol CTA ‘Tonton Video’ adalah cara paling populer untuk mendapatkan pemirsa dan keterlibatan. Selain itu, pengguna meluangkan waktu untuk menonton Facebook Live 3x lebih banyak dari video biasa. Jadi, jangan ragu untuk menunjukkan Facebook Live tentang peluncuran produk baru atau di balik layar.

5. Konsisten dalam Mengunggah Konten

Hal penting yang harus diperhatikan adalah konsistensi dalam mengupload konten. Jika tidak, merek tersebut akan terlihat tidak profesional, kehilangan kepercayaan, dan pada akhirnya para pengikut akan mencari merek lain yang loyal kepada mereka.

Untuk memudahkan mengunggah konten secara rutin, buatlah perencanaan editorial untuk media sosial. Ini membantu Anda dalam membuat jadwal posting konten yang konsisten. Misalnya, suatu hari Anda harus mengunggah satu foto dan satu video, hari berikutnya dua foto, dan seterusnya.

Adapun waktu pengunggahan, Anda dapat memilih berdasarkan data analitik. Jadwalkan unggahan konten menggunakan ‘Jadwalkan Postingan’.

6. Tandai Konten Penting Teratas

Jika produk baru, acara mendatang, konten tertentu, atau konten penting ingin diperhatikan oleh pengikut Anda, tandai konten tersebut di bagian atas atau sematkan di bagian atas.

7. Hindari Masalah Pribadi

Karena ini adalah fanpage startup, kita harus menghindari mengunggah barang-barang pribadi. Jika mood Anda sedang tidak stabil, Anda bisa menenangkannya terlebih dahulu. Jika terpaksa mengunggah konten, dikhawatirkan akan mempengaruhi hasil foto atau caption atau reaksi Anda terhadap pertanyaan netizen.

8. Promosikan Fanpage Facebook, Optimasi Fanpage Facebook Bisnis

Untuk menarik lebih banyak pengikut dan memaksimalkan keterlibatan, Anda pasti harus mempromosikan halaman penggemar. Facebook akan memberi Anda kesempatan untuk membangun promosi dari awal. Ini memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan bisnis.

Lakukan ‘Buat Iklan’ dan pilih audiens yang sesuai untuk target pasar Anda. Seperti usia, tempat tinggal, jenis kelamin, pendidikan, minat terhadap sesuatu, dan lainnya. Siapkan materi konten plus caption yang menarik perhatian warga. Selanjutnya tentukan harga.

Cara lain untuk mempromosikan fanpage adalah berinteraksi dengan merek lain. Apalagi jika Anda menjalankan program kolaborasi dengan brand lain atau mengadakan Q&A dan mendatangkan pakar.

9. Pantau Semua Tanggapan dan Keterlibatan

Setelah mengunggah konten, pantau respons warga. Respon baik berupa komentar, like dan emoticon, dan share. Apa tanggapan mereka? Baik, netral, atau buruk?

Apakah ada hal-hal yang perlu ditangani atau yang perlu ditingkatkan pada produk dan layanan lain?

Selain itu, ia juga memantau tanggapan yang masuk ke fitur perpesanan. Tidak sedikit pengguna produk menggunakan kolom pesan untuk mendapatkan respon yang cepat. Jika respons Anda lambat, kolom akan mengatakan demikian. Jika Anda tidak ingin kolom tersebut muncul, lewati saja fitur tersebut.

Ada beberapa cara untuk mengukur keterlibatan. Pengukuran ini adalah keberhasilan sebuah konten. Untuk mengukurnya, Anda bisa memanfaatkan Insights dari facebook atau alat berbayar. Mengukur keterlibatan dapat melihat serta menganalisis demografi audiens. Dari sini merek dapat memutuskan strategi konten berikutnya.

Memaksimalkan Fanpage Facebook Bisnis untuk bisnis start-up cukup mudah. Apalagi saat ini sudah banyak fitur Facebook dan media sosial lainnya yang bisa digunakan. Tantangan selanjutnya adalah menambah atau setidaknya mempertahankan kesuksesan fanpage ini.

5 Cara Meningkatkan Share Postingan Di Facebook

cara meningkatkan share Facebook
cara meningkatkan share konten Facebook

Cara Meningkatkan Share Postingan Konten. Ingin menjangkau banyak orang dan share postingan kita di Facebook. Meskipun sudah banyak perusahaan dan merek besar pindah ke platform media sosial lainnya, Facebook masih memimpin dalam pemasaran media sosial.

Facebook memiliki lebih dari 1,7 miliar pengguna aktif, menjadikannya jaringan media sosial terbesar di dunia. Platform media sosial dengan jumlah pengguna paling banyak di Indonesia, jumlah pengguna aktif bulanan Facebook Indonesia kurang lebih 82 juta orang.

Cara Meningkatkan Share Postingan Di Facebook

Cara Meningkatkan Share Postingan Di Facebook
Cara Posting Di Facebook

Statistik menunjukkan Facebook menjadi salah satu Platform media sosial penting untuk pemasaran. Jadi tentu saja, Anda ingin memanfaatkan pemasaran media sosial Anda melalui Facebook untuk menjangkau dan berinteraksi dengan basis pelanggan target yang lebih luas.

Berika 7 Cara Meningkatkan Share Postingan konten di facebook terbaru. Silahkan pilih konten yang tepat untuk kalian posting. Cara meningkatkan jangkauan konten Facebook Anda harus terlebih dahulu memilih jenis postingan yang tepat dengan audien.

Tidak peduli seberapa menarik info Anda, agar orang dapat berinteraksi dan berbagi postingan Anda dengan teman-teman mereka, Anda perlu memikirkan bagaimana konten tersebut disajikan. Jika tidak, pengunjung halaman Anda lewati saja dan beralih ke posting yang lebih menarik bagi mereka.

Tapi bagaimana Anda bisa menyajikan konten Anda dengan benar? Itu semua tergantung pada jenis posting yang Anda bagikan. Sebuah studi yang dilakukan oleh BuzzSumo menemukan beberapa hasil menarik tentang jenis posting apa yang bisa digunakan di Facebook.

Mereka menganalisis lebih dari 1 miliar posting Facebook dan menemukan hasil berikut:

#1. Posting Pertanyaan

Posting pertanyaan adalah tempat Anda mengajukan pertanyaan dan mencoba mengundang pengikut untuk membagikan pendapat dan jawaban mereka.

Postingan ini berhasil menghasilkan jumlah interaksi tertinggi secara keseluruhan, yaitu sekitar 500 interaksi.

#2. Postingan Gambar

Berikutnya adalah posting gambar, yang menghasilkan hampir 500 interaksi. Interaksi yang terjadi disini antara lain komentar, like, dan share pada setiap postingan.

Posting gambar ke peringkat kedua tidak terlalu mengejutkan. Karena orang cenderung lebih tertarik pada konten visual daripada konten teks saja.

Studi ini juga menemukan bahwa menggabungkan gambar dan postingan pertanyaan menghasilkan rata-rata 616,7 interaksi. Namun rata-rata interaksi untuk postingan pertanyaan dengan teks saja hanya 144,45.

Jadi Anda dapat melihat bagaimana gambar berdampak besar pada berbagai jenis posting.

#3. Posting Konten Video

Studi tersebut juga menemukan bahwa postingan video berhasil mendapatkan rata-rata sekitar 400 interaksi di Facebook. Video adalah cara yang bagus untuk menambahkan sisi hiburan ke interaksi Anda dengan pengguna facebook lainnya.

Anda bahkan dapat menceritakan kisah yang dapat menarik target pelanggan melalui konten video Anda. Burger King membuat video yang mempromosikan pembelajaran, dan dibagikan lebih dari 37.000 kali.

#4. Posting dengan tautan

Video, yang juga memposting tautan, mendapat sekitar 200 interaksi.

Memposting tautan membantu Anda membagikan konten situs web dan posting blog Anda, kepada pengikut Facebook Anda.

#5. Posting GiveAway (Hadiah)

Mendekati setelah tautan posting adalah hadiah.

Menulis mempromosikan hadiah dan kontes dapat menerima hampir 200 interaksi di Facebook.

#6. Kupon / Paket Posting

Mendekati setelah tautan posting adalah hadiah.

Menulis mempromosikan hadiah dan kontes dapat menerima hampir 200 interaksi di Facebook.

Bagikan Lebih Banyak Video

Dalam studi BuzzSumo yang disebutkan di atas, mereka juga menemukan bagaimana kinerja posting video berdasarkan setiap jenis interaksi, yaitu suka, berbagi, dan komentar. Menariknya, meski video tersebut hanya menempati peringkat ketiga dalam keseluruhan interaksi, namun jenis postinagn ini menjadi yang paling banyak dibagikan.

Postingan video mendapatkan rata-rata 83,87 share di Facebook, yang berarti postingan video adalah cara terbaik untuk meningkatkan share konten Facebook. Sebuah studi BuzzSumo yang dilakukan pada Juni 2016 juga menunjukkan bahwa posting video mengungguli jumlah jenis konten Facebook lainnya dalam hal rata-rata share.

Dari analisis mereka, jelas bahwa rata-rata share Facebook untuk konten video meningkat dua kali lipat sejak Agustus 2015.

Tetapi jika Anda memposting video di halaman Facebook Anda, pastikan Anda memposting / mengunggah video langsung di Facebook, bukan tautan dari YouTube atau Vimeo yang Anda bagikan. Studi ini menemukan bahwa ada perbedaan besar antara keduanya.

Video yang diunggah langsung di Facebook menghasilkan lebih dari 200 kali dibagikan dan sekitar 951,48 interaksi secara keseluruhan.

Video YouTube, di sisi lain, bahkan tidak berhasil mendapatkan 100 share dan hanya menghasilkan rata-rata sekitar 140 interaksi. Jadi Anda dapat melihat bahwa membuat dan membagikan lebih banyak video di halaman Facebook Anda dapat membantu Anda mengalahkan pesaing Anda.

Anda akan dapat menghasilkan lebih banyak keterlibatan dan interaksi di video. Sementara itu, pada saat yang sama Anda membuat lebih banyak orang melihat konten Anda.

Buat lebih banyak Konten Visual

Dalam studi BuzzSumo yang dibahas sebelumnya, Anda melihat bahwa konten visual, seperti video dan foto, menghasilkan lebih banyak share daripada jenis konten lainnya. Bahkan jika tautan dan teks yang Anda posting tidak banyak dibagikan, Anda dapat mengubahnya menjadi konten visual.

Ini pasti akan membantu meningkatkan strategi pemasaran media sosial Anda dan menjadi cara untuk meningkatkan pangsa konten Facebook tentunya. Ingin tahu bagaimana melakukannya? Berikut beberapa tipsnya:

Buat Infografis

Jika Anda memiliki artikel yang menarik dan ingin mendapatkan interaksi yang baik, cobalah membuat infografis yang menonjolkan beberapa info berguna dalam artikel tersebut.

Anda kemudian dapat membagikan konten infografis ini di Facebook bersama dengan deskripsi dan tautan dalam deskripsi. Cobalah untuk membuat orang mengklik tautan yang Anda daftarkan, sehingga mereka bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dan membaca artikel lebih lengkap.

Bahkan jika Anda tidak memiliki artikel untuk digunakan tautannya, Anda dapat mengikuti contoh Health Digest di bawah ini. Konten infografis mereka tentang manfaat kesehatan kunyit menghasilkan lebih dari 2000 share hanya dalam 21 jam.

Buat Gambar Kustom

Baik Anda membagikan postingan teks atau memposting pertanyaan, tarik perhatian orang dengan membuat gambar khusus untuk postingan Anda. Mulailah dengan memikirkan/brainstorming beberapa ide untuk jenis gambar yang akan mendapatkan banyak interaksi.

Rockstar Games, misalnya, membuat gambar khusus untuk memberikan pembaruan kepada penggemar tentang game mereka. Contoh di bawah ini menunjukkan bagaimana mereka menjaga target pelanggan atau gamer terus diperbarui dengan info penawaran di GTA Online.

Cara Meningkatkan Berbagi Konten Facebook dengan Menggunakan Emoticon
Anda mungkin merasa ini sulit dipercaya, tetapi menggunakan emotikon dalam posting Anda mungkin memainkan peran penting dalam tingkat berbagi Facebook Anda.

Bahkan, menggunakan emoticon dapat meningkatkan share sebesar 33%. Hal yang sama berlaku untuk komentar. Suka untuk posting bisa mendapatkan peningkatan 57% dengan bantuan emotikon.

Emoji membuat Anda terlihat ramah dan menambahkan sentuhan pribadi pada interaksi Anda. Namun, pastikan untuk tidak berlebihan. Terlalu banyak emoji dapat membuat orang tidak tertarik.

Jika Anda tidak punya waktu untuk menyiapkan gambar dan infografis khusus, Anda dapat menambahkan beberapa visual ke teks Anda dalam bentuk emotikon. Misalnya, postingan dengan emoji hati kecil berikut (cinta).

Meski jumlah share untuk postingan ini mencerminkan dukungan untuk berdonasi, namun emoji hati di sini juga memberikan sentuhan khusus pada postingan tersebut.

Dorong Berbagi Melalui Kontes

Jika Anda seorang pemasar, Anda akan terbiasa dengan kontes dan penawaran media sosial. Semoga Anda juga bisa menyadari bahwa ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan share konten di Facebook, dengan meningkatkan interaksi dan membuat brand Anda lebih berpeluang muncul di media sosial.

Membuat kontes atau penawaran melalui konten visual dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak pembagian konten. Itu karena orang ingin berbagi informasi yang baik dengan teman-teman mereka.

Untuk lebih meningkatkan pangsa Anda di Facebook, Anda dapat menyesuaikan aturan atau ketentuan kontes Anda dengan membuat audiens untuk membagikan konten Anda.

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan pangsa Anda melalui kontes:

Buat Aturan

Pertama buat aturan atau persyaratan kontes berdasarkan apa tujuan Anda. Karena tujuan Anda adalah mendorong orang untuk membagikan konten Anda, Anda perlu membuat aturan yang relevan tentang membagikan konten Anda.

Namun pastikan aturan yang Anda gunakan sesuai dengan aturan kontes Facebook.

Tentukan Hadiahnya

Untuk memastikan kontes Facebook Anda benar-benar mendapatkan interaksi yang Anda inginkan, Anda perlu memberikan motivasi kepada penggemar Anda.

Dalam hal ini, motivasi adalah hadiah. Pastikan pengikut Anda siap untuk berpartisipasi dalam kontes. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti muncul di Halaman Anda dapat membuat penggemar membagikan postingan Anda.

Tampilkan Detail

Setelah Anda membuat syarat dan ketentuan untuk dapat berpartisipasi dari kontes, Anda hanya perlu membuat gambar yang menarik untuk menampilkan detailnya.

Jika syarat dan ketentuannya sedikit lebih lama, Anda dapat menulis seluruh bagian di situs web Anda dan kemudian membagikan tautannya dengan gambar.

Berikut ini adalah contoh bagaimana Anda dapat menampilkan beberapa detail penting dari sebuah kontes.

Kesimpulan

Semoga sukses, Anda sekarang memiliki gambaran tentang jenis konten apa yang dapat menghasilkan lebih banyak share di akun Facebook. Semakin banyak share yang Anda hasilkan, semakin banyak orang mengenal Anda atau akun bisnis Anda.

Jadi kita mulai dengan contoh, tips, dan cara meningkatkan share konten Facebook di atas untuk mengoptimalkan strategi pemasaran Facebook Anda. Tahukah Anda cara meningkatkan share konten Facebook selain contoh di atas? Jika anda membutuhak jasa admin medsos bisnis kunjungi matadigital.net

sumber: merchant.id

 

Cara Install WordPress Di VPS dengan CloudPanel

Install Wordpress dengan CloudPanel
Install Wordpress dengan CloudPanel

Cara Install WordPress di VPS dengan CloudPanel. Sebelum kita mulai dengan instalasi, kita perlu membuat add Domain. selanjutnya membuat Pengguna SSH dan FTP, lanjutakn dengan membuat Database.

Install WordPress dengan CloudPanel

Saat Anda Menambahkan Domain, pastikan untuk memilih Template WordPress Vhost dan Versi PHP yang anda inginkan. Pada kali ini saya menggunakan VPS digitalocean dengan spesifikasi ram 1 gb, hdd 30 GB Procesor 1 core.

On this page, we explain step by step how to setup WordPress 5 with CloudPanel.

Installation

In the following example we will setup WordPress under the domain www.domain.com.

Preparation

Before we can start with the installation, we need to create an SSH User, a Database, and a Domain.

When you Add the Domain, make sure to select the WordPress 5 Vhost Template and the right PHP Version.

Installation

To install WordPress do the following steps:

  1. Login via SSH to the server e.g. with john-ssh and go to the users tmp directory:
cd ~/tmp
  1. Download and extract the latest WordPress 5 version.
curl -sL https://wordpress.org/latest.tar.gz | tar xfz –
  1. Move files to the htdocs directory of the domain:
cp -R wordpress/* /home/cloudpanel/htdocs/matadigital.net/
  1. Reset permissions.
cd /home/cloudpanel/htdocs/
clpctl system:permissions:reset matadigital.net 775
  1. Clean up the tmp directory.
rm -rf ~/tmp/*
  1. Open your domain in the browser and go through the Installation Wizard.
Install WordPress dengan CloudPanel
Install WordPress dengan CloudPanel
  1. Open the WordPress configuration file wp-config.php.
nano /home/cloudpanel/htdocs/matadigital.net/wp-config.php

Add the following line after the other constants to download all plugins and themes to the disk.

define(‘FS_METHOD’,’direct’);

  1. Done!

Setelah selesai install wordpress jangan lupa untuk mengkoneksikan VPS digitalocean dengan Cloupanel. Silahkan buat token di VPS DigitalOcean selanjutnya copy dan paste di cloudpanel.

Baca juga: Cara Install WordPress di Cpanel Hosting Untuk Pemula

Itulah cara install WordPress di VPS dengan cloudpanel, semoga bermanfaat jika ada kesulitan silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar.

Source: https://www.cloudpanel.io/docs/

Mata Uang Digital Indonesia, BI Mulai Merumuskanya!

Mata uang digital Indonesia
Mata uang digital Indonesia

Mata Uang Digital Indonesia, Bank Indonesia saat ini sedang merumuskan pembuatan mata uang digital atau Central Bank Digital Currency (CBDC) jika diperlukan. “Jadi kita lihat saja kondisi ekonomi dan konteks digitalisasi yang dimotori oleh Bank Indonesia,” seperti dikutip dari akun resmi Instagram @bank_indonesia, Minggu, 30 Mei 2021.

CBDC rupiah merupakan representasi dari uang digital yang merupakan simbol kedaulatan negara atau mata uang berdaulat yang dikeluarkan oleh bank sentral dan menjadi bagian dari kewajiban moneternya.

Bentuk Mata Uang Digital Indonesia

Mata Uang Digital Indonesia
Ilustrasi Mata Uang Digital Indonesia

Dengan uang digital, CBDC akan diterbitkan dan dikendalikan oleh bank sentral. Dengan begitu, pasokan bisa ditambah atau dikurangi oleh BI untuk mencapai tujuan ekonomi. BI saat ini telah melakukan kajian CBDC Rupiah untuk melihat potensi dan manfaat mata uang digital. Kajian yang dilakukan meliputi desain, teknologi dan mitigasi risiko.

Dalam penilaian tersebut, Bank Indonesia berkoordinasi dengan bank sentral lainnya, termasuk melalui forum internasional. Hal ini dilakukan untuk lebih memperdalam kajian tentang penerbitan mata uang digital atau CBDC Rupiah.

Rencana penerbitan CBDC Rupiah oleh BI setidaknya didasarkan pada tiga pertimbangan. Ketiga hal tersebut adalah: sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia, mendukung pelaksanaan kebijakan moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran, serta menghadirkan pilihan alat pembayaran berbasis teknologi.

CBDC Rupiah

Dalam hal ini, BI menekankan bahwa CBDC Rupiah perlu dibentengi dengan firewall untuk menghindari serangan siber yang bersifat preventif dan juga penyelesaian. “Nantinya, desain dan sistem keamanannya harus disiapkan dengan baik sebelum uang Rupiah digital akhirnya bisa digunakan oleh masyarakat.”Lalu apa perbedaan antara CBDC Rupiah dengan uang elektronik?

BI menjelaskan, CBDC Rupiah adalah uang digital yang diterbitkan oleh bank sentral. Artinya, ada kewajiban bank sentral kepada pemegang uang.

Sedangkan uang elektronik adalah alat pembayaran yang dikeluarkan oleh pihak swasta atau industri. Penerbit uang elektroniklah yang akan memiliki kewajiban kepada pemegangnya.

Hingga saat ini, BI telah memastikan bahwa mata uang yang sah untuk bertransaksi sesuai dengan Undang-Undang di Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Rupiah. Ini berlaku untuk transaksi tunai dan tunai.

[the_ad id=”3376″]

Baca juga: Pengertian Apa Trading Forex

Sementara itu, ekonom dari Center for Reform on Economics (CORE) menilai BI harus memetakan potensi risiko sebelum merilis CBDC. “Meneliti seberapa besar risiko dibalik transaksi mata uang digital ini, karena saya yakin masyarakat masih sangat familiar dengan mata uang digital ini,” ujarnya saat dihubungi akhir pekan lalu.

Meski risiko mata uang digital masih abu-abu, menurut dia, pertimbangan tersebut harus dipelajari secara mendalam oleh BI termasuk risiko yang akan ditimbulkan oleh infrastruktur teknologi digital. “Apa resikonya ketika jaringan digital di suatu daerah mati, apakah nilai transaksinya hilang atau bagaimana ini harus disiapkan.”

Oleh karena itu, dia menyarankan BI memperkuat koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan operator telekomunikasi untuk memastikan pemerataan infrastruktur teknologi digital.

BI, kata Yusuf, juga perlu berkoordinasi dengan industri keuangan seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang pengawasan mata uang digital dan Kementerian Keuangan tentang penerapan uang digital. “Terkait kesiapan mereka dalam melakukan monitoring apakah ada regulasi yang perlu ditambah. Itu perlu dibicarakan dengan OJK,” ujarnya.

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1467362/bi-rumuskan-pembuatan-uang-digital-seperti-apa-bentuknya/full&view=ok

5 Langkah Memulai Digital Marketing buat Pemula

Langkah Memulai Digital Marketing
Langkah Memulai Digital Marketing

5 Langkah Memulai Digital Marketing buat Pemula : Anda punya bisnis dan tentunya kita sama-sama tahu kalau digital marketing sangat tepat kita manfaatkan untuk meningkatkan penjualan. Namun mungkin banyak pemilik bisnis baru yang menyadari penggunaan pemasaran digital.

5 Langkah Memulai Digital Marketing buat Pemula

5 Langkah Memulai Digital Marketing buat Pemula
5 Langkah Memulai Digital Marketing buat Pemula

Itu hal yang sangat bagus, karena dengan merasakan pemula dan ingin terus belajar dan berakting. Kami akan membagikan cara memulai digital Marketing untuk pemula yang dapat membantu meningkatkan bisnis Anda. Pemasaran digital untuk pemula

1. Memiliki Target Pasar dan Produk

Hal yang paling mendasar adalah pertama-tama memilih siapa pasar atau pelanggan Anda. Baru kemudian pelajari apakah produk Anda adalah solusi yang tepat untuk pelanggan.

Misalnya, kami memilih pasar pebisnis dan wirausahawan, pria dan wanita berusia 20-an dan 40-an. Produk kami adalah pemasaran digital.

Contoh lain, Anda memasarkan pemilik mobil yang bermasalah dengan bau tak sedap mobil, sehingga Anda menyiapkan produk penawar bau mobil yang sangat ampuh.

Saya pernah pengalaman mudah pusing dan mabuk dengan bau mobil yang aneh, makanya saya beri contoh seperti itu. Sebisa mungkin temukan masalahnya dulu baru produk atau jasa Anda adalah solusinya.

2. Pilih Produk Terbaik Yang Memberikan Solusi Terbaik

Carilah produk atau layanan yang dapat memberikan solusi terbaik. Banyak contoh pengusaha clothing yang gagal karena memikirkan produk yang sangat bagus, bahan yang bagus, desain yang bagus, dll tidak memikirkan solusi apa yang akan diberikan dari produk tersebut.

Lur kenapa sukses?.

Karena mereka hadir memberikan solusi sebagai produk lokal dengan kualitas internasional, dimana pada saat itu masyarakat kesulitan untuk mencari merk lokal yang berkualitas. Produknya memang hanya berupa sepatu dengan desain biasa saja, tapi karena itulah Bro.do bisa sukses karena dimulai dari memberikan solusinya.

3. Bangun Situs Pribadi

Setelah Anda menemukan dua hal di atas, segera buat website pribadi untuk bisnis Anda. Berhentilah memikirkan berkendara di pasar atau sejenisnya. Karena website sebenarnya adalah toko anda yang ada di internet.

Dengan memiliki toko (website) sendiri Anda akan lebih termotivasi untuk mendesain, mengisi konten, hingga mengiklankan website Anda tanpa terlalu memikirkan pesaing.

Kami dapat membantu membuat website dari awal sampai akhir dengan berbagai keuntungan, kunjungi jasa pembuatan website

4. Langkah Memulai Digital Marketing, Bangun Akun Media Sosial

Ada Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn, pilih minimal 2, lebih baik jika semuanya. Tapi kami merekomendasikan hanya 2 dan serius bisa make up untuk mengisi konten media sosial Anda.

Bagi sebagian pemula cukup sulit untuk mengelola sosial media, ada pilihan bisa merekrut staf atau perlahan tapi pasti mengisi konten secara rutin.

5. Gunakan SEO, SEM, dan Iklan Media Sosial

Pada tahap ini Anda sudah mulai menggunakan modal, tetapi kami menyarankan Anda untuk menggunakan dana tersebut dengan hati-hati. Pasalnya, banyak orang merugi akibat kurangnya pemahaman tentang iklan digital

SEO (Search Engine Optimization tentunya harus dilakukan untuk website karena murah dan manfaatnya jangka panjang. Sebaiknya cari jasa SEO karena akan sangat ribet jika harus belajar sendiri.

SEM (Search Engine Marketing) biasanya menggunakan Google Ads adalah cara tercepat untuk mendapatkan pengunjung dan calon pelanggan untuk produk atau layanan Anda.

baca juga: 5 Karakter Milenial Dalam Bekerja

Social Media Management, seperti iklan Facebook, iklan Instagram, dan dukungan. Sebelum menggunakan kampanye ini Anda harus menyiapkan konten kreatif yang sesuai dengan standar kualitas iklan facebook dan instagram. Jangan biarkan iklan menjadi sia-sia karena tidak menyediakan konten yang berkualitas.

Ingin Menggunakan Pemasaran Digital yang Ekonomis, Efektif, dan Efisien?

Mata Digital Indonesia memiliki tim berpengalaman yang membantu Anda mengelola pemasaran digital dengan baik dan benar, sehingga dapat membantu meningkatkan bisnis dan pemasaran Anda.

5 Peran Digital Marketing Agency

Digital marketing agency
Digital marketing agency image credit freepik.com

Peran Digital Marketing Agency – Yang dimaksud dengan digital marketing agency adalah agen baik perseorangan maupun perusahaan sebagai pihak ketiga yang membantu klien untuk membuat, merancang, dan mengelola kegiatan pemasaran digital.

Ini umumnya mencakup Branding, SEO, Pemasaran Mesin Pencari, Pemasaran media sosial, Iklan Tampilan, Pemasaran Konten, dan Manajemen Media Sosial.

Kegiatan pemasaran akan selalu dibutuhkan oleh bisnis dan perusahaan dari kecil hingga besar. Agensi periklanan selalu terkenal dan kini trendnya menjadi agensi digital marketing

Agency Digital-Marketing 

digital marketing agency
digital marketing agency image via matadigital.net

Setelah mengetahui pengertian singkat diatas, jika anda mengetahui bahwa banyak perusahaan besar yang telah menggunakan jasa digital marketing agency, sebagai pebisnis anda perlu mengetahui hal tersebut.

Mengapa Perusahaan Suka Menggunakan Digital Marketing Agency?

Ada beberapa faktor mengapa hal tersebut bisa menjadi pertimbangan yang baik dan tepat. Faktor-faktor tersebut antara lain:

1. Digital marketing Agency memiliki tim profesional yang rata-rata sudah memiliki pengalaman kerja dengan budaya yang sangat familiar dengan segala aktivitas digital marketing.

2. Memanfaatkan pengalaman tim agensi yang sudah terbiasa mengelola klien untuk keperluan digital marketing sehingga memiliki konsep yang lebih relevan dan berkualitas untuk membantu perusahaan.

3. Agensi memiliki resource yang lengkap, mulai dari A hingga Z professional yang berkaitan dengan segala hal digital marketing menjadi satu tempat, sehingga memberikan banyak pilihan untuk menggunakan jasa agensi sesuai kebutuhan

4. Agensi akan bekerja sesuai pesanan dan dibayar sesuai tawaran yang disetujui kedua belah pihak, agensi memiliki tanggung jawab penuh untuk bekerja sesuai tuntutan dan kebutuhan klien. Sehingga perusahaan tidak bersusah payah mencari staff karyawan yang berada belum tentu sesuai dengan hasil

5. Kontrak kerja disesuaikan dengan hasil, jika kurang memuaskan maka kontrak bisa diputus, jika hasilnya bagus bisa dilanjutkan, ini cukup adil bagi kedua belah pihak.

Jika Anda ingin mengetahui lebih detail tentang digital marketing, Anda bisa membaca di halaman pengertian digital marketing

Dijelaskan mulai dari makna, ruang lingkup, tujuan hingga manfaat yang didapat dari kegiatan digital marketing.

baca juga: Social Media Marketing Apa Manfaatnya bagi Bisnis?

5 Peran Digital Marketing Agency untuk Bisnis Anda

1. Membantu membuat, merencanakan, dan mengelola media digital dan konsep pemasaran yang paling Anda butuhkan untuk bisnis atau perusahaan Anda. Memberikan saran strategi yang paling efektif dan efisien bagi perusahaan anda.

2. Mengelola media digital seperti membuat website, aplikasi, software, termasuk membuat Instagram bisnis untuk mengelola akun instagram, memposting konten di website, update, maintenance, dll.

3. Membantu mengelola pemasaran digital yang khusus mengelola anggaran iklan situs web atau halaman arahan dengan Google Ads, Display, Youtube, Facebook Ads dan iklan Instagram, Influencer, dll., Yaitu, semua aktivitas yang menggunakan anggaran biaya pemasaran

4. Membantu pemasaran sesuai dengan tujuan perusahaan, setiap perusahaan berbeda dalam mengatur suatu tujuan / sasaran pemasaran

Pemasaran Indomie (Company Brand) tentunya berbeda dengan pemasaran warung makan indomie (Food and Resto). Kegiatan pemasaran memiliki tujuan tertentu yang harus direncanakan dengan baik

5. Optimasi SEO dari beberapa kata kunci yang menjadi tujuan perusahaan untuk tampil di banyak pencarian Google. Banyak tujuan SEO tidak hanya untuk meningkatkan penjualan dari Google.

Apa Pertimbangan Menggunakan Agensi atau Staf Karyawan?
Hal yang paling sering kami temui adalah pertimbangan efektivitas dan efisiensi biaya dan waktu.

Menemukan staf digital marketing yang benar-benar siap dan mampu mengelola perusahaan Anda tentunya membutuhkan waktu untuk rekrutmen.

Jika suatu perusahaan belum membangun divisi pemasaran digital maka akan terdapat perbedaan budaya dalam perusahaan tersebut, apalagi antar divisi pemasaran tradisional yang sangat berbeda dapat membuat celah dalam kantor, kecuali dengan membangun divisi pemasaran digital dari awal.

Ingin menggunakan Staf Agen Pemasaran Digital yang berdedikasi untuk mengelola perusahaan Anda?

Silakan kunjungi solusi pemasaran digital anda

Apa Itu Social Media Management Bisnis Digital?

mata digital media sosial manajemen

Social Media Management – Pengelolaan media sosial sangat erat kaitannya dengan digital marketing yang saat ini banyak diperbincangkan. Penggunaan akun media sosial yang selalu update dan tertata rapi mampu memberikan keuntungan tersendiri.

Namun sayangnya banyak pengusaha yang belum menyadari pentingnya mengelola akun media sosial. Mengelola akun media sosial berbeda dengan pemasaran pada umumnya sehingga harus benar-benar dipahami.

Dari mengelola akun media sosial yang benar dan tepat akan memberikan penghasilan. Karenanya, tidak ada salahnya mengetahui cara mengelola akun media sosial.

Apa Itu Social Media Management ?

Apa Itu Social Media Management Bisnis Digital?
Apa Itu Social Media Management Bisnis Digital, foto via smm mata digital

Manajemen Media Sosial

Pernah dengar manajemen di akun media sosial, terutama akun korporat? Jika Anda belum pernah mendengar, tidak ada salahnya mempelajari pengelolaan media sosial lebih jauh. Apalagi dimulai dari dasar-dasar dulu tentang pengelolaan akun media sosial.

Intinya membuat akun media sosial dengan membuat konten dan mampu menghadirkan toko atau perusahaan. Konten yang ada dibuat semenarik mungkin dan disesuaikan dengan toko atau perusahaan pemilik akun. Sehingga berbagai informasi bisa didapatkan dengan mudah dan cepat hanya dari akun media sosial.

Pentingnya Manajemen Media Sosial

Banyak yang tidak tahu bahwa mengelola akun media sosial memiliki pengaruh yang sangat penting. Adanya manajemen media sosial bertujuan untuk menghadirkan bisnis digital melalui akun media sosial. Ternyata banyak sekali manfaat yang menguntungkan bagi perkembangan bisnis, di antaranya akan diuraikan di bawah ini.

Mampu meningkatkan brand awareness

Gunakan pengelolaan media sosial yang baik dan benar dengan mengupload konten berkualitas dan frekuensi secara teratur. Ternyata secara perlahan bisa meningkatkan kesadaran akan merek Anda di media sosial. Sehingga mampu membuat brand awareness menjadi tinggi dan hal ini akan membuat bisnis online Anda semakin mudah berkembang.

Media praktis untuk informasi, berita dan promosi

Orang-orang sekarang mengerti bahwa setiap perusahaan atau toko memiliki kehadirannya sendiri di akun media sosial. Jadi jika ingin mempromosikan suatu produk tinggal upload saja untuk mendapatkan target pasar yang lebih luas. Apalagi promosi menggunakan media sosial jauh lebih murah, praktis dan hemat energi.

Mampu meningkatkan penjualan

Tahukah Anda bahwa mempelajari manajemen media sosial juga ada pengetahuan tentang pemasaran media sosial. Sehingga konten yang diunggah di akun media sosial dapat menarik minat dan daya beli masyarakat. Sehingga hal ini secara langsung mampu meningkatkan penjualan dan berbagai keuntungan lainnya pasti mengikutinya.

Perkenalkan perusahaan secara luas

Pengguna media sosial di Indonesia sudah sangat banyak sehingga menjadi target pasar yang sangat luas. Ketika sebuah perusahaan membuat akun media sosial, itu secara langsung memperkenalkan perusahaan tersebut secara luas. Apalagi jika akun tersebut dikelola dengan baik maka akan menambah kepercayaan masyarakat hanya dari media sosial.

Tunjukkan kualitas dan identitas

Menjual produk atau jasa di era sekarang ini tidak lagi sekedar menunjukkan apa yang sebenarnya sedang dijual. Namun publik menjadi lebih tertarik dengan kualitas dan identitas perusahaan yang menjualnya. Kualitas dan identitas inilah yang sering disebut sebagai kepribadian merek yang memiliki pengaruh yang sangat penting.

Tool Manajemen Media Sosial

Memiliki akun media sosial tidak hanya memperkenalkan perusahaan pada hubungan baru tetapi juga keuntungan lainnya. Biasanya perusahaan akan memiliki lebih dari akun media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, LinkedIn, dan banyak lagi.

Untuk memudahkan Anda mengelola semua akun media sosial Anda, gunakan alat manajemen media sosial berikut.

1. HootSuite

HootSuite tool social media management
HootSuite tool social media management

HootSuite adalah alat paling terkenal untuk memfasilitasi manajemen media sosial. Dengan HootSuite Anda dapat membuat jadwal untuk setiap posting dan pesan serta mengetahui lalu lintas di media sosial. Jadi peran HootSuite sangat penting sebagai alat yang membantu mengelola semua akun media sosial Anda.

2. Buffer

Buffer social media management

Buffer adalah alat manajemen yang sangat mudah digunakan untuk menjadwalkan konten di akun media sosial. Bahkan penjadwalan bisa dilakukan hingga seminggu sebelumnya tanpa harus mengkhawatirkan konten. Alat-alat ini sangat cocok untuk Anda yang tidak punya waktu untuk terus-menerus mengupdate konten di media sosial.

3. SocialOomph

socialoomph manajemen sosmed

SocialOomph adalah alat manajemen media sosial yang dapat meningkatkan produktivitas media sosial Anda. Banyak layanan yang disediakan oleh SocialOomph seperti pelacakan kata kunci, ikuti otomatis dan berbagai layanan lainnya. Ada dua pilihan, Anda dapat menggunakan alat SocialOomph gratis dan berbayar.

4. smm mata digital

mata digital media sosial manajemen

smm matadigital merupakan tool social management yang di kembangkan oleh mata digital Indonesia. Memiliki fungsi dan kegunaan sama dengan ketiga tool diatas. yang membedakan adalah smm matadigital dilengkapi dengan tool auto replay pesan.

Sebagai tool SMM (social Media management) buatan anak negeri tentu lebih user frendly bagi pengguna indonesia.

Faktanya, ada banyak alat yang dapat membantu Anda mengelola akun media sosial Anda dengan mudah. Seperti Tweetdeck, Tweepi, SocialFlow, SocialBro, Crowdbooster dan banyak alat lainnya.

Untuk meningkatkan “kepercayaan” pengguna media sosial, Anda juga perlu memiliki situs web untuk keperluan bisnis.

Tip & Trik Berguna untuk File PDF

Tip & Trik Berguna untuk File PDF
Tip & Trik Berguna untuk File PDF

Tip & Trik Berguna untuk File PDFJika Anda ingin tahu tentang tip paling berguna tentang file pdf, Anda telah berada di tempat yang tepat. 

Dalam posting ini, kami akan memberi tahu Anda tentang berbagai tip dan teknik berikut yang dapat Anda gunakan untuk memanipulasi file pdf. 

Masalah paling umum dan kueri yang relevan dengan format ini adalah konversinya. Anda pasti akan menemukan trik tentang mengonversi file pdf dan tip penting lainnya yang akan membantu Anda dalam berbagai aspek. 

Tip dan alat yang dapat membantu Anda dengan file PDF!

Semua tip ini akan membantu Anda membuat, mengelola, dan menangani semua jenis file. 

Mengonversi file PDF dari dan ke format lain!

Ini adalah masalah paling umum saat ini. Jika Anda ingin mengonversi kata ke pdf, Anda harus memastikan bahwa kualitas dan format file asli tidak terganggu. Anda harus tahu bahwa mengubah kata ke pdf dan sebaliknya menjadi sangat mudah karena alat konverter online. Anda dapat mencoba pengubah kata ke pdf yang alatditawarkan oleh Duplichecker di URL berikut https://www.duplichecker.com/id/word-to-pdf.php.

Alat pengubah kata ke pdf online ini mudah digunakan dan gratis dalam menyediakan layanan. Menggunakan alat konverter online dapat membantu Anda menghemat banyak waktu dan tenaga yang terbuang percuma dalam konversi manual. Anda juga harus tahu bahwa menggunakan pengonversi kata ke pdf online juga penting karena bisa mendapatkan hasil yang akurat. Beberapa konversi umum yang relevan dengan pdf adalah:

  • Konversi kata ke pdf, PDF ke kata!
  • PPT ke PDF, PDF ke PowerPoint.
  • JPG ke PDF dan sebaliknya.
  • PDF ke Excel dan sebaliknya.
  • HTML ke PDF dan sebaliknya.

Anda harus online untuk setiap jenis konversi, termasuk kata ke pdf, jauh lebih mudah.

Menggabungkan atau menggabungkan file PDF!

Penggabungan file PDF bertindak sebagai penggabungan dari dua atau lebih dari dua file menjadi satu. Penggabungan file pdf ini dikenal sebagai cara efektif yang dapat digunakan untuk berbagi dan membaca file dalam sekali jalan. Penggabungan PDF juga menjadi mudah sejak peluncuran alat penggabung pdf online.

Jika Anda ingin menggabungkan file pdf di desktop atau ponsel cerdas, Anda dapat dengan mudah mengambil bantuan dari berbagai situs web seperti PDF dan PDFsam Basic. Alat penggabung pdf dapat menggabungkan file dengan akurasi lengkap.

Memecah atau memecahkan file PDF!

Seperti menggabungkan file pdf, terkadang Anda juga harus membaginya menjadi beberapa bagian kecil karena alasan yang berbeda. Alasan paling umum di balik pemisahan file pdf adalah untuk mengumpulkan bagian-bagian yang berharga sehingga dapat menghemat waktu yang terbuang percuma dalam membaca konten yang tidak berguna.

Anda dapat dengan mudah menemukan banyak alat dan situs yang dapat membantu Anda membagi file pdf. Pilihan paling terkenal adalah alat PDF Split oleh ILovePDF dan PDF2Go. Alat-alat ini dapat membantu Anda membagi / memecah file pdf secara gratis dan tanpa batasan apa pun. 

Mengedit teks dalam file PDF!

Masalah yang cukup umum dengan file pdf adalah file tersebut tidak dapat diedit setelah disimpan. Jika Anda menemukan kesalahan atau ingin menambahkan sesuatu ke teks, Anda tidak dapat melakukannya tanpa alat editor pdf online. Modifikasi file PDF menjadi sangat mudah sejak peluncuran alat pengeditan online oleh Adobe dan situs web lain. Beberapa alat editor terkenal adalah Sejda editor pdf online dan editor pdf Nitro Pro. Kami menyarankan Anda menggunakan alat editor pdf online. Cara lain untuk mengedit file ini adalah dengan menulis ulang semua konten di Word secara manual dan menyimpannya lagi dalam PDF.

Memperbaiki masalah ukuran!

Ukuran file PDF adalah masalah besar yang harus Anda ketahui cara menanganinya. Saat mengirim file pdf besar, Anda mungkin menghadapi banyak keterbatasan. Untuk menghilangkan bit ekstra file pdf tanpa mengorbankan kualitas, Anda harus memilih alat kompresor pdf yang tepat. Alat kompresor pdf online dapat banyak membantu Anda dalam memperbaiki masalah ukuran. Ada banyak alat kompresi pdf online yang dapat Anda pilih. Namun, salah satu alat kompresor pdf paling terkenal adalah milik smallseotools.

Konversikan file pdf yang dipindai menjadi teks / kata!

File pdf yang dipindai akan disimpan dalam salah satu format gambar, dan jika Anda ingin mengubahnya menjadi kata, Anda perlu menggunakan fungsi ocr online. Alat pengonversi gambar ke teks yang memiliki fitur pengenalan karakter optik akan membantu Anda dalam konversi pdf yang dipindai ke kata tanpa repot. Anda dapat mencoba alat OCR dengan searchenginereports.net.

Membuat file pdf aman!

Hari ini, Anda dapat menemukan alat konversi berbeda yang dapat membantu Anda mengubah format PDF untuk pengeditan dan manipulasi, jadi jika Anda ingin mengamankan file pdf Anda, yang perlu Anda lakukan hanyalah menggunakan alat kunci pdf online untuk menambahkan privasi / kode sandi pada File pdf. 

baca juga: Convert Video

Ada banyak lagi tip dan alat bermanfaat yang harus Anda ketahui, tetapi untuk saat ini, Anda harus mempraktikkannya!

Lur Ini Cara Membersihkan Cache Di Hp Android Mu Ben Gak Lemot

Membersihkan Cache Di Hp
Membersihkan Cache Di Hp

Membersihkan Cache Di Hp Android: Jika Anda merasa ponsel dulu mulai Lemot, ada baiknya dulur menghapus data cache aplikasi yang tidak lagi Anda perlukan.

Saat mengakses aplikasi di handphone, biasanya akan menyimpan jejak penyimpanan data yang dimaksudkan untuk memudahkan pengguna mengakses aplikasi yang sama untuk kedua kalinya. Tujuannya adalah untuk membuat prosesor lebih mudah digunakan dan tidak memulai dari awal untuk mengakses aplikasi.

Hp Android Agar Gak Lemot

Penyimpanan data otomatis dari jalur akses aplikasi dikenal sebagai cache. Cache adalah data sementara yang disimpan di sistem penyimpanan internal ponsel. Cache mencatat aktivitas aplikasi yang telah digunakan, dilaporkan oleh OPPO.

Misalnya, saat mengakses browser internet Anda, dan Anda masuk ke halaman email, masukkan akun dan kata sandi Anda. Oleh karena itu, semua data yang telah dimasukkan sebelumnya akan disimpan di cache data.

Kemudian, di lain kesempatan, ketika Anda membuka browser kembali dan ingin mengakses email, biasanya alamat, akun, hingga kata sandi sudah tersimpan di data cache, jadi Anda tidak perlu mengetik ulang untuk kedua kalinya.

Untuk fungsinya sendiri, halaman Samsung menyatakan bahwa cache bertujuan untuk mempersingkat waktu akses aplikasi, jika datanya sudah tersimpan. Ini juga meringankan beban lalu lintas internet dalam keadaan tertentu.

Beberapa aplikasi yang sering Anda akses memerlukan data yang disimpan dalam cache untuk efisiensi, tetapi jika data yang disimpan dalam cache kelebihan berat badan, hal itu memperlambat kinerja perangkat cerdas Anda.

Pasalnya, seperti yang sudah disebutkan di atas, data yang di-cache disimpan di memori internal dan jika datanya banyak maka akan memakan banyak ruang.

Jika Anda merasa ponsel Anda mulai melambat, ada baiknya Anda menghapus data cache aplikasi yang tidak lagi Anda perlukan. Bagaimana cara menghapus data cache di ponsel Android? Halaman Android Central menyediakan langkah-langkah berikut:

Membersihkan Cache Di Hp

Hapus cache di Handphone Android

  1. Buka Pengaturan atau Pengaturan di ponsel Anda
  2. Klik Storage untuk membuka pengaturan aplikasi
  3. Atau Anda dapat membuka Manajemen Aplikasi atau Manajer Aplikasi di Pengaturan ponsel dulur
  4. Buka Aplikasi Lain atau Aplikasi Lain untuk melihat daftar aplikasi yang diinstal pada ponselmu lur
  5. Buka aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya
  6. Terakhir, klik Clear Cache atau Clear Cache di pengaturan aplikasi

Setelah data cache dihapus, ruang memori internal akan diperluas. Semoga kinerja para staf lebih cepat. Namun, aplikasi yang di-cache akan kembali ke keadaan semula.

Akses ulang, Anda harus memulai sistem dari awal dan waktu buka aplikasi akan lebih lama daripada saat cache aplikasi belum dihapus.

jika dulur belum tahu apa itu cache silahkan baca Apa Itu Cache dan Manfaatnya

Artikel ini kurasi dari tirto.id

Social Media Marketing Apa Manfaatnya bagi Bisnis?

Social Media Marketing

social media for marketing, Social Media Marketing adalah penggunaan platform media sosial untuk terhubung dengan audiens Anda untuk membangun merek Anda.  Dengan Social Media Marketing mampu meningkatkan penjualan, dan mengarahkan lalu lintas situs web.

Apa Itu social Media Marketing?

Ini melibatkan penerbitan konten hebat di profil media sosial Anda, mendengarkan dan melibatkan pengikut Anda, menganalisis hasil Anda, dan menjalankan iklan media sosial.

Platform media sosial utama (saat ini) adalah Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Pinterest, YouTube, dan Snapchat.

Ada juga berbagai alat manajemen media sosial yang membantu bisnis mendapatkan hasil maksimal dari platform media sosial yang tercantum di atas.

Misalnya, matadigital merupakam perusahaan jasa manajemen media sosial, yang dapat membantu Anda mencapai kesuksesan. Dengan pemasaran media sosial Anda. Baik Anda ingin membangun merek atau mengembangkan bisnis, kami ingin membantu kesuksesan anda.

Gambaran Singkat social Media Marketing

Pemasaran media sosial pertama kali dimulai dengan penerbitan. Bisnis membagikan konten mereka di media sosial untuk menghasilkan lalu lintas ke situs web mereka dan, semoga, penjualan. Tetapi media sosial telah berkembang jauh dari sekadar tempat untuk menyiarkan konten.

Saat ini, bisnis menggunakan media sosial dengan berbagai cara. Misalnya, bisnis yang peduli tentang apa yang dikatakan orang tentang mereknya akan memantau percakapan media sosial dan menanggapi penyebutan yang relevan (mendengarkan dan keterlibatan media sosial).

Bisnis yang ingin memahami bagaimana kinerjanya di media sosial akan menganalisis jangkauan, keterlibatan, dan penjualannya di media sosial dengan alat analitik (analitik media sosial). Bisnis yang ingin menjangkau khalayak tertentu dalam skala besar akan menjalankan iklan media sosial yang sangat bertarget (iklan media sosial).

Secara keseluruhan, ini sering juga dikenal sebagai manajemen media sosial.

1. Strategi

Sebelum Anda terjun langsung dan mempublikasikan sesuatu di media sosial, mari kita mundur sejenak dan melihat gambaran yang lebih besar. Langkah pertama adalah memikirkan strategi media sosial Anda.

Apa tujuanmu lur?

Bagaimana media sosial dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda? Beberapa bisnis menggunakan media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek mereka, yang lain menggunakannya untuk mengarahkan lalu lintas dan penjualan situs web.

Media sosial juga dapat membantu Anda menghasilkan keterlibatan di sekitar merek Anda, membuat komunitas, dan berfungsi sebagai saluran dukungan pelanggan bagi pelanggan Anda.

Platform media sosial mana yang ingin Anda fokuskan? Platform media sosial utama, yang disebutkan di atas, adalah Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Pinterest, YouTube, dan Snapchat.

Ada juga platform yang lebih kecil dan akan datang, seperti Tumblr, Tik Tok, dan Anchor, dan platform perpesanan sosial, seperti Messenger, WhatsApp, dan WeChat. Saat memulai, lebih baik memilih beberapa platform yang menurut Anda digunakan oleh audiens target Anda daripada menggunakan semua platform.

Jenis konten apa yang ingin Anda bagikan? Jenis konten apa yang paling menarik audiens target Anda? Apakah itu gambar, video, atau tautan?

Apakah itu konten pendidikan atau hiburan?

Tempat yang baik untuk memulai adalah dengan membuat persona pemasaran, yang akan membantu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Dan ini tidak harus diperbaiki selamanya; Anda selalu dapat mengubah strategi Anda sesuai dengan kinerja posting media sosial Anda.

Untuk membantu Anda membuat strategi media sosial yang hebat, berikut adalah panduan langkah demi langkah jangka panjang kami dalam membuat strategi media sosial dan rencana pemasaran media sosial.

Silahkan Baca lur: Media Social Bagi Kesehatan

2. Perencanaan dan Penerbitan

Pemasaran media sosial untuk bisnis kecil biasanya dimulai dengan kehadiran yang konsisten di media sosial. Hampir tiga miliar orang (3.000.000.000!). Menggunakan media sosial. Dengan hadir di platform media sosial, Anda memberi merek Anda kesempatan untuk ditemukan oleh pelanggan masa depan Anda.

Menerbitkan ke media sosial semudah membagikan postingan blog, gambar, atau video di platform media sosial. Ini seperti bagaimana Anda berbagi di profil Facebook pribadi Anda. Tetapi Anda ingin merencanakan konten Anda sebelumnya daripada membuat dan menerbitkan konten secara spontan.

Selain itu, untuk memastikan bahwa Anda memaksimalkan jangkauan Anda di media sosial, Anda perlu mempublikasikan konten hebat yang disukai audiens Anda, pada waktu dan frekuensi yang tepat.

Sekarang ada berbagai alat penjadwalan media sosial, seperti Buffer Publish, yang dapat membantu Anda mempublikasikan konten Anda secara otomatis pada waktu yang Anda inginkan. Ini menghemat waktu Anda dan memungkinkan Anda menjangkau audiens saat mereka kemungkinan besar akan terlibat dengan konten Anda.

3. Mendengarkan dan Keterlibatan

Seiring pertumbuhan bisnis dan media sosial Anda, percakapan tentang merek Anda juga akan meningkat. Orang-orang akan mengomentari postingan media sosial Anda, menandai Anda di postingan media sosial mereka, atau mengirimi Anda pesan secara langsung.

Orang-orang bahkan mungkin membicarakan merek Anda di media sosial tanpa memberi tahu Anda. Jadi, Anda ingin memantau percakapan media sosial tentang merek Anda. Jika itu adalah komentar positif, Anda berkesempatan untuk mengejutkan dan menyenangkan mereka.

Jika tidak, Anda dapat menawarkan dukungan dan memperbaiki situasi sebelum menjadi lebih buruk.

Anda dapat memeriksa semua notifikasi secara manual di semua platform media sosial tetapi ini tidak efisien dan Anda tidak akan melihat postingan yang tidak menandai profil media sosial bisnis Anda.

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan alat pendengar dan keterlibatan media sosial yang mengumpulkan semua sebutan dan pesan media sosial Anda, termasuk pos yang tidak menandai profil media sosial bisnis Anda.

4. Analisis

Sepanjang jalan, apakah Anda mempublikasikan konten atau terlibat di media sosial, Anda pasti ingin tahu bagaimana kinerja pemasaran media sosial Anda. Apakah Anda menjangkau lebih banyak orang di media sosial daripada bulan lalu? Berapa banyak sebutan positif yang Anda dapatkan dalam sebulan? Berapa banyak orang yang menggunakan hashtag merek Anda di postingan media sosial mereka?

Platform media sosial itu sendiri menyediakan tingkat dasar informasi semacam itu. Untuk mendapatkan informasi analitik yang lebih mendalam atau untuk membandingkan dengan mudah di seluruh platform media sosial, Anda dapat menggunakan berbagai alat analitik media sosial yang tersedia, seperti Analisis Buffer.

5. Periklanan

Ketika Anda memiliki lebih banyak dana untuk mengembangkan pemasaran media sosial Anda, area yang dapat Anda pertimbangkan adalah iklan media sosial. Iklan media sosial memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih luas daripada mereka yang mengikuti Anda.

Platform periklanan media sosial sangat kuat saat ini sehingga Anda dapat menentukan dengan tepat kepada siapa iklan Anda akan ditampilkan. Anda dapat membuat audiens target berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan lainnya.

Saat Anda menjalankan banyak kampanye iklan media sosial sekaligus, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan alat periklanan media sosial untuk membuat perubahan massal, mengotomatiskan proses, dan mengoptimalkan iklan Anda.

Sumber Daya Pemasaran Media Sosial

Platform media sosial selalu berkembang. Saat Facebook pertama kali dimulai, orang hanya dapat membagikan pembaruan teks. Sekarang, banyak sekali format konten seperti gambar, video, video langsung, dan Cerita.

Karenanya, pemasaran media sosial juga selalu berubah. Kami ingin membantu Anda tetap up-to-date dengan semua perubahan dan strategi terbaru untuk sukses di media sosial. Berikut beberapa sumber untuk Anda mulai:

Blog Pemasaran Media Sosial

Blog pemasaran media sosial Buffer mencakup strategi dan alat media sosial terbaru untuk Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya.

Cara Pemasaran Media Sosial

Panduan lengkap pemula untuk membuat rencana pemasaran media sosial, bagi mereka yang baru mengenal media sosial dan mencari cara mudah untuk memulai.

Panduan Mendengarkan dan Keterlibatan Media Sosial, Inilah mengapa menurut kami mendengarkan dan keterlibatan media sosial sangat penting dan bagaimana Anda dapat mengatasi tantangan untuk mengembangkan strategi yang sukses.

Analisis Media Sosial

Ada banyak informasi dan wawasan dalam data media sosial Anda. Berikut adalah tujuh tip analitik media sosial yang sederhana, cepat, dan dapat ditindaklanjuti.

Panduan Periklanan Media Sosial

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dengan periklanan media sosial. Sulit untuk mengetahui di mana atau bagaimana tepatnya untuk memulai. Berikut semua hal yang perlu diketahui pemasar tentang beriklan di Facebook (media sosial).

Apa Itu Cache? Ketahui Arti Dan Manfaatnya

Fungsi Cache Adalah?

Apa Itu Cache?, Cache adalah proses yang digunakan oleh browser dan aplikasi untuk menyimpan informasi. Anda pasti sudah menghapus riwayat di browser, kan,  Saat Dulur  menghapus history, pasti ada kalimat “Clear Cache”.

Misalnya, di Chrome, jika Anda ingin menghapus riwayat Anda, Anda akan diberikan opsi untuk menghapus gambar dan file yang di-cache. Proses ini biasanya digunakan untuk melindungi privasi atau menghemat ruang penyimpanan. Tetapi jika Anda tidak yakin apa itu cache, dan perlu memahami apa itu cache, kami akan membahasnya di sini.

Apa Itu Cache?

Cache merupakan proses menyimpan data sementara sehingga situs, browser, atau aplikasi tidak perlu mendownload data berulang kali. Tristan Liverpool, Direktur Teknik Sistem di F5 Network, membandingkan dengan bepergian.

Saat dulur berkendara ke lokasi baru untuk pertama kalinya, otak menyimpan informasi tentang perjalanan tersebut. Nanti, ketika Anda kembali ke lokasi, Anda akan menggunakan informasi itu untuk membantu mengidentifikasi beberapa tempat dan sampai di sana lebih cepat.

Fungsi Cache Adalah?

Fungsinya sama dengan cache. Saat pengguna pertama kali mengunjungi situs web, browser menyimpan informasi yang membantu perangkat mengakses situs web dengan lebih efisien untuk kunjungan berikutnya.

Ada banyak cara untuk menyimpan data dalam cache, tetapi biasanya terserah pemilik situs web untuk menyiapkan apa yang disebut sebagai “tajuk” data. Ini akan memberi tahu komputer bahwa pengguna dapat di-cache. Pemilik situs web menetapkan instruksi caching dan browser akan tahu apa yang harus diunduh.

Instruksi juga harus mencakup bagaimana dan di mana file disimpan sementara. Anda dapat mengubah kebijakan secara manual, apa yang di-cache dan yang tidak. Anda juga dapat menyetel kebijakan untuk menyetel preferensi atau menghapus seluruh cache yang disertakan dalam file sementara kapan saja.

Manfaat Caching

Caching membantu membuat aplikasi lebih cepat dan lebih efisien karena data disimpan secara lokal. Di browser, data cache itu adalah informasi yang akan membuat situs web memuat lebih cepat karena mereka dapat mengakses data lebih cepat daripada folder lokal. Misalnya, gambar di beranda atau situs blog Anda bisa berukuran relatif besar, jadi caching elemen ini hanya perlu diunduh sekali.

Pengguna pasti akan lebih sering meninggalkan situs web jika terlalu lama memuat. Oleh karena itu, menggunakan cache merupakan cara penting bagi pemilik situs untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Kedepannya diharapkan alat perkantoran seperti Google Docs akan lebih sering digunakan karena sudah banyak orang yang merasakan manfaatnya. Oleh karena itu, pengguna juga akan menggunakan lebih banyak caching.

Caching Juga Digunakan Oleh Aplikasi

Caching tidak hanya digunakan oleh situs web dan browser. Proses caching yang sama berlaku untuk aplikasi di ponsel yang mengandalkan data web dan cloud. Aplikasi terkenal seperti Spotify juga menggunakan caching.

Proses caching akan bekerja saat pengguna mendownload lagu dan menyimpan lagu favorit dari Spotify sehingga bisa diakses saat ponsel tidak ada sinyal. Lagu-lagu ini tidak disimpan di ponsel Anda tanpa batas waktu, tetapi akan otomatis dihapus setelah beberapa minggu.

Mengunduh lagu ke dalam cache agar dapat didengar saat tidak ada sinyal adalah penggunaan cache yang inovatif dan sangat membantu. Spotify memastikan pengguna tetap bisa mendengarkan lagu dengan strategi caching.

Kekurangan dari Caching

Meskipun caching dapat meningkatkan kinerja pencarian web, caching juga dapat membuat Anda rentan terhadap peretas. Karena halaman web di-cache di browser, yang cenderung berisi informasi rahasia dan sensitif.

Artinya secara teoritis dapat menampilkan data otentikasi atau informasi pelanggan. Masalah lainnya adalah jika browser dibiarkan tanpa pengawasan, maka pengguna lain dapat mengakses komputer bersama, pengguna lain dapat menggunakan riwayat sebelumnya dari cache browser.

Cara Menghapus Cache

Seperti yang disebutkan sebelumnya, membersihkan cache berarti menghapus data yang disimpan. Jadi, periksa baik-baik apakah ada history yang penting, agar tidak terhapus.

Chrome

Buka Chrome, klik tiga titik vertikal di sudut kanan atas.
Buka “Alat lainnya”
Pilih “Hapus data penjelajahan”
Centang kotak Cookies dan plug-in dari situs tersebut
Anda dapat memilih jumlah data yang ingin Anda hapus. Dari menghapus data sehari sebelumnya hingga mulai menggunakan browser. Setelah memilih opsi ini, klik “Hapus data”.

Safari

Untuk menghapusnya, pilih “History”, lalu “Clear History”. Sebuah drop-down akan muncul, memungkinkan Anda untuk menghapus semua data dari satu jam terakhir, hari ini, kemarin, dan semua riwayat.

Dengan menghapus History, Anda juga menghapus Cookies dan semua cache di browser. Atau kita dapat memilih entri dalam daftar, klik kanan dan Hapus, jika kita ingin menghapus setiap situs.

Firefox

Klik tombol menu, pilih “History”, lalu “Delete recent history”. Pilih berapa banyak histori yang ingin Anda hapus dengan memilih rentang waktu, mirip dengan proses yang dilakukan Chrome. Lalu, klik panah di samping Detail untuk memilih informasi apa yang akan dihapus. Kemudian, klik tombol “Bersihkan Sekarang”

Anda dapat menghapus cache di Android untuk mengosongkan ruang di ponsel Anda melalui Pengaturan. Di Pengaturan, pilih menu Aplikasi, temukan dan tentukan aplikasi mana yang ingin menghapus cache atau data Anda.

Tombol untuk membersihkan cache dan data aplikasi akan terlihat dan Anda dapat melihat berapa banyak penyimpanan yang digunakan, lalu menghapusnya.

iOS

Dengan cara yang sama seperti Android, buka “Pengaturan”, “Umum”, “Penyimpanan & Penggunaan iCloud“. Di “Penyimpanan”, pilih “Kelola Penyimpanan”. Untuk melihat penyimpanan yang digunakan oleh setiap aplikasi, pilih dari daftar, buka Docs & Data.

Catatan:

Cache merupakan proses yang digunakan oleh browser dan aplikasi untuk menyimpan informasi. Sementara cache berguna untuk menghemat waktu dan data, cache juga bisa rusak. Virus dapat mengunduh dirinya sendiri ke dalam cache browser dan menginfeksi seluruh komputer.

baca juga: Plugin Cache WordPress

File juga bisa sangat usang (karena terlalu tua), jika cache tidak dibersihkan. Ini dapat menyebabkan halaman yang Anda lihat menjadi tidak relevan atau bahkan menyebabkan kesalahan. Cache juga biasanya menghabiskan banyak penyimpanan.

Mengingat beberapa ponsel dan komputer memiliki penyimpanan terbatas, penting juga untuk menghapus cache. Anda dapat mengosongkan cache pada perangkat atau aplikasi Anda jika ponsel Anda mulai melambat atau macet.

sumber: domainesia