Beranda blog

7 Free Title templates Adobe Premiere Pro CC 2018/2017

Free Title templates Adobe Premiere Pro CC
Free Title templates Adobe Premiere Pro CC

7 Free Title templates Adobe Premiere Pro CC 2018/2017, includes an Essential Graphics panel, adding to this feature allows the video editor to easily add graphical elements that they usually have to import into the project bin.

Besides this feature saves time for video editors, it also serves as a window of opportunity for Video editors to use a new. MOGRT platform to create templates for use by anyone, rather than having to distribute graphics Via Adobe After Effects template.

7 Free Title templates Adobe Premiere Pro CC 2018/2017

Recently, the graphic designer of the YouTube channel ArmaganVideos released seven graphical template titles/intros (with glitches) to be used with the Essential Graphics Premiere Pro 2017/2018 panel. The package contains a variety of designs, suitable for projects suitable for beauty and lifestyle videos up to video review technology.

Also read: How to Convert Video MP4 files smaller without reducing Video quality

The first Template with this minimalist title is from a single letter as the main graphic icon. In addition to the ability to customize the text, the template also includes an option to turn on/off glitch fade out errors, letterboxing (customizable colors), title colors, icon colors, and square colors. These graphs seem to be suitable for vlog/lifestyle videos or for any project that is looking for a simple but visually appealing intro.

Furthermore this free template is a slick sports graphic with sliding text and a shiny lens flare. With templates, you can customize text, graphic colors, lens flare colors, background colors, and positions of all elements. As the name suggests, this graphic is best suited for sports or even automotive videos, such as those reminiscent of smooth and fast transitions and template transitions.

The third Template is a simple text-based graphic that is suitable for lifestyle creators/vloggers. The animation of the text was deliberately foggy. Some aspects of customisable graphics include text transitions, color text, and glitches (toggle on or off).

READ ALSO: How to create a Channel on Youtube

The fourth, fifth, and sixth templates are considered suitable for fashion/beauty videos. One graphic feature is made to represent a glowing neon sign that is visible in front of a store. Customisability options include text, color, graphic positioning, and options among three icon options: Rose, Ananas, and palm trees.

Another graphic created for fashionistas, this template consists of scrolling text – an interesting rotating text animation. Besides being able to change the text and colors, there is not much going on for graphics except for the fact that it spins. Still, for those who need fine graphics, this is probably what you’re looking for.

The graphical line of beauty-focused teachers is a straightforward text animation with an elegant boundary line above and below the text (apparently there is a theme of simplicity with this graphic). As in the last graph, the customization options only include the text and color of the graphical elements.

The last template of a graphics package is a technology template created for technology-review/technology channels. This Template seems to be the most involved among other graphics as it contains many elements in the design, including frame markers, irregular middle markers, and various aesthetically placed lines reminiscent of Technology. All features can be be toggled on or off, and more customization includes text and color.

READ ALSO: Tutorial Camtasia Studio 9 Bag. 1 – Basic Menu and Work field Camtasia 9

With all these great graphic templates included in one package, it’s no surprise to see these prices for $49.99 or even more. Well, surprise! All of this is completely free to download without any limitations. If you want to look around your own templates for your next project, you can get them through the links below. Source: www.4kshooters.net

Download: 7 FREE Titles/Intros (with Glitches) for Premiere Pro CC 2017

Cara Live Streaming Youtube dengan OBS Tanpa Ngelag

cara Live Streaming Youtube dengan obs
cara Live Streaming Youtube dengan obs

Cara Live Streaming Youtube dengan OBS : Sering kali kita nonton youtube menemukan video para gamer atau siaran televisi melakukan livestreamin di youtube. Jangan kuatir kita juga bisa melakuan livestreming sendiri dengan Handphone atau Laptop.

Kali ini saya akan mengulas cara melakukan livestreaming dengan menggunankan software broadcast OBS (Open Broadcaster Software). Ada banyak software yang bisa kita gunakan untuk melakukan livestreming di youtube seperti VMIX, Xslpit, Stage Ten, Streamlabs OBS dll.

cara Live Streaming Youtube dengan obs
cara Live Streaming Youtube dengan obs

Kenapa memilih OBS?

Jawabanya simple karena OBS Gratis dan fiturnya lengkap tidak kalah dengan software livstreming lainya. Selain itu obs di recomendasikan oleh Youtube, Facebool, Twich dll.

Silahkan ikuti panduan live streaming Youtube dengan obs dibawah ini!

Cara Live Streaming Youtube dengan OBS

Sebelum kita mulai live streaming Youtub siapkan dulu perangkat dan encoder softwarenya terlebih dahulu. Untuk encoder kita akan menggunakan OBS, silahkan download terlebih dahulu Open Broadcaster Software disini susuaikan dengan OS yang kita gunakan di laptop. OBS support multi platform windows, mac os dan linux.

Siapkan laptop yang kita gunakan untuk live streaming, laptop dengan spesifikasi tinggi sangat disarankan (VGA Exsternal dan ram besar). Cek dulu perangkat laptop mic dan speaker apa sudah berfungsi dengan baik.

Silahkan install software OBS yang sudah kita download tadi pada pc atau laptop kita, tunggu sampai selesai (saran setelah selesai restart komputer/laptop). Selanjutnya kita siapkan dulu channel youtube livestremingnya.

Syarat Untuk Live Streaming Youtube

Untuk melalukan live streaming di youtube kita harus punya akun dan channel youtube yang memenuhi syarat. Jika belum memiliki channel youtube ikuti panduan membuat channel youtube.

Syarat pertama, channel youtube harus sudah terverifikasi jika belum kita harus verifikasi terlebih dahulu. Caranya login terlebih dahulu ke channel youtube, buka http://www.youtube.com/verify silahkan masukan no handphone ada dua opsi via telepon atau sms, pilih salah satu. Silahkan masukan kode verifikasi yang kita dapatkan ke kolom verifikasi. Jika channel sudah terverifikasi selanjutnya.

Syarat kedua, mengaktifkan fitur live streaming youtube dari dasboard, atau buka link https://www.youtube.com/features.

Aktifkan live streaming youtubePastikan fitur live streaming youtube sudah diaktifkan, lihat gambar diatas.

Langkah-langkah Live Streaming Youtube

1). Jika sudah siap langkah selanjutnya adalah membuat streaming baru pada studio youtube https://studio.youtube.com/ dan klik ikon live 

 

2). Kita akan diarahkan pada laman produksi live streaming youtube. Isi judul dan deskripsi live streaming Kategori dan juga centang video untuk anak-anak atau bukan.

 

Setelah selesai klik buat streaming.

3). OK, Live streaming youtube sudah siap, perhatikan gambar dibawah pada setelan live streaming > kunci streaming silahkan di copy, karena ini nanti kita butuhkan di software OBS.

 

Berikutnya adalah setting OBS untuk live streaming youtube, pastikan terlebih dahulu laptop atau komputer kita sudah terkoneksi dengan Internet.

Berapa upstream internet yang bagus untuk live streaming?

Semakin tinggi upstream maka semakin bagus kualitas video yang akan dihasilkan. Upstream adalah kecepatan upload dari layanan internet. Kecepatan upload internet usahakan diatas 2Mbs jika dibwahnya kemungkinan ngelag dan video putus-putus.

Live Streaming Youtube Dengan OBS

Langkah selanjutnya adalah setting live streaming youtube di encoder OBS, ini akan menentukan kualitas dan desain live streaming di youtube.

1.  Buka dulu aplikasi OBS di laptop atau komputer

 

2. Setelah OBS terbuka silahkan klik studio mode atau biarkan default. Perhatikan gambar dibwah ini untuk langkah berikutnya. Saya menggunakan auto configuration wizard, karena dengan configuration wizard kita akan mendapatkan settingan yang tepat untuk perangkat dan kecepatan internet yang kita gunakan.

 

3. Selanjutnya klik next

 

4. Setelah itu kita diarahkan ke halam setting canvas OBS, settingan ini secara default menyesuaikan deangn VGA laptop atau komputer.

 

5. Anda bisa mengatur settingannya dengan menurunkan FPS nya menjadi 30, karena fps 30 sudah cukup bagus kualitas videonya. Hal ini untuk mengurangi beban cpu laptop atau komputer, klik next.

6. Selanjutnya akan diarahkan ke settingan kualitas video streaming dan settig key youtube streaming. Silahkan pilih service youtube/youtube gaming, masukan key youtube yang sudah kita copy tadi dari laman youtube.

Untuk Server pilih Primary youtube ingest server. Setting Bitrate bisa anda turunkan ke angka 1000 atau bisa di centang ‘estimate bitrate with bandwith test’ ini untuk menguji kecepatan internet kita dan menyusaikan secara otomatis dengan settingan OBS.

 

7. Silahkan tunggu beberapa detik OBS akan menentukan settingan yang pas buat perangkat dan kecepatan internet kita. Kalau sudah klik apply setting.

 

8. Ok Settingan live streaming youtube anti ngelag sudah selesai, langka selanjutanya adalah setting video yang akan kita livekan.

 

9. Silahkan buat scene (bisa direname dengan nama live kita) dengan klik kanan pada kolom scene. Setelah membuat scene selanjutnya silahkan arahkan mouse ke kolom source (sumber) klik icon plus untuk menambahkan video atau kamera kita.

 

10. Buka video capture device, berinama yang sesuai contoh webcam karena kita akan live menggunakan webcam laptop. Kita juga bisa menambahkan teks logo atau gambar pada video livestreaming youtube.

11. Kalau sudah setting source videonya silahkan klik start streaming.

 

12. Down, selesai sudah setting live streaming youtube menggunakan OBS (Open Broadcaster Software) lihat pada channel youtube live streaming kita sudah berjalan.

Jenis Source Pada OBS

  • Audio,  berfungsi untuk memasukan suara pada video live streaming kita, bisa dari microphone atau mixer audio.
  • Browser Source, berfungsi untuk menampilkan gambar atau video dari browser, bisa dari youtube, instagram atau link video yang lainya. Kita juga mendesainya sesuai dengan keinginan kita agar tampak bagus pada saat live di channel youtube kita.
  • Display Capture, Ini bisa mempilkan layar komputer kita yang akan kita tampilkan pada live streamin youtube.
  • Game Capture, ini berfungsi jika kita menggunakan perangkat game capture untuk melakukan live streaming games di youtube.
  • Image, dengan ini kita bisa menambahkan gambar, logo atau foto pada live streaming.
  • Media Source, kita bisa mengambil video dari laptop atau komputer kita untuk selanjutnya kita livekan di youtube.
  • Scene, ini berfungsi jika kita ingin menambahkan beberapa scene sebagai pilihan untuk live streaming.
  • Text, kita bisa menggunakan fitur ini untuk menambahkan teks, atau running teks pada video live streaming youtube kita.
  • Video Capture Device, fitur ini akan mendeteksi perangkat kamera kita. Jika kita menggunakan webcam atau kamera dedicated. Atau kita menggunakan perangkat video capture seperti blackmagic, easy cap atau lainya.
  • Window Capture, dengan fitur ini kita bisa menampilkan window atau program yang kita buka pada live streaming. Contohnya kita ingin meyiarkan secara langsung zoo meeting kita ke youtube, kita bisa menggunakan fitur ini.

Kenapa Live streaming Youtube Patah-patah (NGELAG)?

Cara Live Streaming Youtube dengan OBS patah-patah, kemungkinanya perangkat dan kecepatan internet kita kurang sesuai dengan settingan OBS (VGA Exsternal dan ram besar). Cara mengatasinya adalah dengan menurunkan resolusi liev streaming.

  1. Silahkan buka OBS – Settings
  2. Pilih menu Video, ubah setingan output resolusinya sesuikan dengan perangkat yang kita gunakan dan rekomedasi dari youtube.
  3. Berikut setting output resolusi OBS supaya Live Streaming Youtube kita Lancar
    Angka Resolusi Optimal yang disarankan oleh Youtube antara lain :
    426×240 untuk Video Bitrate Range, 300 hingga 700 Kbps
    640×360 untuk Video Bitrate Range, 400 hingga 1,000 Kbps
    854×480 untuk Video Bitrate Range, 500 hingga 2,000 Kbps
    1280×720 untuk Video Bitrate Range, 1,500 hingga 4,000 Kbps
    Atau bisa dicek pada rekomedasi youtube disini.
  4. Turunkan secara bertahap dari resolusi awal sampai pada benar-benar pas dan hasil live streaming tidak ngelag atau patah-patah.

kesimpulan:

Itulah  Cara Live Streaming Youtube dengan OBS. Silahkan lakukan trial and error untuk mendapatkan hasil terbaik yang sesuai dengan perankat dan kecepatan internet.

Cari settingan yang tepat untuk menghasilkan video live streaming terbaik.

Terimakasih dan selamat mencoba, semoga dilain waktu bisa mengulas lagi beberapa fitur OBS untuk live streaming di faceboo, twitter atau instagram.

Cara Transfer file dari Android ke Macbook

Cara Transfer file dari Android ke Macbook
Cara Transfer file dari Android ke Macbook

Cara Mentransfer File Android ke Macbook Pro 13 – Ponsel Android Anda tidak terbaca saat terhubung ke macbook melalui USB? Jika Ya, maka perlu Anda ketahui bahwa laptop atau iMac berbasis macOS berbeda dengan Windows.

Perangkat Apple tidak bisa sembarangan menerima perangkat input atau output, jadi kita harus menggunakan beberapa cara untuk menghubungkan android ke macbook untuk mentransfer file, mencadangkan, atau mentransfer data penting seperti foto, video, atau file.

Untuk menghubungkan android dengan macbook, diperlukan beberapa hardware dan software pendukung, seperti Aplikasi atau Driver, USB Original dan Enable USB Debugging Mode pada perangkat Android. Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan, simak artikel berikut:

Cara Mentransfer File Android ke Macbook

Agar Anda dapat menyalin file tempel dari android ke macbook dan sebaliknya, Anda harus menghubungkan android ke macbook. Ada beberapa cara yaitu nirkabel, kabel atau melalui flash drive.

Cara Transfer file dari Android ke Macbook
Cara Transfer file dari Android ke Macbook

1. Instal Transfer File Android

Cara Mentransfer File atau Data dari Android ke Mac. Agar perangkat Android dapat terbaca di macbook dan laptop imac, Anda perlu menginstal aplikasi resmi besutan google yaitu Android File Transfer.

Aplikasi ini berfungsi sebagai jembatan yang mendukung debugging driver usb android serta aplikasi pengelola file bawaan untuk membaca data di perangkat android.

  1. Pertama, Unduh Transfer File Android.
  2. Kemudian klik dua kali AndroidFileTransfer.dmg
  3. Seret Logo Transfer File Android ke folder Aplikasi
  4. Kemudian aplikasi akan terinstal dan muncul di laci aplikasi macbook atau iMac

Selanjutnya aktifkan USB Debugging, caranya

Aktifkan ponsel Android Anda
Buka Pengaturan> Tentang Ponsel> Informasi Perangkat Lunak
Kemudian cari info “Build Number”

Kemudian tekan beberapa kali hingga muncul keterangan “Developer mode has been enabled”.

Kemudian temukan menu Pengaturan> Opsi Pengembang
Kemudian centang USB Debungging dan klik OK
Cara Mentransfer File atau Data dari Android ke Mac 1
Setelah Android File Transfer Terinstal dan USB Debugging Diaktifkan, Anda tinggal membuka aplikasi AFT dan kemudian data Anda akan terbaca secara otomatis. Untuk menyalin dan menempel, cukup seret folder / file ke macbook atau desktop iMac Anda.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi gratis dan berbayar yang dapat menghubungkan android dengan perangkat mac, antara lain: airdroid, Airmore, shareid

Pertama, unduh salah satu aplikasi di atas. Pilih yang sesuai dengan selera Anda.
Kemudian instal aplikasi di macbook

Ada beberapa aplikasi yang harus kita install yaitu aplikasi client di android kita
Kemudian sambungkan melalui wifi atau usb dengan mengikuti panduan yang muncul
Setelah terhubung, kita dapat mentransfer data antara android dan macbook yang kita miliki

3. Transfer File dari Android ke Macbook dengan OTG Flash

Cara termudah dan tercepat adalah dengan menggunakan flashdisk. Kita cukup menghubungkan Flashdisk ke Android menggunakan OTG converter. Kemudian salin file yang ingin Anda pindahkan. Setelah itu colok ke macbook dan paste file yang diinginkan.

Cara ini sangat sederhana, kita tidak perlu menginstal software atau aplikasi. Tapi kita butuh modal untuk membeli flashdisk. Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat…

Syarat Copy Paste file dari Android ke Macbook menggunakan Flashdisk
Ponsel Android Anda harus mendukung fitur OTG (USB On The Go), jika tidak, flash drive tidak akan terbaca.

Format flash drive harus FAT32 atau Exfat. Macbook tidak akan dapat membaca format NTFS. Jika menggunakan NTFS, kita tidak bisa copy paste kecuali menggunakan software NTFS Reader.

Flashdisk yang digunakan harus asli agar tidak merusak perangkat.

Baca Juga: Cara Convert Video MP4

Kesimpulan : Cara Mentransfer File Android ke Macbook

Itulah cara menghubungkan android ke perangkat apple yang menggunakan sistem operasi OS X atau MacOS. Jika Anda menggunakan perangkat iPhone, Anda dapat dengan mudah menghubungkan dan melakukan proses pencadangan. Cukup gunakan fitur Airdrop atau iTunes.

Sekian tutorial kali ini, semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan bisa tinggalkan komentar Gratis Kok.

11 Green Screen Subscribe Like dan Lonceng Gratis

Download Green Screen Subscribe Like dan Lonceng – Unduh Layar Hijau Berlangganan dan Suka Gratis Tanpa Hak Cipta, Download Green screen Subscribe dan lonceng mp4. Apakah anda youtuber pemula yang sedang mencari kumpulan tombol subscribe dan like background hijau? Itu berarti Anda menemukan artikel yang tepat. Kumpulan animasi greenscreen subscribe dan like bisa anda download secara gratis dan pasti tanpa hak cipta.

Silahkan download green screen subscribe mp4 yang akan saya taruh link downloadnya dibawah ini. Anda bebas menggunakannya, bahkan membagikannya ke teman youtuber lainnya.

Download Green Screen Subscribe Like dan Lonceng

Download Green Screen Subscribe Like dan Lonceng
Download Green Screen Subscribe

Kumpulan langganan layar hijau atau green screen ini saya berikan secara gratis, saya dapatkan dari youtube kemudian saya potong-potong. Saya membuat file satu, sehingga Anda dapat mengunduh semuanya dalam satu folder.

TRENDING: Download Video Scene Lucu Favorit Youtuber
Ada banyak layar hijau bebas hak cipta, tetapi yang saya suka adalah 11 layar hijau terbaik dan sering digunakan oleh youtuber terkenal.

Tombol berlangganan layar hijau ini sangat berguna untuk menambah pelanggan. Agar ajakan subscribe lebih kuat, maka pada video yang anda upload sangat perlu ditambahkan animasi untuk klik tombol subscribe yang ada di green screen.

Kumpulan GREEN SCREEN Berlangganan Gratis tanpa Hak Cipta
Untuk mendownload silahkan klik DOWNLOAD GREEN SCREEN

Semoga 11 animasi berlangganan green screen diatas bermanfaat untuk menambah subscriber teman teman kalian semua.

Saya juga menyediakan materi editing video youtube lainnya. Silahkan Dowbload link dibawah ini : DOWNLOAD BACKSOUND NO COPYRIGHT

Dalam waktu dekat saya juga akan membagikan kumpulan green screen intro to outro. Semoga bermanfaat Lur.

5 Cara Sukses Cari Duit dengan Menjadi Youtuber

Cara Sukses Jadi Youtuber
Cara Sukses Jadi Youtuber

Cara Sukses Jadi Youtuber, Berdasarkan riset hootsuite Rata-rata orang indonesia menonton youtube setiap harinya. Youtube juga menjadi social media terpopuler di indonesia selanjutnya whatapp, facebook, Instagram dan Line. (lihat gambar bawah)

Melihat youtube yang sangat populer di Idonesia merupakan peluang bagi para kreator video yang lebih kita kenal dengan istilah Youtubers ataupu vlogger.

5 Cara Sukses Jadi Youtuber

Jadi youtuber saat ini menjadi profesi baru yang sangat menggiurkan, cukup bermodal HP saja sudah mampu meraih jutaan rupiah setiap bulanya.

Apa Itu YPP Youtube?
Apa Itu YPP Youtube?

1. Buat Akun Youtube Sesuai dengan anda

Membuat channel yang sesuai dengan kebiasaan dan hoby kamu akan mempermudah kamu untuk membuat konten. Upload minimal 1 video per hari untuk yang baru memulai jadi youtuber.

Membuat Channel YouTube sangat gampang karena semua handphone android terhubung dengan akun google atau gmail. Usahakan akun yang digunakan terhubung dengan handphone.

Karena ada aplikasi YouTube yang akan membantu kamu untuk memanage channel dengan mudah YouTube creator.

2. Membuat Konten yang Positif

Buatlah konten yang bagus dan menarik, sebetulnya konten bagus relatif sih tapi tidak ada salahnya kamu membuat video yang menarik orang untuk melihat video dan subscribe channel kamu.

Jangan membuat konten yang kurang sopan hanya untuk mencari Viralitas View dan Subscriber, Ingat penonton youtube dari usia dini sampai tuwir.

Carilah tema video yang banyak dicari orang berikut beberapa tema video yang berhasil mendatangkan view dan subscriber. 9 Niche Youtube ini Berpotensi Viral Pada Video Kamu Video Lucu bisa juga jadi alternatif untuk video yang kamu buat.

3. Maksimalkan Jumlah View dan Subscribers

Setelah kamu sudah memiliki chanel youtube dan video yang kamu sudah buat selanjutnya kamu upload satu-satu videonya ke youtube channel.

5 hal penting yang harus kamu ketahui ketika upload video di youtube

  1. Judul video, buat judul yang memicu orang untuk menonton video kamu
  2. Diskripsi video, buatlah diskripsi pendek menceritakan video kamu
  3. Tag, carilah tag yang banyak digunakan dan tentunya harus sesuai dengan judul dan video yang kamu buat.
  4. Kategori, kategori video ini juga penting untuk video yang kamu upload misalnya video games, pendidikan apa berita jenis video kamu.
  5. Playlist, playlist biasanya digunakan untuk mengumpulkan beberapa video dengan tema yang sama.

Kenapa itu penting?

Supaya video kamu dikenali oleh youtube dan memudahkan orang untuk melihat video secara related atau sesuai dengan video yang pernah dilihat sebelumnya.

Share video-video yang berada di channel ke social media yang kamu punya untuk meningkatkan jumlah view dan jangan lupa ajak penonto video untuk men subscribe dan berlangganan channel kamu dengan klik tanda lonceng.

Selain 5 hal diatas kamu juga harus tahu waktu yang tepat untuk upload video kapan orang-orang banyak menonton video.

4. Daftarkan Ke Google adsense

Setelah anda mempunyai 1000 subcriber dan 4000 jam tayang youtube channel kamu bisa didaftarkan ke google adsense.

Masa tunggu aprove adsense youtube kurang lebih 1 bulan atau bahkan bisa lebih tergantung Google, yang terpenting upload terus saja video-video kreatif kamu.

5. Endros dan jualan 

Jangan takut kamu tidak mendapatkan penghasilan!, sambil menunggu akun adsense kamu di approve google kamu bisa mencari endroser atau sponsor untuk video-video kamu.

Video kamu di youtube juga bisa sebagai promosi jualan loh, jadi kamu bisa juga berjualan dengan memanfaatkan youtube. Banyak channel-channel besar yang selain mendapatkan uang dari  youtube mereka juga mendapat uang dari hasil berjualan, mungkin artikel selanjutnya saya akan bahas bagaimana cara jualan dengan youtube.

Kesimpulan:

Untuk sukses dalam peryoutubepan diperluhkan kerja keras, buat konten video yang bagus upload rutin harian ataupun mingguan jangan kamu biarkan subscriber kamu menungu-nungu karya kamu.

 

Cara Optimasi dan Jadwal Posting Youtube Shorts Indonesia

Cara Optimasi dan Jadwal Posting Youtube Shorts Indonesia
Cara Optimasi dan Jadwal Posting Youtube Shorts Indonesia

Cara Optimasi Youtube Shorts – YouTube resmi meluncurkan fitur video pendek berjudul Shorts, untuk pengguna Indonesia pada Jumat (23/7/2021). Fitur baru ini sebelumnya dirilis di India dan Amerika Serikat.

Shorts sendiri merupakan fitur video pendek dari kompetitor TikTok dan Reels dari Instagram, mengingat ketiganya memiliki tampilan dan kemampuan yang mirip.

Cara Optimasi Youtube Shorts

Menurut Veronica Utami, Direktur Pemasaran YouTube & NBU untuk Indonesia, Filipina, dan Asia Tenggara di Google, fitur ini sengaja dihadirkan untuk membantu semua kreator kreatif membuat video pendek langsung dari smartphone.

“Kami sangat senang akhirnya YouTube Shorts hadir di Indonesia. Dengan adanya fitur ini akan memudahkan semua kreator untuk membuat, mengedit, mengupload, dan membagikan video dengan mudah dari ponsel mereka,” kata Veronica saat peluncuran YouTube Celana pendek online, Jumat siang.

Fitur Shorts memungkinkan pengguna YouTube untuk mengunggah video pendek berdurasi 15-60 detik, lengkap dengan musik latar, filter, teks, dan teks.

Pengguna dapat langsung menemukan menu “Youtube Shorts” di bagian bawah layar saat membuka aplikasi. Itu tepat di tengah, antara menu “Home” dan ikon plus (+) untuk unggahan video.

Saat menu Shorts diklik, pengguna akan disuguhkan berbagai video Shorts yang telah diunggah oleh pengguna lain dari seluruh dunia. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah Shorts memiliki tampilan beranda yang mirip dengan Reels dan TikTok.

Baca juga: Cara Meningkatkan Subscriber Youtube

Misalnya, Shorts menggunakan format video vertikal, di mana pengguna dapat menggulir layar ke atas dan ke bawah untuk menonton lebih banyak video Shorts.

Pengguna juga dapat menyukai, tidak menyukai, mengomentari, atau membagikan video Shorts ke platform lain. Di bagian bawah tampilan Shorts, pengguna disajikan dengan tombol berlangganan dan juga dapat menyimpan musik latar di video Shorts ke favorit.

Cara mengupload video Shorts di YouTube

Pengguna dapat mengunggah video Shorts langsung dari item menu “Shorts”. Berikut cara menggunakan YouTube Shorts.

  1. Buka aplikasi YouTube
  2. Klik menu “Shorts”
  3. Klik ikon kamera yang terletak di sudut kanan atas layar
  4. Pengguna dapat merekam langsung dari kamera Shorts dengan menekan dan menahan tombol merah. Durasi video pendek adalah 15 detik secara default. Namun bisa dimaksimalkan hingga 1 menit dengan tap nomor durasi menjadi 60.
  5. Atau pengguna juga dapat mengunggah video dari galeri, dengan mengklik ikon galeri atau gambar foto di kiri bawah.
  6. Atur kecepatan video yang diinginkan, setelah Anda mengklik tanda centang di kanan bawah layar
  7. Edit Video pendek dengan menambahkan musik latar, teks, filter
  8. Setelah selesai, klik berikutnya
    Pengguna perlu menambahkan deskripsi video. Pengguna dapat menambahkan tag #Short dalam deskripsi untuk merekomendasikan video.

Fungsinya kurang lebih mirip dengan tag #FYP di TikTok. Video Shorts yang sudah di upload bisa dilihat di channel kalian
Kemudian, klik “unggah”

Dengan begitu video akan terupload dan muncul di channel pengguna. Pengguna juga dapat mengupload video Shorts melalui menu “+”> Buat Shorts. Selanjutnya, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah dalam urutan di atas.

Dapatkan Tutorial Gratis Optimasi Youtube dan Digital Marketing di Mata Digital Indonesia

Apa Itu DA dan PA Website: Domain Authority Apa Pengaruhnya?

domain authority
domain authority

Apa Itu DA dan PA?: Authority di sini yaitu tingkat kualitas serta kemampuan website atau blog kita. Seberapa besar nilai web kita. Dengan Skor dari 1 sampai 100, makin besar nilainya makin bagus. Nilai ini dapat juga kita jadikan  dasar untuk berkompetisi dengan pesaing di halaman satu.

Google membuat klasifikasi dan penilaian tiap halaman yang ada di semua web. Kita pelaku SEO dituntut selalu untuk membuat content yang berkualitas. Bagaimana Langkah Tingkatkan Domain Authority serta Page Authority? Dibawah ini akan kita bahas dengan detail dan lengkap cara mengetahui DA PA dan optimasinya.

Apa Itu PA serta DA pada SEO Website

Dalam SEO (Optimasi Search Engine) pasti kita kenal Page Authority dan Domain Authority pada suatu web. PA serta DA ini adalah satu pemberi tanda yang memberikan pada kita seberkualitas apa sich web atau website pribadi kita atau rekan-rekan kita di mesin pencari.

Tahukah Kita bila banyak pakar SEO tidak tahu dan belum memahami tentang ke dua ini. Ini tentu saja begitu disayangkan, sebab kita dapat memperbandingkan sebegitu bagusnya website atau web pribadi kita dengan rekan-rekan kita lewat mesin penelusuran, baik itu Google, Yahoo, atau Bing.

PA serta DA sangat penting dalam tehnik SEO, serta banyak sekali pelaku-pelaku SEO mencari PA dan DA yang bagus untuk menanam link agar dapat tingkatkan ranking web mereka di mata mesin perayap.

Mesin penelusuran, terutamanya Google begitu suka pada web denga nilai PA serta DA yang tinggi, perihal ini pula yang jadikan beberapa website berlomba untuk dapat tampil di halaman 1 penelusuran Google agar tetap ada di tempat 1 itu.

Untuk lihat berapakah nilai DA serta PA satu web, kita dapat pakai tools gratis moz.com. atau smallseotool

Apakah itu Page Authority atau PA?

Page authority ialah deskripsi ranking pada web atau website Kita yang disaksikan atau diketemukan di mesin penelusuran. Range angka pada page authority umumnya dari 0 s/d 100, makin tinggi nilai PA website atau web itu, karena itu peluang agar bisa tampil di mesin pencari sangat tinggi. Bukan sekedar itu saja, beberapa angka ini terkait dengan kaitan content pada web atau website dan linknya pada halaman yang satu dengan lainnya.

Satu diantara web dengan nilai PA yang paling tinggi yang sudah kami analisa awalnya ialah Wikipedia.com. Nilai PA web ini sampai 95 serta tentu saja ini akan membuat hasil penelusuran wikipedia tetap tampil di tempat 1 mesin pencari.

Cara menaikan PA

Cara dan langkah-langkah untuk menaikan PA pada web atau website Kita. Berikut beberapa cara yang dapat Kita aplikasikan:

Update content atau artikel-artikel di situs atau website Kita dengan periodik. Ingat, content atau artikel itu harus asli serta tidak bisa copy-paste yang sama persis dari sumber.

Tetap up-date artikel Kita dengan beberapa informasi paling baru yang menarik, berkaitan, berguna, serta disenangi oleh beberapa pembaca.

Berikan back-link yang berkualitas serta relevan dengan konten kita, hindari spamming. Dapatkan back-link yang relevan supaya nilai PA pada web Kita cepat naik.

Berikan gambar atau video pada situs atau website Kita. Janganlah isikan web atau website Kita cukup dengan teks saja.

Pemahaman Domain Authority atau DA

Domain authority atau DA pada suatu web merujuk pada kemampuan domain yang dipunyai oleh web atau website Kita. Kemampuan DA satu situs atau website berdasar pada oleh unsur umur, populatiras, serta ukuran dari domain Kita.

Misalnya domain WordPress.com yang dipakai oleh web buyasorta.com mempunyai nilai DA sebesar 96 poin. Rasio ukur DA sama juga dengan PA, yakni dari 1 s/d 100, makin besar DA situs atau website maka semakin bagus tempat atau rangking Kita dalam SERP.

Langkah Tingkatkan DA

Seperti yang sudah dijelaskan, ada 3 unsur yang memengaruhi DA pada situs atau website Kita. Unsur itu ialah umur, popularitas, serta ukuran. Tersebut penuturannya:

Umur Domain

Umur domain jadi penentu sebegitu besar atau tingginya domain pada situs atau website Kita. Bila Kita memakai domain pribadi, karena itu Kita harus bersabar untuk dapat menaikan DA-nya, tetapi bila Kita memakai domain yang telah ada, seperti Blogspot.com atau WordPress.com, karena itu nilai dari DA-nya tidak bisa dinaikkan .

Popularitas Domain

Untuk ini (popularitas domain) dapat Kita tahu dari sebegitu banyak jumlahnya inbound link yang masuk ke situs atau website Kita, dimana link-link yang masuk itu adalah link yang berkualitas serta tidak spam.

Yang ditujukan dengan ukuran domain ialah sebegitu banyak jumlahnya content atau artikel yang dipunyai oleh situs atau website. Jumlahnya yang ditujukan bukan value, namun info berguna yang diberi oleh situs atau website Kita pada beberapa pembaca. Jadi bikinlah artikel yang berguna serta bermanfaat untuk beberapa pembaca atau pengunjung situs atau website pribadi Kita agar dikenali oleh mesin pencari.

Nah kita saat ini sudah mengetahui faedah PA dan DA dalam SEO. Tetapi bagaimanakah cara untuk tahu nilai PA dan DA satu situs atau website? Dengan pertolongan tools tentu saja. Saat ini banyak tools yang bisa menolong Kita tahu nilai PA serta DA satu web. Satu diantara tools atau extension browser untuk tahu nilai DA dan PA web atau website rekan-rekan dengan pertolongan MozBar.

Kurang lebih seperti itu makna dan langkah tingkatkan nilai PA serta DA pada web Kita. Jadi sekarang ini yuk kita konsentrasi untuk tingkatkan nilai PA dan DA web atau website kita.

*artikel ini saya tulis ulang dari berbagai sumber diantaranya klik seo

Bolehkah Menggunakan Konten Orang Lain ‘Reupload’ Di Youtube?

Bolehkan Reupload Video Youtube?
Bolehkan Reupload Video Youtube?

Bolehkan Reupload Video Youtube? – Konten yang diperbolehkan dan tidak boleh digunakan ulang pada channel kita. Pada Channel yang menggunakan konten orang lain tanpa membuat perubahan yang menambah nilai signifikan tidak diperbolehkan.

Ngene Lur cerita asline channel ku didismon gegara gak pernah upload lama. Dan mendapati peringatan seperti dibawah ini: tidak hanya itu untuk mengajukan banding saya juga disuruh untuk upload video dengan durasi dibawah 5 menit. Batas pengajuan banding 14 hari setelah diperingatkan didasboard channel Youtube Q lur.

Bolehkan Reupload Video Youtube?

Desain logo youtube keren
Desain logo youtube keren credit freepnglogos.com

Menurut saya sebenarnya yang namanya reupload itu perbuatan ilegal :D, kecuali atas ijin pemilik konten aseli. Tapi ternyata tidak, beda dengan aturan yang youtube terapkan meski sudah mendapat ijin dari pemilik aseli ternyata bisa jadi videonya tidak bisa dimonet.

Berikut saya copas langsung dari peringatan di channel saya, agar kita lebih berhati-hati dalam membuat konten. Meskipun kita tidak mengambil sepenuhnya video orang lain agar tetap mematuhi aturan YPP.

Video Reupload yang Boleh Dimonetisasi

Contoh hal boleh dimonetisasi

  1. Revisi yang ditambahi bumbu humor dan analisis pada konten yang bukan karya asli Anda
  2. Klip dari konten orang lain sebagai bagian dari ulasan kritis
  3. Adegan suatu film yang dialog atau voiceover-nya telah Anda ubah
  4. Pemutaran ulang turnamen olahraga yang berisi penjelasan Anda seputar tindakan kompetitor demi meraih kemenangan atau yang mengakibatkan kekalahan
  5. Video reaksi berisi komentar Anda terhadap video aslinya
  6. Rekaman karya kreator lain yang sudah Anda edit dengan menambahkan jalan cerita atau komentar

Video Yang Tidak boleh dimonetisasi

Contoh hal yang tidak boleh dimonetisasi

  1. Video singkat yang Anda kompilasi dari situs media sosial lain
  2. Koleksi lagu dari beragam artis (meskipun Anda telah mendapatkan izin dari mereka)
  3. Klip yang menampilkan berbagai momen dari acara favorit Anda yang diedit menjadi satu dengan sedikit atau tanpa narasi
  4. Konten yang diupload berkali-kali oleh kreator lain
  5. Promosi konten orang lain (meskipun Anda telah mendapatkan izin mereka)

Cara Banding Channel Yang Kena Dismonetisasi

5+ Taktik Growth Hacking untuk Membangun Startup

Growth Hacking
Growth Hacking

Taktik Growth Hacking – Paul Graham pernah berkomentar, “Startup adalah perusahaan yang dirancang untuk tumbuh cepat.” Startup = Pertumbuhan. 

Menurutnya, laju pertumbuhan startup dapat dihitung dari peningkatan pendapatan dan potensi ekspansi dari waktu tertentu. Sekarang, untuk mencapai tingkat pertumbuhan yang diinginkan, pengusaha perlu memasarkan produk mereka secara efektif dan efisien. Lebih khusus, pengusaha perlu mendapatkan pelanggan dalam jumlah besar dan dalam waktu sesingkat mungkin.

Jika tujuannya adalah untuk menjangkau khalayak yang besar sambil meningkatkan kesadaran merek, metode promosi biasa-biasa saja tidak akan cukup. Dibutuhkan kerja cepat dan adaptasi terhadap gagasan Growth Hacking modern.

Pada artikel ini, Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang pemahaman Growth Hacking dan metodenya.

Apa itu Growth Hacking?

Growth Hacking adalah teknik pemasaran eksperimental. Growth Hacking digunakan untuk menentukan cara paling produktif untuk mengembangkan bisnis.

Syarat “Growth Hacking“Diambil dari campuran berbagai teknik data, analitik, dan teknik pemasaran. Seorang hacker pertumbuhan menggunakan semua teknik ini secara optimal. Dengan begitu, mereka dapat menemukan cara yang paling inovatif, paling efektif, dan tercepat untuk mencapai kesuksesan startup.

Beberapa teknik yang diadopsi oleh peretas pertumbuhan adalah rekayasa balik, pengujian A / B, SEO, pemasaran email, pemasaran viral, dan pemasaran konten. Dalam prosesnya ada beberapa teknik yang dilakukan secara mandiri. Namun, teknik ini juga bisa digunakan secara bersamaan. Semua tergantung pada jenis dan visi startup itu sendiri.

Anda sekarang tahu arti Growth Hacking dan prinsip kerjanya secara umum. Sekarang giliran Anda untuk menggali lebih dalam strategi ekspansi yang membantu startup Anda tumbuh dengan cepat.

Taktik Growth Hacking untuk Membangun Startup

Dari sekian banyak strategi pemasaran, gunakan delapan strategi ini di awal-awal rintisan startup.

1. Kembangkan pemasaran afiliasi – Growth Hacking

Afiliasi atau rujukan membantu mengonversi lead lebih cepat. Karena, rekomendasi dari teman, keluarga, atau kolega jauh lebih bisa dipercaya. Jauh lebih dapat diandalkan daripada iklan yang berseliweran di media massa atau media sosial.

Konsumen yang terjaring melalui referensi juga memiliki potensi besar untuk menjadi pelanggan setia. Poin plus lainnya, afiliasi atau rujukan adalah salah satu strategi termurah (hemat biaya) tersedia untuk startup.

2. Bangun komunitas – Growth Hacking

Jaringan adalah suatu keharusan bagi setiap startup.

Berdasarkan Ivan Misner ━ pelopor dan ketua Organisasi Jaringan Bisnis (BNI) ━ pernah berkata, “Jaringan lebih seperti berkebun daripada berburu. Jaringan adalah tentang membangun hubungan jangka panjang.”

Menghadiri acara komunitas tidak hanya membuat Anda belajar dari orang-orang terbaik. Juga dari acara tersebut, Anda dapat terhubung dengan orang-orang yang berpengalaman di bidangnya. Cobalah belajar dari cerita dan pengalaman mereka. Kemudian, terapkan itu semua untuk startup Anda.

Terlepas dari itu, ada poin yang lebih baik. Acara komunitas juga dapat menjadi kesempatan Anda untuk mempromosikan startup ke audiens yang lebih luas. Pada saat yang sama Anda dapat berkenalan dan menjalin hubungan dengan orang-orang dalam satu industri.

3. Buat situs web yang unggul

Situs atau website adalah rumah digital bisnis Anda. Jadi pastikan Anda punya waktu untuk membuatnya terlihat sempurna. Mulai dari tata letak, warna, hingga navigasi harus berjalan dengan lancar. Ini semua akan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung.

Membuat situs web yang keren itu penting, tetapi memiliki nama domain yang tepat sama pentingnya. Hanya membayangkan. Bagaimana pengguna dapat mengunjungi “rumah bagus” Anda, jika mereka tidak memahami alamatnya?

Kunci untuk nama domain yang bagus terletak pada ekstensi. Ada lebih dari 1200 ekstensi domain yang tersedia. Misalnya, .STORE, .TECH, .ONLINE, .SPACE, .SITE dan lainnya. Pilih ekstensi yang dapat menggambarkan bisnis Anda dengan benar.

4. Bangun komunitas di media sosial

Media sosial seperti itu ledakan saat ini. Ada banyak merek dan startup yang mencoba meningkatkan popularitas mereka di media sosial. Ini dilakukan untuk mempromosikan, menjual, berinteraksi, dan mendapatkan umpan balik dari konsumen.

Namun, tidak ada jalan pintas di media sosial. Untuk berhasil di platform yang satu ini, Anda perlu komitmen dan dedikasi. Apakah itu masalah membuat konten yang tepat, atau juga masalah mendapatkan audiens yang memenuhi harapan.

Taktik hack pertumbuhan dapat digunakan untuk masalah ini. Coba buat grup atau halaman di media sosial. Metode ini telah terbukti berhasil dalam menarik pasar sasaran. Namun, jangan lupa untuk menampilkan informasi yang sesuai dan konten berkualitas.

Satu hal lagi yang perlu diingat. Berinteraksi dengan audiens. Bantu mereka untuk mengenal dan memercayai merek.

5. Gunakan HARO untuk mendapatkan penyebutan media

Mungkin tidak banyak orang yang tahu. Bantu Seorang Reporter Out (HARO) adalah formula jempolan dalam taktik hack pertumbuhan. Sebagai platform, HARO dapat digunakan untuk menunjukkan keahlian Anda di berbagai bidang.

HARO juga membantu wartawan mendapatkan jawaban dari pengusaha yang terkait dengan industri dan keahlian mereka. HARO juga dapat digunakan untuk mempromosikan startup dengan lancar. Untuk itu, Anda hanya perlu menjawab pertanyaan dengan cara yang informatif dan jelas. Plus, jawab pertanyaan yang benar-benar Anda pahami.

HARO mungkin tidak dimasukkan sebagai strategi pemasaran tradisional. Namun, ini justru salah satu peretas pertumbuhan terkemuka. Melalui HARO, Anda dapat menunjukkan merek Anda kepada audiens target tertentu.

6. Kirim tanda terima kepada pelanggan

Semua orang suka barang gratis!

Ada banyak manfaat strategi gratis dari yang diharapkan. Mengirim barang-barang bermerek, produk gratis, atau hadiah pribadi dapat menambah nilai di mata pelanggan. Hal semacam itu mereka merasa dihargai dan dihargai. Apalagi jika mereka digolongkan sebagai pelanggan setia.

Selain itu, pelanggan yang puas biasanya tidak menyimpan cerita mereka sendiri. Mereka tidak akan keberatan merekomendasikan produk ke lingkaran terdekat mereka (calon konsumen).

Selain itu, hadiah yang Anda kirim meninggalkan dampak psikologis positif pada pikiran pelanggan. Lain kali, ketika mereka ingin membeli suatu produk, merek Anda adalah yang pertama dalam pikiran.

7. Kerjasama dengan influencer

Kolaborasi dengan influencer adalah taktik Growth Hacking yang paling sempurna. Influencer tidak hanya membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Trik yang sama juga digunakan untuk menanamkan kepercayaan pada calon pelanggan terhadap merek.

Startup yang tidak mampu membayar anggaran pemasaran yang besar dapat menggunakan strategi ini. Undang influencer yang memiliki basis massa sesuai dengan target pelanggan.

8. Manfaatkan tren terbaru

Coba cari tahu tentang tren terbaru, berita industri, atau fenomena populer lainnya. Gunakan tren ini untuk membuat kampanye yang relevan.

Tetap diperbarui dengan tren terbaru. Itu akan membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas, membuat startups mudah diingat, dan membantu Anda meningkatkan penjualan.

Growth Hacking bukanlah solusi untuk semua masalah. Jadi, itu juga tidak bisa disebut keajaiban. Namun, Growth Hacking adalah masalah menerapkan semua strategi bisnis yang dikenal untuk hasil terbaik.

Baca juga: 7 Cara Membangun Konten Marketing Bisnis

Tidak ada formula pasti untuk melakukan strategi ini. Terus mencoba. Itulah satu-satunya hal yang dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
Pada akhirnya, pada akhirnya, “Satu-satunya cara untuk gagal adalah tidak berani mengambil risiko.” Begitu kata Mark Zuckerberg.

Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas Dengan Mudah

Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas
Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas – Dalam membangun sebuah website di butuhkan yang namanya tekhnik SEO agar website yang kita buat tersebut bisa tampil di mesin pencari Google. Ada banyak sekali teknik SEO yang bisa di terapkan dalam pengembangan suatu website, namun yang paling umum serta sering di gunakan adalah tekhnik membangun backlink.

Membangun backlink sendiri sengaja di lakukan oleh pemilik website untuk mengoptimasi website mereka supaya bisa tampil pada hasil pencarian di mesin pencari Google. Bagi kamu yang baru memulai tentu aka sedikit kesulitan dalam mencari backlink yang berkualitas. Nah, untuk itulah pada artikel kali ini kita akan membahas sedikit tips mendapatkan backlink yang berkualitas dengan mudah.

Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas

Setiap pemilik website pasti ingin website yang di kelolanya punya banyak pengunjung setiap harinya. Backlink yag berkualitas sangat berguna untuk menaikkan traffic karena dapat meningkatkan otoritas dan kredibilitas website kita di mata mesin pencari Google. Oleh sebab itu tak heran jika banyak pemilik website yang gemar berbutu backlink berkualitas. Di bawah ini sudah ada sedikit tips mendapatkan backlink yang berkualitas dengan mudah.

1. Untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas Buatlah Artikel yang Berkualitas

Tips yang pertama adalah membuat artikel yang memiliki kualitas bagus. Biasanya website besar atau yang sudah populer hanya akan memberikan backlink ke website yang kredibel. Maka dari itulah buatlah artikel yang berkualitas agar bisa mendapatkan backlink gratis dari website besar.

Untuk mendapatkan backlink dari website yang sudah besar memang sedikit sulit namun itu sepadan dengan dampak yang akan kita rasakan jika berhasil mendapatkan dari website-website tersebut. Artikel yang berkualitas adalah artikel yang telah melalui sejumlah riset sehingga bisa menghasilkan tulisan yang mampu memberikan informasi yang bermanfaat.

2. Mencari Guestpost

Tips berikutnya yang juga bisa kamu coba adalah dengan mencari blog yang menerima guestpost baik gratis maupun berbayar. Guestpost adalah di mana kita membuat sebuah artikel yang akan di posting ke blog milik orang lain. Nantinya di dalam artikel tersebut kita bisa menanamkan link yang mengarah ke website milik kita.

Dalam mencari blog untuk guestpost kamu harus bisa mendapatkan blog dengan kualitas yang bagus seperti memiliki authority yang tinggi serta artikel yang berkualias agar efeknya bisa lebih maksimal untuk website kamu. Selain itu pastika juga kalau blog yang kamu pilih tersebut benar-benar terindeks di mesin pencari karena jika tidak backlink yang di tanam akan sia-sai saja.

3. Backlink dari Situs Forum

Tips yang ketiga adalah mendapatkan backlink dari situs forum. Situs forum adalah sebuah situs yang memungkinkan setiap anggotanya untuk membuat thread atau postingan untuk di bagikan. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk menanamkan link yang mengarah ke website kamu di dalam postingan tersebut.

Meskipun backlink yang akan kamu dapatkan nantinya adalah backlink nofollow namun itu masih cukup efektif untuk mendongkrak website kamu di mesin pencari Google. Ada banyak situs forum yang bisa kamu gunakan untuk menanamkan backlink misalnya saja seperti Medium, KasKus, Reddit dan masih banyak lagi lainnya.

4. Membeli dari Jasa Backlink

Cara mendapatkan backlink berkualitas berikutnya adalah dengan membeli dari jasa backlink. Jika kamu memiliki cukup dana dan ingin mendapatkan backlink yang berkualitas maka ada baiknya kamu membeli dari layanan jasa backlink. Karena saat ini sudah sangat mudah menemukan jasa backlink dengan kualitas yang bagus.

Apalagi kini juga telah banyak bermunculan jasa backlink murah yang bisa jadi pilihan terbaik jika kamu butuh backlink yang berkualitas. Namun kamu harus memilih layanan jasa backlink yang memang sudah terpercaya dan terbukti kalau layanan yang mereka tawarka memiliki kualitas yang bagus.

5. Membuat PBN Sendiri

Tips terakhir yang bisa kamu coba juga adalah degan membuat PBN sendiri. PBN atau Private Blog Network adalah blog milik pribadi yang biasanya sering di gunakan para pakar SEO untuk membangun backlink mereka. Cara yang satu ini sangat tidak di rekomendasikan untuk kamu yang belum memahami apa itu PBN dan bagaimana cara pengelolaannya.

Karena untuk membuat satu PBN saja di butuhkan dana yang lumaya besar. Belum lagi untuk biaya perawatan seperti perpanjag domain dan hosting serta harus selalu memiliki artikel baru. Karena untuk membuat PBN yang bagus di butuhkan kerja keras serta pemahaman yang cukup mengenai SEO dan PBN itu sendiri. Jadi cara ini sangat tidak di rekomendasikan untuk kamu yang masih pemula.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips mendapatka backlink yang berkualitas dengan mudah. Dengan menerapkan tips di atas secara konsisten maka performa website kamu akan semakin bagus. Semakin banyak backlink yang kamu dapatkan maka akan semakin bagus untuk perkembangan website kamu.

Editor: buya sorta | sumber: penulis tamu (guest post)

 

Load Balance Mikrotik 2 Provider Internet Menggunakan Metode PCC

Load Balance Mikrotik 2 Provider Internet
Load Balance Mikrotik 2 Provider Internet

Load Balance Mikrotik 2 Provider – Load balance pada mikrotik adalah suatu teknik untuk mendistribusikan beban trafik pada dua atau lebih jalur koneksi secara merata, sehingga trafik dapat berjalan dengan optimal, memaksimalkan throughput, meminimalkan response time dan menghindari overload pada salah satu jalur koneksi.

Selama ini banyak dari kita yang salah, bahwa dengan menggunakan loadbalance dari dua jalur koneksi, maka besaran bandwidth yang akan kita peroleh menjadi dua kali lipat bandwidth sebelum menggunakan loadbalance (akumulasi dari kedua bandwidth tersebut).

Hal ini perlu kita klarifikasi terlebih dahulu, bahwa loadbalance tidak akan menambah jumlah bandwidth yang kita dapatkan, tetapi hanya berfungsi untuk membagi trafik dari kedua bandwidth tersebut agar dapat digunakan secara seimbang.

Load Balance Mikrotik 2 Provider Internet

Dengan artikel ini, kami akan membuktikan bahwa dalam penggunaan loadbalancing tidak seperti rumus matematika 512 + 256 = 768, tetapi 512 + 256 = 512 + 256, atau 512 + 256 = 256 + 256 + 256.

Pada artikel ini kami menggunakan RB433UAH dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Ether1 dan Ether2 terhubung pada ISP yang berbeda dengan ukuran bandwidth yang berbeda. ISP1 adalah 512kbps dan ISP2 adalah 256kbps.
2. Kami akan menggunakan proxy web internal dan menggunakan openDNS.
3. Mikrotik RouterOS Anda menggunakan versi 4.5 karena fitur PCC mulai dikenal di versi 3.24.

Jika kondisi di atas berbeda dengan kondisi jaringan di tempat Anda, maka konfigurasi yang akan kami uraikan di sini harus Anda sesuaikan dengan konfigurasi untuk jaringan di tempat Anda.

Konfigurasi Dasar Load Balance Mikrotik 2 Provider Internet

Berikut ini adalah Topologi Jaringan dan IP address yang akan kita gunakan

/ip address
add address=192.168.101.2/30 interface=ether1
add address=192.168.102.2/30 interface=ether2
add address=10.10.10.1/24 interface=wlan2
/ip dns
set allow-remote-requests=yes primary-dns=208.67.222.222 secondary-dns=208.67.220.220

Untuk koneksi client, kita menggunakan koneksi wireless pada wlan2 dengan range IP client 10.10.10.2 s/d 10.10.10.254 netmask 255.255.255.0, dimana IP 10.10.10.1 yang dipasangkan pada wlan2 berfungsi sebagai gateway dan dns server dari client. Jika anda menggunakan DNS dari salah satu isp anda, maka akan ada tambahan mangle yang akan kami berikan tanda tebal

Setelah pengkonfigurasian IP dan DNS sudah benar, kita harus memasangkan default route ke masing-masing IP gateway ISP kita agar router meneruskan semua trafik yang tidak terhubung padanya ke gateway tersebut. Disini kita menggunakan fitur check-gateway berguna jika salah satu gateway kita putus, maka koneksi akan dibelokkan ke gateway lainnya.

/ip route
add dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.101.1 distance=1 check-gateway=ping
add dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.102.1 distance=2 check-gateway=ping

Untuk pengaturan Access Point sehingga PC client dapat terhubung dengan wireless kita, kita menggunakan perintah

/interface wireless
set wlan2 mode=ap-bridge band=2.4ghz-b/g ssid=Mikrotik disabled=no

Agar pc client dapat melakukan koneksi ke internet, kita juga harus merubah IP privat client ke IP publik yang ada di interface publik kita yaitu ether1 dan ether2.

/ip firewall nat
add action=masquerade chain=srcnat out-interface=ether1
add action=masquerade chain=srcnat out-interface=ether2

Sampai langkah ini, router dan pc client sudah dapat melakukan koneksi internet. Lakukan ping baik dari router ataupun pc client ke internet. Jika belum berhasil, cek sekali lagi konfigurasi anda.

Webproxy Internal

Routerboard tertentu, seperti RB450G, RB433AH, RB433UAH, RB800, dan RB1100 memiliki slot ekspansi (USB, MicroSD, CompactFlash) untuk penyimpanan tambahan. Pada contoh berikut, kita akan menggunakan flash drive usb yang dicolokkan ke slot USB.

Untuk instalasi pertama, penyimpanan tambahan ini akan dibaca sebagai status tidak valid di /system store. Untuk dapat digunakan sebagai media penyimpanan cache, penyimpanan harus diformat.

Dan diaktifkan terlebih dahulu, kemudian kita tinggal mengaktifkan webproxy. Mengatur cache-on-disk = yes untuk menggunakan media penyimpanan kita. Jangan lupa untuk mengarahkan lalu lintas HTTP (tcp port 80) ke webproxy kami.

/store disk format-drive usb1
/store
add disk=usb1 name=cache-usb type=web-proxy
activate cache-usb

/ip proxy
set cache-on-disk=yes enabled=yes max-cache-size=200000KiB port=8080

/ip firewall nat
add chain=dstnat protocol=tcp dst-port=80 in-interface=wlan2 action=redirect to-ports=8080

Pengaturan Mangle

Pada loadbalancing kali ini kita akan menggunakan fitur yang disebut PCC (Per Connection Classifier). Dengan PCC kita bisa mengelompokan trafik koneksi yang melalui atau keluar masuk router menjadi beberapa kelompok.

Pengelompokan ini bisa dibedakan berdasarkan src-address, dst-address, src-port dan atau dst-port. Router akan mengingat-ingat jalur gateway yang dilewati diawal trafik koneksi, sehingga pada paket-paket selanjutnya yang masih berkaitan dengan koneksi awalnya akan dilewatkan pada jalur gateway yang sama juga.

Kelebihan dari PCC ini yang menjawab banyaknya keluhan sering putusnya koneksi pada teknik loadbalancing lainnya sebelum adanya PCC karena perpindahan gateway. Sebelum membuat mangle loadbalance. Untuk mencegah terjadinya loop routing pada trafik, maka semua trafik client yang menuju network yang terhubung langsung dengan router, harus kita bypass dari loadbalancing. Kita bisa membuat daftar IP yang masih dalam satu network router dan memasang mangle pertama kali sebagai berikut

/ip firewall address-list
add address=192.168.101.0/30 list=lokal
add address=192.168.102.0/30 list=lokal
add address=10.10.10.0/24 list=lokal

/ip firewall mangle
add action=accept chain=prerouting dst-address-list=lokal in-interface=wlan2 comment=�trafik lokal�
add action=accept chain=output dst-address-list=lokal

Pada kasus tertentu, trafik pertama bisa berasal dari Internet, seperti penggunaan remote winbox atau telnet dari internet dan sebagainya, oleh karena itu kita juga memerlukan mark-connection untuk menandai trafik tersebut agar trafik baliknya juga bisa melewati interface dimana trafik itu masuk

/ip firewall mangle
add action=mark-connection chain=prerouting connection-mark=no-mark in-interface=ether1 new-connection-mark=con-from-isp1 passthrough=yes comment=�trafik dari isp1�
add action=mark-connection chain=prerouting connection-mark=no-mark in-interface=ether2 new-connection-mark=con-from-isp2 passthrough=yes comment=�trafik dari isp2�

Umumnya, sebuah ISP akan membatasi akses DNS servernya dari IP yang hanya dikenalnya, jadi jika anda menggunakan DNS dari salah satu ISP anda. Anda harus menambahkan mangle agar trafik DNS tersebut melalui gateway ISP yang bersangkutan bukan melalui gateway ISP lainnya.

Disini kami berikan mangle DNS ISP1 yang melalui gateway ISP1. Jika anda menggunakan publik DNS independent, seperti opendns, anda tidak memerlukan mangle dibawah ini.

/ip firewall mangle
add action=mark-connection chain=output comment=dns dst-address=202.65.112.21 dst-port=53 new-connection-mark=dns passthrough=yes protocol=tcp comment=�trafik DNS citra.net.id�

add action=mark-connection chain=output dst-address=202.65.112.21 dst-port=53 new-connection-mark=dns passthrough=yes protocol=udp

add action=mark-routing chain=output connection-mark=dns new-routing-mark=route-to-isp1 passthrough=no

Karena kita menggunakan webproxy pada router, maka trafik yang perlu kita loadbalance ada 2 jenis. Yang pertama adalah trafik dari client menuju internet (non HTTP), dan trafik dari webproxy menuju internet. Agar lebih terstruktur dan mudah dalam pembacaannya, kita akan menggunakan custom-chain sebagai berikut :

/ip firewall mangle
add action=jump chain=prerouting comment=�lompat ke client-lb� connection-mark=no-mark in-interface=wlan2 jump-target=client-lb
add action=jump chain=output comment=�lompat ke lb-proxy� connection-mark=no-mark out-interface=!wlan2 jump-target=lb-proxy

Pada mangle diatas, untuk trafik loadbalance client pastikan parameter in-interface adalah interface yang terhubung dengan client, dan untuk trafik loadbalance webproxy, kita menggunakan chain output dengan parameter out-interface yang bukan terhubung ke interface client. Setelah custom chain untuk loadbalancing dibuat, kita bisa membuat mangle di custom chain tersebut sebagai berikut

/ip firewall mangle
add action=mark-connection chain=client-lb dst-address-type=!local new-connection-mark=to-isp1 passthrough=yes per-connection-classifier=both-addresses:3/0 comment=�awal loadbalancing klien�

add action=mark-connection chain=client-lb dst-address-type=!local new-connection-mark=to-isp1 passthrough=yes per-connection-classifier=both-addresses:3/1
add action=mark-connection chain=client-lb dst-address-type=!local new-connection-mark=to-isp2 passthrough=yes per-connection-classifier=both-addresses:3/2
add action=return chain=client-lb comment=�akhir dari loadbalancing�

/ip firewall mangle

add action=mark-connection chain=lb-proxy dst-address-type=!local new-connection-mark=con-from-isp1 passthrough=yes per-connection-classifier=both-addresses:3/0 comment=�awal load balancing proxy�

add action=mark-connection chain=lb-proxy dst-address-type=!local new-connection-mark=con-from-isp1 passthrough=yes per-connection-classifier=both-addresses:3/1
add action=mark-connection chain=lb-proxy dst-address-type=!local new-connection-mark=con-from-isp2 passthrough=yes per-connection-classifier=both-addresses:3/2
add action=return chain=lb-proxy comment=�akhir dari loadbalancing�

Untuk contoh diatas, pada loadbalancing client dan webproxy menggunakan parameter pemisahan trafik pcc yang sama, yaitu both-address, sehingga router akan mengingat-ingat berdasarkan src-address dan dst-address dari sebuah koneksi. Karena trafik ISP kita yang berbeda (512kbps dan 256kbps), kita membagi beban trafiknya menjadi 3 bagian. 2 bagian pertama akan melewati gateway ISP1, dan 1 bagian terakhir akan melewati gateway ISP2. Jika masing-masing trafik dari client dan proxy sudah ditandai, langkah berikutnya kita tinggal membuat mangle mark-route yang akan digunakan dalam proses routing nantinya

/ip firewall mangle
add action=jump chain=prerouting comment=�marking route client� connection-mark=!no-mark in-interface=wlan2 jump-target=route-client
add action=mark-routing chain=route-client connection-mark=to-isp1 new-routing-mark=route-to-isp1 passthrough=no
add action=mark-routing chain=route-client connection-mark=to-isp2 new-routing-mark=route-to-isp2 passthrough=no
add action=mark-routing chain=route-client connection-mark=con-from-isp1 new-routing-mark=route-to-isp1 passthrough=no
add action=mark-routing chain=route-client connection-mark=con-from-isp2 new-routing-mark=route-to-isp2 passthrough=no
add action=return chain=route-client disabled=no

/ip firewall mangle
add action=mark-routing chain=output comment=�marking route proxy� connection-mark=con-from-isp1 new-routing-mark=route-to-isp1 out-interface=!wlan2 passthrough=no
add action=mark-routing chain=output connection-mark=con-from-isp2 new-routing-mark=route-to-isp2 out-interface=!wlan2 passthrough=no

Pengaturan Routing

Pengaturan mangle diatas tidak akan berguna jika anda belum membuat routing berdasar mark-route yang sudah kita buat. Disini kita juga akan membuat routing backup, sehingga apabila sebuah gateway terputus, maka semua koneksi akan melewati gateway yang masing terhubung

/ip route
add check-gateway=ping dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.101.1 routing-mark=route-to-isp1 distance=1
add check-gateway=ping dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.102.1 routing-mark=route-to-isp1 distance=2
add check-gateway=ping dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.102.1 routing-mark=route-to-isp2 distance=1
add check-gateway=ping dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.101.1 routing-mark=route-to-isp2 distance=2

Baca juga: Jenis Server dan Fungsinya

Pengujian Load Balance Mikrotik 2 Provider Internet

Dari hasil pengujian, didapatkan sebagai berikut:

Load Balance Mikrotik 2 Provider Internet
Load Balance Mikrotik 2 Provider Internet

Dari gambar terlihat, bahwa hanya dengan melakukan 1 file download (1 koneksi), kita hanya mendapatkan speed 56kBps (448kbps) karena pada saat itu melewati gateway ISP1, sedangkan jika kita mendownload file (membuka koneksi baru) lagi pada web lain, akan mendapatkan 30kBps (240kbps). Dari pengujian ini terlihat dapat disimpulkan bahwa
512kbps + 256kbps ≠ 768kbps

Catatan :

* Loadbalancing menggunakan teknik pcc ini akan berjalan efektif dan mendekati seimbang jika semakin banyak koneksi (dari client) yang terjadi.

* Gunakan ISP yang memiliki bandwith FIX bukan Share untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

* Load Balance menggunakan PCC ini bukan selamanya dan sepenuhnya sebuah solusi yang pasti berhasil baik di semua jenis network, karena proses penyeimbangan dari traffic adalah berdasarkan logika probabilitas. By: Pujo Dewobroto (Mikrotik.co.id)

Load Balance Mikrotik 2 Provider Internet, saya bukan ahli microtik artikel ini hanya untuk mempemudah saya belajar microtik, silahkan kunjungi laman aslinya di https://citraweb.com/artikel_lihat.php?id=34

5 Karakter Milenial Dalam Bekerja

Karakter Milenial Dalam Bekerja
Karakter Milenial Dalam Bekerja

Karakter Milenial Dalam Bekerja, Tahun 2016 jadi waktu yang spesial buat generasi Y atau golongan milenial. Mereka yang lahir pada 1980 sampai 2000. Sekarang jadi kelompok pekerja yang banyaknya paling banyak di penjuru dunia dibanding beberapa orang dari generasi awal mulanya.

Jumlahnya orang yang masuk kelompok generasi milenial (generasi z) sekarang sudah menukar jumlahnya populasi gen X, yang lahir pada tahun 1960 sampai seputar tahun 1980, dalam tempat kerja.

Karakter Milenial Dalam Bekerja

Karakter Milenial Dalam Bekerja
Karakter Milenial Dalam Bekerja

Ketidaksamaan usia serta generasi, tentunya membuat skema fikir serta perilaku golongan millennial begitu berlainan dengan generasi pendahulu mereka. Bukan sebatas persepsi serta inspirasi karir yang berlainan, hard kemampuan serta soft kemampuan generasi Y juga disadari begitu unik serta bermacam.

Satu diantara ketidaksamaan yang sangat mencolok ialah cenderung golongan millennial yang lebih senang meningkatkan usaha sendiri alias berwirausaha dibanding kerja kantoran.

Menjadi generasi yang di besarkan di masa tehnologi serta digital yang mempermudah mereka dalam mendapatkan semua jenis info dan sumber daya yang dibutuhkan, generasi Y juga jadi generasi yang tetap berupaya mencari kesempatan baru yang bisa membawa mereka secepat-cepatnya sampai ke arah hidup mereka.

Lantas, apa sebetulnya karakter generasi milenial dalam kerja?

1. Tidak memprioritaskan upah, tetapi mengutamakan peluang berkembang

Menurut Mohamad Ario Adimas, Division Head Integrated Marketing & Communication Indosat Ooredoo, imbalan yang besar bukan arah penting golongan milenial dalam kerja. Pekerja dari kelompok milenial lebih mengidamkan peluang untuk tumbuh. Mereka bahkan juga ikhlas untuk cemerlang walau kerja di kolam yang kecil.

Generasi meilenial lebih menuntut supaya dikasih ruangan untuk dapat berekspresi dengan pekerjaan dengan bebas. Itu berarti generasi milenial lebih mengutamakan spirit (kesukaan) dibanding nominal upah yang besar.

2. Suka pada kerja di perusahaan yang prestise serta mempunyai sarana komplet

Generasi milenial memang bercita-cita jadi seseorang wirausahawan. Tetapi bila yang diimpikan itu belum terjadi, mereka lebih pilih kerja di perusahaan yang prestise serta berfasilitas komplet, dibandingkan upah tinggi tapi nama perusahaan tidaklah terlalu diketahui.

Sarana makan siang gratis, gym gratis, koneksi internet yang cepat, serta peluang untuk dapat bekerja di luar kota akan disenangi oleh generasi milenial. Sarana serta peluang untuk mendapatkan penempatan ke luar kota berikut yang seringkali dipamerkan oleh generasi milenial di sosial media.

3. Senang jadi kutu loncat

Generasi milenial ialah generasi yang terasa ditantang dengan lingkungan kerja yang menyertakan kreatifitas serta pergantian. Mereka tidak suka pada suatu yang berbentuk statis untuk periode waktu lama serta tetap berupaya mencari langkah untuk tingkatkan produktivitas serta efisiensi. Tidaklah heran bila mereka tetap mencari tempat yang menurut mereka bertambah nyaman, lebih dinamis. Oleh karenanya mereka senang berubah-ubah tempat kerja.

Sikap semacam ini tentu saja punya potensi jadi kekayaan buat perusahaan. Oleh karenanya, undanglah karyawan muda itu untuk masuk dalam team peningkatan usaha serta dorong mereka untuk mengemukakan inspirasi. Bila hal itu telah dikerjakan, janganlah kaget jika dari mereka keluar beberapa ide yang tidak tersangka awal mulanya.

4. Milenial Senang pada pekerjaan yang fleksibel

Kesetimbangan pada hidup serta kerja jadi satu pendorong yang relevan untuk menjaga golongan milenial. Generasi ini telah terlatih dengan tehnologi mutakhir agar bisa kerja kapan juga serta dimana juga lewat koneksi internet.

Menurut riset Griffith Insurance Education Foundation, golongan ini ingin berkorban agar liburan dan mempunyai potensi untuk kerja di luar kantor. Karena itu, tidak ada kelirunya memberi mereka elastisitas dalam kerja.

5. Karakter Milenial Memerlukan figur pemimpin untuk mengarahkan, bukan mendikte

Generasi milenial memiliki cenderung berlaku gawat, banyak menanyakan. Mereka terasa mempunyai kompetensi yang tinggi sebab sudah memperoleh pendidikan yang bagus. Oleh karenanya, mereka membutuhkan figur pemimpin serta pendidik menjadi tutor yang menjunjung tinggi nilai kebenaran, selalu dengarkan serta siap merajut komunikasi terbuka.

Baca juga: Panduan Digital Marketing

Golongan milenial memerlukan tutor yang bisa memberi instruksi bagaimana berani memutuskan dengan arif serta penuh hikmat supaya harapan mereka menjadi pemimpin yang kuat di masa yang akan datang.